Hari ini peluang bisnis bertebaran di mana-mana. Hal ini tak lepas dari trend entrepreneur yang digalakkan pemerintah, dengan mencetak banyak pengusaha baru. Karena itu, tak heran banyak orang yang ingin memiliki usaha, bahkan para karyawan yang menginginkan punya usaha sampingan.

Dan salah satu bisnis yang sampai sekarang masih dianggap menjanjikan adalah bisnis kaos online. Bagaimana tidak, memulai bisnis kaos banyak menjadi pilihan orang-orang yang tak hanya sudah ahli berbisnis, namun juga yang baru kali pertama terjun untuk mengelola bisnisnya sendiri.

Bagi sebagian orang, kaos bukan sekadar pakaian kasual yang sesederhana bentuknya. Ya, kaos telah menjelma menjadi benda yang lekat dengan kepribadian seseorang. Mudahnya, kaos telah menjadi simbol identitas bagi pemakainya. Tak heran, karena potensi yang dimilikinya, kaos berubah menjadi komoditas bisnis yang menjanjikan.

Lantas apakah itu saja alasan orang untuk memulai bisnis kaos? Kanca Jejualan, pada artikel ini, kami akan memberikan Anda alasan mengapa harus terjun ke bisnis kaos. Berikut sedikit tips memulai bisnis kaos. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Alasan Harus Memulai Bisnis Kaos Sekarang Juga

Pada dasawarsa terakhir, bisnis kaos terus menjadi salah satu bisnis dengan pertumbuhan yang pesat. Walaupun semakin banyak orang yang terjun ke bisnis ini, bisnis kaos online tetap memiliki prospek keuntungan yang menggiurkan.

Bahkan, bisnis kaos yang awalnya memiliki target pasar anak muda ini malah mengalami perluasan peminat. Jadi, selama Anda memberikan kaos berkualitas, tidak perlu khawatir untuk kehilangan pelanggan.

Ada beberapa kelebihan bisnis kaos sehingga sangat layak menjadi pilihan bisnis bagi Anda, yang masih pemula sekalipun:

1. Salah Satu Kebutuhan Utama Manusia

memulai bisnis kaos

Kaos telah menjadi kebutuhan wajib untuk setiap orang. Ya, bagaimana tidak, orang akan selalu membutuhkan kaos untuk pakaian sehari-hari mereka. Terlebih lagi kaos tersebut memiliki bahan yang berkualitas, orang pastinya akan melakukan repeat order pada bisnis kaos online yang Anda jalankan.

Dari  sini, bisnis kaos online yang Anda jalankan dapat mendatangkan omzet yang menguntungkan.

2. Bisnis yang Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Bisnis kaos online, bagaimanapun termasuk salah satu bisnis yang sangat fleksibel. Ya, Anda bisa menjalankan bisnis ini dari mana saja dan pada situasi apa saja. Tanpa ruangan yang besar sekalipun, Kanca Jejualan masih bisa menjalankan bisnis yang satu ini.

3. Bisnis yang Terus Berinovasi

Kaos, memang dijual di pasaran dengan kualitas yang bervariasi pula. Pilihkah bahan kaos dengan kualitas yang terbaik, agar konsumen tidak kecewa dengan barang yang mereka beli. Selain itu, jika bisnis kaos online Anda sudah berkembang, tidak ada  salahnya untuk berjualan kaos dengan desain custom dari pelanggan.

Inovasi ini tentu akan sangat menarik. Dan bukan tidak mungkin, orang akan kembali melakukan pemesanan pada Anda.

4.Tidak Memerlukan Banyak Tenga Kerja di Awal

Untuk mengawali bisnis jualan kaos ini, Anda bisa melakukan semua pekerjaan sendirian. Tapi jika bisnis jualan kaos Anda sudah berkembang dan permintaan meningkat tentu tidak ada salahnya untuk menambah sumber daya manusia untuk membantu pekerjaan jualan kaos online yang sedang Anda jalankan.

