Bagaimana sih memilih jasa ekspedisi yang tepat? Pertanyaan ini banyak diutarakan oleh para pelaku usaha, tak terkecuali mereka yang terjun di dunia bisnis online. Memilih jasa ekspedisi yang tepat merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para pebisnis online. Ini tak lepas dari kewajiban seorang pebisnis untuk memberikan layanan yang prima untuk para pelanggan.

Sebagai pelaku bisnis, Anda akan menitipkan barang kepada perusahaan ekspedisi. Jika terjadi salah pilih perusahaan ekspedisi pengiriman barang, bukan tidak mungkin barang yang Anda kirim berpotensi rusak atau bahkan hilang. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda harus tahu bagaimana cara memilih jasa ekspedisi yang tepat.

Yang Harus Anda Tahu Tentang Jasa Ekspedisi

Memilih Jasa ekspedisi yang tepat

Seperti yang telah kita ketahui bersama, perkembangan jasa ekspedisi atau ada yang menyebutnya sebagai jasa pengiriman barang sangat pesar. Dengan adanya teknologi informasi, semuanya menjadi serba canggih. Ketika Anda menggunakan jasa ekspedisi, maka Anda akan dikenakan biaya pengiriman yang bervariasi. Terdapat beberapa hal yang menjadi faktor penentu tariff jasa pengiriman barang. Faktor-faktor tersebut antara lain bobot barang, dimensi atau ukuran barang, tujuan pengiriman, hingga jenis layanan pengiriman yang dipilih.

Baca Juga: Cara meyakinkan konsumen agar membeli produk kita!

Dalam dunia logistik, istilah ekspedisi pengiriman barang tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Jasa ekspedisi atau pengiriman barang adalah perusahaan atau perorangan yang menyediakan layanan dan jasa pengiriman surat atau dokumen. Hingga kemudian mengalami perkembangan dengan melayani pengangkutan barang serta persewaan truk antar kota dan antar pulau. Tak jarang, ada juga yang menyediakan layanan lintas negara.

Pada saat ini, jasa ekspedisi memiliki peranan penting untuk memutar roda perekonomian. Termasuk untuk pelaku bisnis online. Penyebabnya tak lain adalah maraknya penjualan barang secara online. Para pebisnis online tersebut menggunakan jasa ekspedisi untuk mengantarkan barang agar sampai ke tangan pembeli tepat pada waktunya.

Kriteria Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Bisnis Online Anda

Ada beberapa kriteria yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan memilih jasa ekspedisi untuk mengirim barang. Jika Anda tak sempat memperhatikan hal-hal yang detail, alih-alih barang yang Anda kirimkan bukannya mendapatkan senyum pelanggan, Anda malah akan mendapatkan komplain dari konsumen karena barang yang mereka nantikan tak kunjung tiba. Yang lebih parah, barang tersebut rusak atau hilang pada saat proses pengiriman terjadi. Jika sudah demikian, reputasi toko online Anda bisa menjadi jelek karena hal ini.

Untuk memilih jasa ekspedisi yang tepat, berikut adalah kriteria yang harus Anda perhatikan:

Kriteria pertama – Harga layanan kompetitif

Kriteria pertama adalah memilih jasa ekspedisi dengan tariff pengiriman yang kompetitif. Salah satu hal yang susah untuk dibantah adalah, masalah biaya kirim adalah perkara sensitif untuk sebagian pengguna dan pelanggan bisnis online. Tarif ongkos kirim yang lebih mahal di sebuah toko akan dengan mudah membuat konsumen berpaling pada toko kompetitor karena biaya ongkos kirim yang lebih murah beberapa ribu rupiah.

Sebuah jasa ekspedisi yang baik adalah yang mereka yang memberikan informasi detail tentang biaya pengiriman barang secara langsung di websitenya. Tentu saja hal ini akan menjadikan nilai tambah untuk konsumen, tetapi juga bagi Anda para pelaku bisnis online, yang sedang menyimak konten tips dan trik Jejualan ini. Umumnya, ongkos jasa pengriman barang ditentukan dari jarak daerah pengiriman. Juga, akan ditambahkan pula beberapa komponen lain yang dimasukkan dalam unsur biaya pengiriman. Antara lain dimensi atau ukuran barang, dan berat total barang. Belum lagi proteksi tambaha lain kalau barang yang dikirimkan memiliki potensi pecah atau membahayakan.

