Dalam dunia bisnis, menunjung tinggi etika sangat penting untuk dilakukan saat mengelola bisnis. Dengan memiliki etika bisnis yang baik, secara otomatis bisnis Anda akan lebih mudah berkembang. Ya, meskipun kita tahu, bahwa ada sebuah jargon lawas yang berbunyi, business is business atau bisnis adalah bisnis. Karena jargon inilah mengapa etika bisnis sangat penting untuk dipegang teguh. Bisnis apapun harus memiliki etika, termasuk etika bisnis online sekalipun.

Setiap pebisnis harus memiliki etika dalam bersikap. Tanpa adanya etika, persaingan bisnis yang terjadi akan menjadi sebuah kompetisi yang tidak sehat. Dan akan banyak sekali pihak yang akan dirugikan. Oleh karena itu, dalam berbisnis, sangat penting untuk mempelajari etika-etika yang ada di dalamnya.

Pengertian Etika Bisnis

Sebelum lebih jauh membahas etika dalam mengembangkan bisnis, sangat penting untuk mengetahui apa itu etika bisnis. Etika bisnis adalah aturan tidak tertulis tentang benar dan salah dalam menjalankan sebuah bisnis. Etika mencakup semua kegiatan dalam bisnis itu sendiri. Baik untuk individu, perusahaan, dan masyarakat.

etika bisnis online

Menjalankan etika bisnis sama halnya dengan menyebarkan niai-nilai positif yang dimiliki perusahaan. Pendapat para ahli tentang etika bisnis sendiri cukup berbeda-beda. Yoshepus mengatakan bahwa etika bisnis adalah penerapan prinsip-prinsip moral umum pada wilayah tindak manusia di bidang ekonomi, khususnya bisnis.

Sedangkan Hill dan Jones menjabarkan etika bisnis sebagai ajaran untuk membedakan salah dan benar. Hampir serupa denngan Hill dan Jones, Velasques menyebut etika bisnis berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

Intinya, etika bisnis adalah semua tentang nilai. Etika bisnis yang djalankan dalam sebuah perusahaan dapat memberikan nilai atau value kepada pegawainya. Disebut sebagai nilai, bahwa etika bisnis menjadi pedoman dan standart bagi semua orang di dalamnya untuk melaksanan setiap pekerjaan dengan dilandasi sikap-sikap yang profesional.

Tujuan Etika Bisnis

Dalam berbisnis, tentu Anda harus memiliki rencana yang jelas. Semua yang Anda rencanakan seharusnya telah tercatat dengan baik dalam business plan. Berikut ini adalah beberapa poin yang menjadi tujuan etika bisnis:

  • Tujuan etika bisnis yang pertama adalah memberikan kesadaran. Lebih tepatnya kesadaran akan perilaku dan moral kepada pemilik bisnis agar menjalankan bisnisnya dengan baik.
  • Salah satu tujuan diterapkannya etika bisnis adalah untuk mengatur dan mengarahkan para pelaku bisnis untuk mweujudkan sebuah manajemen bisnis yang baik. Sehinnga orang akan percaya dan memiliki keyakinan bahwa bisnis Anda memiliki etika yang baik.
  • Hal lain yang menjadikan penerapan etika bisnis menjadi penting adalah, Anda, atau lebih tepatnya bisnis Anda akan dijauhkan dari citra yang buruk, licik, dan sifat merugikan lainnya.

Manfaat Etika Bisnis

Diatas, Anda sudah mengetahui tujuan dari etika bisnis. Dan jika Anda telah melakukan etika bisnis dengan baik, aka nada manfaat yang Anda rasakan. Berikut manfaat etika bisnis.

  • Kredibilitas Meningkat

Dengan menerapkan etika bisnsi secara baik, kredibilitas Anda dimata pelanggan dan pesaing akan meningkat. Hal ini tentu bagus untuk mendapatkan kepercayaan lebih dari pelanggan.

  • Memperkuat Brand Image

Brand image alias citra yang baik adalah salah satu modal utama untuk bersaing menggaet pengguna. Dengan citra yang kuat, pelanggan akan menandai merek Anda menjadi terpercaya.

  • Menciptakan Hubungan Baik Antara Konsumen dan Pebisnis

Bagi keberlangsungan sebuah bisnis, hubungan yang baik antara konsumen dan pebisnis menjadi sangat penting. Hubungan yang baik antara pelanggan dan merek bisa meningkatkan konsumen yang loyal. Dimana dengan nilai-nilai yang Anda miliki, pelanggan atau konsumen tidak akan mudah berpindah ke competitor Anda.

