Manfaat webinar untuk strategi marketing sangat penting untuk dipelajari khususnya bagi Anda pemilik bisnis online. Dengan kemunculan teknologi yang semakin berkembang maka bisa menjadi solusi paling efektif untuk mengembangkan bisnis terutama yang bergerak dibidang online. Untuk memaksimalkan penjualan online, Anda harus memiliki strategi marketing yang beda dari yang lain. Salah satunya dengan memanfaatkan webinar.

Setelah mengetahui manfaat webinar untuk strategi marketing tentunya akan banyak orang yang memakai cara tersebut. Di dunia pemasaran dan penyebaran informasi , teknologi sudah menjadi solusi efektif untuk mengatasi berbagai masalah. Makanya tak heran jika webinar adalah solusi yang tepat.

Apa Itu Webinar?

webinar (Web seminar) adalah salah satu teknologi online yang memungkinkan pengguna untuk mengadakan seminar, talkshow, diskusi dan kegiatan lainnya yang dilakukan secara online atau menggunakan internet tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Memanfaatkan webinar tentunya sangat efektif. Anda cukup memanfaatkan skype atau video call sehingga orang-orang bisa menonton secara langsung dari internet. Strategi marketing yang memanfaatkan webinar akan membuat audiens merasa dekat dengan tipe komunikasi yang personal dan interaktif. Namun di saat yang sama, Anda harus melalukannya dengan banyak orang sehingga strategi ini bisa mencakup kualitas dan kuantitas.

manfaat webinar

Apa Saja Manfaat Webinar Untuk Strategi Marketing?

Sebagai orang yang ingin menambah penghasilan dari bisnis online, maka Anda harus belajar banyak tentang strategi marketing. Semakin tepat sasaran, maka bisnis juga akan berkembang lebih pesat. Ada beberapa manfaat jika Anda mengikuti webinar, khususnya untuk strategi marketing yang tepat sasaran. Manfaat webinar untuk kebutuhan strategi marketing:

1. Lebih menghemat waktu dan biaya promosi

Promosi online seperti webinar akan sangat lebih efektif dan hemat biaya daripada harus melakukan promosi offline.Melakukan promosi offline tentunya akan sangat boros di waktu dan biayanya karena banyak hal teknis yang harus dipersiapkan. Dan ini juga belum menjamin kalau akan berhasil.

Dengan kemudahan teknologi, maka Anda bisa memanfaatkan webinar sebagai ajang promosi karena lebih hemat. Webinar juga cocok untuk Anda yang ingin melakukan promosi dengan budget yang tidak banyak sehingga cara ini juga lebih efisien.

2.Terlihat lebih unggul dibanding kompetitor

Semakin berkembang teknologi maka akan semakin banyak orang yang menginginkan segala sesuatu yang terlohat lebih efisien. Webinar akan memudahkan orang lain mengenal produk Anda dengan cara-cara yang lebih mudah daripada harus mempromosikan secara offline. Strategi menggunakan webibar juga akan membuat bisnis Anda terlihat lebih unggul di mata kompetitor.

3.Mengumpulkan Leads

Dengan adanya webinar, maka Anda akan lebih mudah dalam mengumpulkan lead. Hal ini karena melalui webinar Anda bisa mengumpulkan nama dan alamat email para calon pelanggan potensial. Dan dengan cara ini akan memudahlan Anda dalam mengirimkan informasi promosi ke email mereka yang nantinya akan menaikkan leads.

4.Memberi nilai lebih di mata pelanggan

Webinar juga merupakan cara yang strategis yang sering dipakai utuk mengedukasi pelanggan. Semakin banyak orang yang tahu fungsi produk dengan detail, maka akan semakin banyak manfaatnya. Di sini Anda bisa memberikan edukasi untuk mereka yang belum terlalu paham dengan produk Anda. webinar juga akan memberi nilai lebih di mata pelanggan.manfaat webinar

5.Meningkatkan brand awanereness

Salah satu alasan mengapa banyak pengusaha yang memanfaatkan webinar adalah karena dianggap efektif dalam meningkatkan brand awareness. Webinar dapat digunakan sebagai ajang untuk menceritakan keunggulan bisnis Anda, salah satunya dengan cara menyediakan info dan tips bermanfaat untuk pelanggan.