Kriteria kedua – Estimasi waktu pengiriman yang tepat

Memilih Jasa ekspedisi yang tepat

Bagi para pelanggan bisnis online, salah satu hal yang sangat disukai oleh konsumen dalam belanja online adalah ketepatan waktu pengiriman. Karena itu, untuk dapat mengakomodasi keinginan dan harapan pelanggan, tugas Anda sebagai penjual adalah memilih jasa ekspedisi yang mempunyai standar waktu pengiriman yang cepat.

Sangat penting bagi sebuah perusahaan ekspedisi untuk menetapkan standar waktu pengiriman sendiri. Hal ini menjadi penting untuk meminimalisasi terjadinya kendala saat proses pengiriman barang. Kemudian salah satu hal yang penting dalam pengiriman barang adalah selalu mengupdate keberadaan paket yang sedang dalam perjalanan pengiriman.

Kriteria ketiga – Memilih jasa ekspedisi dengan paket layanan yang paling lengkap

Dalam dunia bisnis online, adalah hal lumrah mendapati ada pelanggan yang rela mengeluarkan biaya yang lebih mahal agar barang yang dipesannya dapat segera tiba dengan pengiriman ekspres. Tapi tak sedikit pula yang memilih jasa pengiriman barang reguler dengan biaya pengiriman yang lebih murah.

Maka dari itu, untuk mengakomodasi keinginan konsumen yang beragam, Anda harus memilh jasa ekspedisi yang memiliki pilihan paket paling lengkap dan sesuai dengan apa yang jadi kebutuhan. Dengan banyaknya pilihan waktu pengiriman, akan semakin mudah bagi Anda untuk membuat pilihan pengiriman. Dan tak hanya para penjual yang akan terbantu, pelanggan juga akan merasa tertolong dengan banyaknya variasi paket pengiriman yang dapat mereka pilih. Hal ini tak bisa begitu saja dilepaskan dari anggaran biaya kirim yang dimiliki oleh konsumen.

Kriteria keempat – Memilih jasa ekspedisi yang memberi garansi keamanan

Produk yang ditawarkan oleh toko online bisa sangat bervariasi. Bukan hanya barang biasa seperti tas, baju, sepatu, atau produk fesyen saja. Banyak juga toko online yang menjual barang yang membutuhkan perlakuan khusus saat berada dalam pengiriman. Barang-barang tersebut antara lain makanan, gadget, perhiasan, pecah belah,hingga ada yang menjual kendaraan.

Untuk itu, sebagai pelaku bisnis online, kriteria jasa ekspedisi yang harus Anda pilih salah satunya adalah yang memberikan asuransi atau jaminan keamanan. Asuransi ini untuk menjamin apabila terjadi kerusakan atau kehilangan barang yang dikirimkan. Dengan adanya jaminan keamanan, konsumen tidak akan risau bila terjadi kendala atau hambatan yang tidak diinginkan pada barang tersebut.

Kriteria kelima – Memilih jasa ekspedisi populer dan memiliki jaringan yang luas

Memilih Jasa ekspedisi yang tepat

Tak dapat dibantah, bahwa salah satu faktor penting saat menentukan jasa ekspedisi untuk bisnis online adalah, pilih jasa ekspedisi populer dan mempunyai jaringan pengiriman sampai ke sudut Indonesia. Meskipun, jasa pengiriman populer juga bukan jaminan untuk memuaskan konsumen. Tetapi dengan populernya perusahaan ekspedisi tersebut, maka akan lebih cepat dalam menangani keluhan pelanggan.

Pilihlah jasa ekspedisi dengan jangkauan yang luas ke seluruh wilayah Indonesia. Sudah bukan rahasia lagi bahwa negara kita memiliki wilayah yang luas, dan konsumen toko online menyebar rata ke setiap tempat. Rute pengiriman yang lengkap dan beragam memudahkan Anda untuk mengirim barang ke daerah-daerah yang jauh dari kota besar.

Kesimpulan

Memilih jasa ekspedisi yang tepat penting untuk setiap pelaku bisnis online. Semoga artikel ini dapat membantu Anda saat menentukan kriteria pemilihan jasa ekspedisi.

Miliki website toko online sendiri hanya di Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. Buktikan sekarang!

Send Comment