Contoh Penerapan Etika Bisnis Dalam Bisnis Online

Sangat banyak contoh penerapan etika bisnis online. Misalnya, dengan masifnya perkembangan virus corona di Indonesia saat ini. Banyak pengelola toko online yang menjual masker dan hand sanitizer. Padahal, katakanlah, sebelumnya mereka tidak pernah menjual kedua barang tadi. Hanya saja meskipun permintaan sedang tinggi, demi kemanusiaan, para pelaku bisnis tersebut memprioritaskan pembelian dari institusi kesehatan tanpa menaikkan harga. Inilah yang disebut dengan etika dalam bisnis.

Berikut ini adalah contoh etika bisnis online yang harus Anda ketahui:

  • Menjunjung Tinggi Kejujuran

Kita semua pasti paham, fondasi dasar bagi seorang pebisnis adalah kejujuran. Termasuk bagi Anda yang bergelut di bisnis  online. Tentu akan sangat memalukan jika Anda sampai ketahuan tidak jujur saat berbisnis. Reputasi yang Anda bangun bertahun-tahun akan hancur dalam waktu singkat. Dan untuk mengembalikan kepercayaan orang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

etika bisnis online

  • Bertingkah Laku Baik

Tingkah laku menjadi aspek penting dalam etika. Karena tingkah laku adalah hal yang paling mudah diingat saat berinteraksi dengan mitra bisnis. Bersikaplah baik pada semua orang yang Anda temui dan lakukan secara konsisten. Misalnya saat Anda berkomunikasi dengan calon pembeli, layanilah Anda sebaik yang Anda bisa, meskpipun calon pembeli tersebut banyak tanya.

  • Menyebutkan Nama

Dalam etika bisnis online, lumrah ditemui seller yang meyebut calon pelanggannya dengan sebutan, katakanlah “gan”. Namun alangkah lebih baiknya di awal pembicaraan atau chatting menyebutkan namanya. Hal ini akan membuat calon pelanggan merasa dihargai oleh Anda. Dengan demikian, calon pelanggan tidak merasa bahwa mereka sekedar konsumen, tetapi Anda adalah sahabat mereka.

  • Menggunakan Bahasa yang Baik

Dalam berbisnis, perlu membedakan mana Bahasa yang harus digunakan dan mana yang tidak. Bahasa yang digunakan saat interaksi bisnis tentu tidak boleh sama dengan Bahasa yang Anda gunakan saat berkomunikasi sehari-sehari dengan teman. Pada etika bisnis online, ini akan membuat pelanggan merasa kurang dihargai.

  • Bersikap Sopan

Untuk mendapatkan kesan yang baik dari calon pelanggan, usahakan untuk selalu bersikap sopan dan santun. Kesan pertama ini akan selalu diingat oleh calon pelanggan Anda. Jika pelanggan mendapatkan kesan yang baik saat berkomunikasi dengan Anda, maka kelanjutan dari pembicaraan tersebut akan semakin baik nantinya.

etika bisnis online

Salah satu bntuk sikap sopan saat transaksi bisnis online antara lain mengucapkan senyum, sapa, dan salam. Dan salah satu etika yang paling sering diabaikan oleh pelaku bisnis online adalah mengucapkan terimakasih saat mengakhiri obrolan. Dengan mengucapkan terimakasih, bisa dikatakan Anda telah memberi apresiasi kepada pelanggan. Sedangkan bagi pelanggan, apresiasi ini membuat mereka merasa dihargai oleh pebisnis.

Kesimpulan

Itulah tadi apa saja yang harus Anda ketahui tentang etika bisnis. Sangat pentin bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis online. Peran etika bisnis online tak hanya untuk menjaga citra bisnis Anda hadapan pelanggan, pesaing, maupun supplier atau rekan bisnis. Tetapi lebih dari itu, jika Anda mampu menjaga etika bisnis dengan baik, nilai Anda akan semakin meningkat di mata orang banyak.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar bisnis online atau cara membuat toko online, jangan ragu untuk menuliskan pertanyaan di kolom komentar. Atau langsung menghubungi customer support kami untuk informasi lebih lengkap tentang layanan Jejualan lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment