Media online/daring sebagai media baru, antara lain disebutkan oleh Hall dalam bukunya yang berjudul Online Journalism (1992:3). Hall menyebutkan bahwa media daring sebagai penguat sumber informasi.

“Abad dari cetakan, telah dibuat usang dengan datangnya media baru dan semakin tidak relevan dengan kehidupan banyak pembaca. Ada beberapa saran bahkan surat kabar dan majalah yang benar-benar dapat digantikan oleh penyampaian informasi berbasis sistem internet.”

Secara umum, Media daring dipahami sebagai sebuah media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet).

Pengertian Media Online secara Bahasa

Istilah media online yaitu terdiri dari dua kata, media dan online. Masing-masing kata tersebut memiliki arti tersendiri. Media memiliki arti “perantara” atau “pengantar”. Association for Education and Communication Technology atau AECT  mendefinisikan bahwa “media” sebagai segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran sebuah informasi.

Online juga terdiri dari dua kata, on dan line. On yaitu sedang berlangsung atau live. Line yaitu sebuah garis, barisan, jarak dan tema. Online berarti proses pengaksesan informasi yang sedang berlangsung melalui media internet (English Indonesi Dictionary, John M.Echols dan Hasan Shadily).

Dengan demikian, secara bahasa pengertian dari media daring adalah saluran informasi yang berlangsung melalui media internet. Karena diakses atau dibaca menggunakan perantara jari untuk membukanya, media daring juga disebut sebagai “media digital”. Digital artinya yang berhubungan dengan jari. Digit = Jari.

Media Baru

Media online (disebut juga media digital, media siber (cyber), dan media internet) adalah media baru (new media) setelah media cetak (surat kabar, majalah, dan tabloid) dan media elektronik (radio, televisi dan film). Dalam pengertian media daring secara umumnya yang termasuk media daring antara lain seperti email (termasuk mailing list (milis), situs web, blog, WhatsApp, Line, We Chat, Facebook, Twitter, Path, Google Plus, dan Instagram, serta media sosial atau jejaring sosial (social networking).

Selain hanya dapat diakses melalui internet, yang membedakan media daring dengan media konvensional (cetak) yaitu pada konten multimedia yang terdiri dari teks (huruf), gambar (foto), audio (suara), dan video (gambar bergerak), serta link (tautan). Elemen konten media daring yang memang benar-benar baru adalah link atau hyperlink, yaitu sebuah tautan yang tertuju ke informasi lain yang bisa diakses dengan hanya melakukan sekali “klik”, “touch”, atau “tap”.

Jenis-Jenis Media Online

jenis jenis media online

Jejualan

Jenis-jenis media online yang kita kenal dan ketahui hingga saat ini dapat diklasifikasikan menjadi berikut ini :

1. Mesin Pencari (Search Engine)

Situs web yang menjadi gerbang/pintu masuk menuju berbagai informasi yang anda diinginkan atau butuhkan, seperti Google, Bing, dan Yahoo.

2. Portal

Website yang menyediakan beraneka ragam jenis informasi, yaitu portal berita (news portal) atau situs berita seperti CNN, BBC, Detik, Republika Online, Sindo, Okezone, dan lain sebagainya.

3. Media Sosial atau Jejaring Sosial  

Situs web yang menjadi sebuah forum online untuk berinteraksi, berteman, berbagi informasi, mengobrol atau bertegur sapa, seperti Blog, Facebook, Twitter, Youtube, Flickr, Instagram, Linkedin, MySpace, Path, kaskus dan lain sebagainya. Situs-situs lembaga, instansi, organisasi, perusahaan, yayasan, dan situs pribadi (personal website) termasuk juga media sosial karena tujuan utamanya yaitu “sosialisasi” kebijakan, produk, jasa, aktivitas, program, dan (untuk situs pribadi) berbagi pemikiran juga pengalaman serta membangun jaringan, klien, mitra bisnis, konsumen, kenalan dan lain-lain.

