Kita semua, orang Indonesia, dikenal sebagai bangsa yang suka nongkrong dan berkumpul bersama teman-teman. Orang Indonesia dapat dikatakan, memiliki budaya yang sangat komunal. Dan kegiatan nongkrong adalah salah satu hal yang paling bisa dilihat dari budaya tersebut. Dan waktu favorit orang untuk nongkrong dan berkumpul bersama teman dan dan kerabat umumnya selepas kerja atau di akhir pekan.

Ada banyak sekali tempat yang dapat dijadikan tempat untuk berkumpul bersama. Mulai dari warung tegal, angkringan, hingga nongkrong di kafe, yang mulai merambah ke kota-kota kecil, setelah sebelumnya jama ditemui di kota besar. Membuka bisnis kafe kemudian banyak jadi pilihan orang-orang yang ingin memulai usahanya sendiri.

Peluang bisnis di dunia food and beverages memang seakan tak pernah mati. Bahkan cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Bisnis cafe yang menjamur ini juga banyak disukai oleh pelanggan, terutama mereka yang berasal dari kalangan muda.

Kafe menjadi tempat bersantai dan berkumpul bagi banyak orang. Sajian utama dari sebuah kafe, umumnya adalah kopi. Meskipun didomanasi oleh anak muda, kopi juga dinikmati oleh berbagai umur. Trend yang berkembang saat ini adalah kopi dengan kreasi oleh para barista. Jadi, kafe juga memiliki banyak jenisnya.

Selain kopi, umumnya kafe juga memiliki hidangan lezat lainnya, dengan tempat yang nyaman dan lokasi yang sangat strategis dapat membuat kafe mengggaet banyak pengunjung. Maka tak heran kafe mulai bermunculan di mana-mana. Pada artikel ini, kami akan membagikan tipa memulai bisnis cafe untuk Kanca Jejualan semuanya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Keuntungan Memulai Bisnis Cafe

Tips Memulai Bisnis Cafe dan Tempat Nongkrong

Perkembangan bisnis cafe di Indonesia hari ini, bisa dibilang sangat pesar. Hampir di setiap kota, memiliki paling tidak satu café yang berdiri dan jadi primadona anak-anak muda, di kota tersebut. Dari sisi bisnis, usaha café memang sangat menggiurkan karena memiliki banyak sekali keuntungan. Salah satu diantaranya adalah karena usaha café memiliki pangsa pasar yang luas dan kuat.

Bisnis cafe seakan tidak pernah surut, karena banyaknya peminat pada tempat nonkrong yang satu ini. Dengan harga yang relative terjangkau, rasa hidangan yang lezat, dan tempat yang nyaman, rasanya sulit untuk menolak fakta bahwa café adalah tempat hangout favorit anak muda. Tak hanya untuk nongkrong, sebenarnya, tapi juga banyak yang menjadikan café sebagai tempat kerja favorit para digital nomad.

Baca Juga : Peluang Bisnis Food Truck, dan Analisa Bisnisnya

Tips Memulai Bisnis Cafe dan Tempat Nogkrong

Semakin banyaknya usaha café yang bermunculan, tentu membuat persaingan dalam bisnis ini menjadi sangat ketat. Dibutuhkan kiat-kiat dan tips yang jitu agar bisa bertahan hingga kemudian bisa memenangkan persaingan dalam bidang usaha yang memang sedang diminati banyak orang ini. Berikut ini adalah tips-tips memulai bisnis café, yang bisa Anda jadikan referensi untuk memenangkan persaingan di bisnis yang identik dengan jiwa muda dan inovasi ini.

Pilih Lokasi yang Strategis

Tips pertama dalam memulai bisnis cafe adalah pemilihan lokasi usaha. Agar café yang Anda dirikan dikunjungi banyak orang adalah dengan memilih tempat yang strategis dan ramai. Tempat-tempat yang strategis, yang banyak dilewati lalu lalang orang akan membuat orang tertarik dan melihat masuk ke dalam cafe Anda. Maka observasi terhadap lokasi menjadi hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu, sebelum memulai usaha cafe Anda.