6.Menjaring saran dan feedback

Adanya saran dan feedback dari pelanggan memang sangat penting. Di sini Anda bisa memanfaatkan webinar. Dengan hanya berbekal pada seabrek fitur interaktif seperti chat, survey, hingga integrasi ke twitter, maka Anda bisa langsung mengetahui apa yang diinginkan oleh audience.

7.Sebagai sarana untuk mengumumkan produk baru

Bagi pebisnis online tentunya selalu ingin segera menunjukkan produk baru bagi para pelanggannya. Agar produk baru lebih cepat dikenal banyak kalangan, maka Anda bisa webinar. Anda yang sering mengikuti webinar tentunya tahu trik ini. Di penghujung acara akan ada peluncuran produk baru dari mereka. Ini juga bisa Anda manfaatkan ketika ada produk baru yang ingin lebih cepat cepat dikenal pelanggan.

Apa Yang Harus Dipersiapkan Dalam Untuk Webinar?

Untuk hasil webinar yang maksimal, maka Anda perlu persiapan yang matang. Agar strategi promosi menggunakan webinar dapat berjalan dengan lancar, maka Anda harus mempersiapkan lamgkah-langkah berikut ini.

1.Menentukan topik yang akan dibahas

Menentukan topik dan tujuan adalah hal paling utama yang harus dipersiapkan sebelum memikirkan teknisnya. Dalam hal ini Anda bisa mencari referensi dengan menonton webinar terlebih dahulu. Dengan begitu akan lebih paham kira-kira apa topik yang tepat.

2.Menyiapkan tim untuk persiapan webinar

Hanya karena Anda sudah merasa menguasai topik yang dibahas lalu Anda tidak membutuhkan tim. Adanya tim sangatlah penting demi kelancaran sebuah webinar. Anda hanya memerlukan minimal 3 tim yang terdiri dari Koordinator, pembicara dan asisten dengan memberikan tugas masing-masing. Dengan begitu akan sangat membantu jalannya webinar.

3.Menentukan format acara di webinar

Ketika Anda sudah memiliki tim, maka yang selanjutnya Anda lakukan adalah menentukan format acara. Di sini Anda bisa memilih format acara untyk webinar.

Berikut beberapa format umum yang biasa dipakai ketika membuat acara;

  • Diskusi panel
  • Interaktif
  • Talkshow atau wawancara
  • Pembicara tunggal

manfaat webinar

Format yang dipakai untuk webiner memang berbeda-beda. Jika Anda ingin memanfaatkan webinar sebagai media promosi, maka format yang cocok dipakai adalah pembicara tunggal dan talkshow. Beda lagi jika Anda ingin menggunakan webinar sebagai event atau seminar besar, maka format yang cocok adalah diskusi panel dan forum interaktif.

4.Lakukan gladi resik

Gladi resik tak hanya digunakan ketika seminar offline saja. Hal ini karena webinar memiliki banyak elemen teknis yang harus dipastikan agar berjalan lancar.

Agar gladi resik berjalan dengan efektif dan efisien, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan;

  • Pastikan semua perlengkapan berfungsi dengan baik
  • Beri tahu cara menggunakan software webinar pada pembicara
  • Lakukan gladi bersik seperti saat melakukan gladi resik secara offline

Dengan adanya persiapan dan gladi resik yang maksimal, maka akan mengurangi beberapa masalah teknis ketika melakukan webinar.

Itulah 7 manfaat webinar untuk strategi marketing bisnis Anda. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online bisa memilih Jejualan yang bisa Anda hubungi melalui layanan SMS, whatsapp dan line Account.

Send Comment