4. Aplikasi Chatting

Yaitu software atau program yang dapat memungkinan orang-orang untuk mengobrol secara online tanpa batas geografis, seperti Skype, Yahoo Messenger, WhatsApp, Line, We Chat, dan lain sebagainya.

5. Surat Elektronik (Electronic Mail, Email) 

Akun di sebuah situs web yang menyediakan sarana untuk bertukar pesan atau informasi melalui internet, seperti Yahoo Mail dan Google Mail (Gmail).

6. Perdagangan Elektronik (Electronic Commerce, e-commerce)

Situs jual beli online, bisnis online, berupa penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran, dan transaksi barang serta jasa yang dilakukan secara online, termasuk Marketplace seperti Kaskus, Berniaga, Bukalapak, OLX.

Karakteristik Media Online

karakteristik media online

Jejualan

Karakteristik media online, baik dalam pengertian secara bahasa, pengertian secara umum, dan pengertian secara khusus yang membedakannya dengan media konvensional adalah sebagai berikut ini :

1. Hanya Ada di Internet

Media daring ini (sebagaimana namanya ada dalam jaringan) yaitu jaringan internet yang menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya. Media daring tidak dapat diakses tanpa menggunakan koneksi internet.

2. Basis Komputer dan Internet

Secara teknis atau fisik, media daring merupakan media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer & internet)

3. Multimedia

Isi media daring yaitu terdiri dari : Teks, Visual atau Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video).

4. Unlimited Space

Kapasistas luas atau besar, manjadikan halaman website bisa menampung naskah yang sangat panjang.

5. Real Time dan Fleksibel

Informasi bisa disajikan saat kejadian sedang berlangsung dan bisa diupdate atau diedit kapan saja dan dimana saja selama masih terhubung dengan internet.

6. Wide Audience

Jangkauannya luas dan dapat Menjangkau seluruh dunia selama masih terhubung dengan koneksi internet.

7. Interaktif

Interaktif, dua arah dan egaliter dengan adanya berbagai fasilitas seperti kolom komentar chat room, polling dan lain sebagainya.

8. Penyimpanan

Terdokumentasi, informasi yang tersimpan di bank data atau arsip dan dapat ditemukan melalui link, artikel terkait dan fasilitas cari (search).

9. Links

Terhubung dengan sumber yang lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji, baik itu dengan data yang dalam satu website ataupun di website lain.

Baca Juga : Cara Membuat Berita Online Sendiri

Jenis-Jenis Media Massa Online (Pers)

jenis media massa online

Jejualan

Selain jenis-jenis media online secara umumnya, ada juga klasifikasi dari media daring dalam pengertian media massa (pers) online, adalah media komunikasi massa yang mempublikasikan karya jurnalistik (berita, feature dan opini), termasuk foto dan video.

  • Edisi Online media cetak surat kabar, tabloid, ataupun majalah, seperti Republika Online dan Kompas Cyber Media.
  • Situs Berita Online murni (tidak menyediakan edisi versi cetak), seperti Detik, Okezone, Viva News, dan Antara News.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Manfaat Dari Membuat Website Professional

Kesimpulan

Demikian Pengertian Media Online & Jenis-Jenisnya yang tentu saja bisa “debatable” (bisa diperdebatkan). Yang jelas, media daring merupakan media yang tersaji di internet dan hanya bisa diakses dan berjalan melalui perangkat komputer atau gadget yang terkoneksi dengan jaringan internet. Jejualan akan secara rutin untuk terus membagikan berbagai artikel informatif seputar tips dan trik toko online untuk membantu kesuksesan bisnis anda. Selain itu, kami juga menyediakan jasa pembuatan toko online dengan beragam paket yang berisi fitur sesuai dengan harganya. Layanan dari kami juga bergaransi serta terjangkau.

Send Comment

Captcha *