5. Bisnis Kaos Bisa Dimulai Dengan Modal Kecil

memulai bisnis kaos

Walaupun pada umumnya bisnis kaos atau konveksi membutuhkan peralatan yang memakan modal tidak sedikit, tetapi tidak harus mutlak Anda memulai usaha ini dengan modal kecil. Anda bisa mengawalinya dari skala kecil dengan peralatan sederhana, tentu saja.

Meskipun dengan modal usaha yang kecil, bukan berarti Anda harus membatasi produksi, karena Anda bisa melayani pesanan dengan menyewa alat pada pihak ketiga. Beberapa pengusaha kaos online memiliki modal awal berkisar 2 juta sampai 10 juta rupiah.

Baca Juga : Memulai Bisnis Laundry Dengan Modal Kecil? Bisa, Simak Tipsnya!

6. Bisnis Kaos Memliki Pangsa Pasar yang Luas

Sebagaimana bisnis lainnya, produk kaos memiliki berbagai kualitas yang bervariasi. Anda bisa memilih, menjual kaos dengan bahan yang mahal atau yang lebih murah. Bisa juga dengan konsep desain yang rumit dan memakan waktu, atau hanya desain simpel yang bisa jadi lebih murah dari sisi biaya.

Itulah sebabnya, pasar dari bisnis ini masih sangat luas. Anda bisa masuk ke segala segmen. Mulai dari pasar ekslusif, segmented seperti peminat musik, hingga kalangan menengah dan umum.

7. Kaos Adalah Jenis Pakaian yang Bebas Gender

Pada pasar fashion, umumnya terjadi pemisahan konsep gender. Tetapi hal demikian tidak terjadi pada bisnis kaos. Anda bahkan bisa memproduksi kaos yang bersifat unisex atau berdasarkan gender. Ada pula pengusaha bisnis kaos yang memproduksi pakaian bersifat couple, dengan desain yang mirip tetapi dalam ukuran yang berbeda.

8. Bisa Menjadi Bisnis Sampingan atau Bisnis Utama

Banyak orang memulai bisnis kaos yang masih memiliki pekerjaan lain. Bahkan tak sedikit yang masih berstatus mahasiswa. Konsep usaha yang bersifat tidak mengikat ini membuat pelaku usahanya memiliki kebebasan dalam menjalankan bisnis. Untuk hasil yang lebih maksimal, tentu saja terjun secara penuh waktu menjadi pilihan terbaik.

Mengapa demikian? Karena, jika Anda menjalankannya sebagai bisnis sampingan, maka Anda harus membagi waktu antara pekerjaan utama dengan bisnis kaos yang sedang Anda jalankan. Yang artinya, bisa jadi Anda harus membatasi kapasitas produksi.

9. Konsep Usaha Fleksibel

memulai bisnis kaos

Bisa dibilang, bisnis kaos tidak menuntut para pengusahanya untuk memiliki toko. Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini dan mendapatkan keuntungan bahwan tanpa harus memiliki toko offline. Anda juga tidak diharuskan memiliki peralatan produksi yang lengkap. Karena Anda bisa menjalin kerjasama dengan usaha sablon atau dengan para penjahit.

Juga banyak model bisnis yang bisa Anda pilih. Misalnya mulai dari menjadi agen, reseller, toko online, atau berjualan dari pameran ke pameran. Anda juga menitipkan kaos buatan Anda dengan menitipkan pada toko pakaian atau distro di kota Anda. Model bisnis ini dikenal dengan sebutan konsinyasi.

10. Pilihan Cara Pemasaran yang Banyak

Selain fleksibel dalam model bisnis, bisnis kaos juga memiliki sisi yang fleksibel dalam metode pemasarannya. Anda memiliki banyak pilihan teknik pemasaran yang bisa digunakan. Jenis pemasaran yang digunakan umumnya berbasis pemasaran online, dengan melakukan branding di media sosial.

Kesimpulan

Bisnis kaos banyak menjadi pilihan banyak orang karena potensinya yang masih sangat besar. Alasan diatas tentu saja sudah cukup bagi Anda yang ingin terjun secara serius dan memulai bisnis kaos sendiri.

Mau bisnis kaos Anda berkembang lebih besar lagi? Jangan lupa online-kan bisnis Anda dengan website toko online dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Send Comment