Selain memilih lokasi yang strategis, siapkan tempat yang nyaman untuk pengunjung. Tempat yang nyaman akan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama di café Anda. Dan yang paling penting, mereka akan datang kembali ke café Anda di kesempatan yang lain. Cobalah untuk menghias café Anda dengan tema-tema tertentu agar orang semakin tertarik. Desain sebuah café juga akan menentukan penilaian pengunjung terhadap sebuah café.

Siapkan Konsep Agar Pengunjung Merasa Nyaman

Tips Memulai Bisnis Cafe dan Tempat Nongkrong

Pada bisnis food and beverages, termasuk café, kenyamanan adalah hal yang utama, selain cita rasa hidangan, tentu saja. Anda bisa mencoba konsep-konsep desain untuk membuat pengunjung nyaman berada lama-lamma berada di café Anda. Misalnya, dengan membuat café dengan konsep lesehan.

Bagi sebagian orang, café dengan konsep lesehan dinilai sangat otentik dan nyaman. Anda bisa memisahkan sektor lesehan dari bagian lain yang menggunakan meja dan kursi. Lesehan, bagi sebagian orang terasa sangat menyenangkan dan bukan tanpa alasan. Memang akan terasa lebih “nyantai” dengan lesehan.

Menggunakan Perlengkapan Usaha dengan Harga Terjangkau

Desain interior juga sangat penting dalam penilaian pengunjung pada sebuah café. Untuk membuat desain interior yang menarik, tidak harus menggunakan dekorasi yang mewah. Cukup menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan tema yang ingin diusung oleh café. Dengan demikian, tidak akan menimbulkan kesan kontras antara tema dengan dekorasi yang digunakan.

Beberapa dekorasi tambahan yang umumnya ada di café-café kekinian, diantaranya lukisan atau quote yang unik dan menarik. Desain interior yang cantik akan membuat café Anda tampak instagramable dan disukai oleh konsumen dari kalangan muda.

Membeli Bahan Baku Secara Grosir

Jika Anda menginginkan memulai bisnis café dengan modal minim, maka salah satu jalan yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran adalah membeli bahan baku secara grosir. Pedagang grosir akan memberikan harga yang lebih murah. Pedagang grosir akan memberikan harga yang lebih murah karena Anda membeli dalam jumlah banyak.

Apalagi sangat penting bagi Anda untuk menjaga persediaan bahan baku. Siapkan bahan baku yang cukup agar persediaan untuk pengunjung tetap terjaga.

Membuat Menu Otentik

Setiap café umumnya memiliki beberapa menu yang menjadi signature dish atau menu otentik, yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Maka agar café Anda dapat diingat oleh pengunjung, jangan lupa untuk membuat satu atau dua menu otentik andalan café Anda.

Menetapkan Strategi Marketing yang Tepat

Tips Memulai Bisnis Cafe dan Tempat Nongkrong

Dalam bisnis apapun, strategi marketing yang tepat memiliki peranan yang penting agar bisnis dapat terus berjalan. Strategi marketing kekinian yang banyak diterapkan hari ini dengan menggunakan kekuatan media sosial, seperti Instagram, misalnya. Salah satu strategi bisnis yang banyak dipilih oleh kebanyakan café diantaranya memberikan diskon kepada follower di Instagram.

Mempelajari Pembukuan

Banyak pengusaha pemula yang mengabaikan masalah pembukuan saat memulai usahanya. Padahal, ini adalah sebuah kesalahan yang harus dihindari. Banyak bisnis yang baru seumur jagung harus tutup lebih cepat karena mengalami kerugian, yang disebabkan proses pencatatan keuangan yang tidak tertib.

Pencatatan transaksi yang rapi akan membuat Anda mendapatkan data yang konkret dari bisnis yang sedang dijalankan. Dengan ini, Anda bisa tahu apakah bisnis mengalami keuntungan atau kerugian, sehingga bisa dijadikan langkah untuk menentukan langkah selanjutnya.

Penutup

Bisnis cafe adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, karena ceruk pasar yang masih luas. Memulai bisnis cafe, bisa dikatakan sangat menantang. Jadi, apakah Anda siap memulai bisnis cafe?

Mau toko Anda dikenal banyak orang dan menjangkau pasar yang luas? Tunggu apalagi, ayo buat website toko online Anda bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

 

Send Comment