Bisnis kuliner adalah sebuah bisnis yang selalu berkembang. Ya, bisnis ini tidak akan pernah mati, dan bahkan semakin hari semakin kaya inovasi. Salah satunya adalah menyangkut konsep bisnis yang dimilikinya. Salah satu konsep bisnis kuliner yang sedang berkembang di Indonesia adalah usaha food truck. Adakah dari Anda yang asing dengan food truck? Tentu tidak, kan?

Food truck bukan lagi sesuatu yang asing, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogya, dan Surabaya. Keberadaan food truck seakan memberikan warna baru dalam khasanah baru dunia kuliner Indonesia. Gaya hidup masyarakat kota yang cenderung cepat dan tak ingin buang-buang waktu membuat kehadiran food truck seperti angin segar.

Mengapa demikian? Karena umumnya food truck memakai konsep makanan cepat saji yang fresh. Mayoritas usaha food truck menjual menu makanan dan minuman yang praktis dan tidak bikin repot konsumuennya. Inilah mengapa peluang bisnis kuliner food truck masaih sangat bagus.

Food Truck

Usaha food truck

Secara umum, food truck adalah jenis usaha di bidang kuliner yang semua aktivitas operasionalnya dilakukan di dalam sebuah kendaraan besar.  Kegiatan tersebut meliputi persiapan sebelum memasak, penyajian, dan penjualan. Sebelum masuk dan mulai berkembang di Indonesia, food truck telah menjadi tren dan berbagai belahan dunia, terutama di Amerika dan Eropa, dan menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

Tak heran, sebagai bagian dari globalisasi, Indonesia tak ketinggalan dengan fenomea food truck. Kini hampir di tiap-tiap sudut beberapa kota besar Indonesia jamak ditemui bisnis food truck tersebut. Food truck banyak digandrungi oleh anak muda karena menawarkan pengalaman baru menikmati kuliner yang belum pernah ada sebelumnya.

Konsep unik ini mendapatkan respon yang cukup baik dari konsumen. Ini sering terlihat dari jumlah pengunjung dan jam operasionla food truck yang cukup singkat. Belum begitu lama buka, tetapi tak lama kemudian, menu yang dijakakkan habis dengan cepat.

Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Food Truck

Food truck adalah salah satu cara termudah bagi Anda yang ingin terjun ke dunia kuliner tapi ingin alternative yang lebih terjangkau disbanding rumah makan biasa. Lokasi, menu, dan pemasaran adalah bagian integral dari bisnis food truck. Jadi sebelum memulai bisnis food truck, pastikan Anda mengetahui segala hal yang berkaitan dengan perizinan usaha.

Bisa dibilah food truck telah merevolusi cara pemasaran bisnis kuliner dengan penggunakan pemasaran digital, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Tujuannya tentu saja untuk menjangkau pelanggan dengan cara-cara baru dan inovatif. Berikut ini adalah tiga hal yang harus Anda ketahui tentan bisnis food truck:

  1. Lokasi

Salah satu keuntungan terbesar dari food truck dibandingkan restoran pada umumnya adalah cara membawa makanan ke konsumen. Hanya saja, food truck tidak bisa sembarangan berjualan. ada beberapa perizinan yang harus diurus, utamanya ke pemerintah daerah. Tapi memang, food truck lebih menawarkan fleksibilitas.

  1. Makanan lebih bervariasi

Usaha food truck

Dibandingkan pada awal kemunculannya, pelaku bisnis food truck di Indonesia mencoba lebih variative dalam menyajikan menu makanan. Tak lagi terpaku pada food truck hanya bisa menjual makanan barat saja. Kini banyak pelaku bisnis food truck di Indonesia banyak menyajikan menu khas Indonesia dan Jepang, yang juga semakin di gandrungi.

  1. Trend food truck didukung oleh social media

Banyak pelaku bisnis food truck membesarkan usahanya menggunakan media social untuk aktivitas iklan dan pemasaran. Media social seperti Twitter dan Facebook memungkinkan pengusaha food truck membuat postingan harian atau membagikan lokasi. Sedangkan Instagram menawarkan platform berbagi foto dan video menu untuk para pelanggan. Penggunaan teknologi membuat food truck dapat terhubung dengan konsumen dimanapun berada.

Konsep Food Truck di Indonesia

Sebelum memulai bisnsi food truck, terlebih dahulu Anda harus menentukan seperti apa bisnis food truck Anda. Terutama berkaitan dengan menu yang Anda jual. Kanca Jejualan, berikut ini adalah beberapa konsep food truck yang bisa Anda jadikan inspirasi:

  • Burger

Bisa dibilang, burger adalah menu favorit yang ada di industry food truck. Hanya saja, menu makanan jenis ini sudah banyak sekali dijual oleh resto food truck. Tantangannya adalah Anda harus membuat menu burger yang unik untuk membedakan dengan pesaing lainnya.

  • Es Krim

Usaha food truck

Siapa yang tak suka dengan es krim? Es krim selalu berhasil merebut hati konsumen dari berbagai macam kalangan. Dari orang dewasa hingga anak-anak. Tak heran jika ada food truck yang menjajakkan es krim banyak ditemui di Indonesia. Tak hanya di kota besar, bahkan di pelosok pun banyak.

  • Barbekyu

Makanan jenis panggang atau barbekyu juga umum ditemui saat kita sedang kulineran di area food truck. Dan salah satu menu yang banyak dijual oleh food truck adalah sosis bakar. Tidak percaya? Cobalah berburu kuliner di arena food truck, Anda pasti akan menjumpai setidaknya satu atau dua gerai food truck yang menjajakkan sosis bakar tau makannan barbekyu lainnya.

  • Makanan Asia

Sejak dulu, makanan Asia, terutama dari Jepang, Korea, dan China selalu jadi favorit di arena street food dan sekarang food truck. Beberapa menu makanan dari ketiga negara diatas hampir selalu laku oleh pembeli. Kita tentu mengenal takoyaki, okonomiyaki, yakisoba, dan yakitori dari Jepang. Kemudian dari Korea kita mengenal tteokbokki, odeng, gimbab, dan hweori gamja. Sedangkan streetfood terkenal dari China tentu saja dimsum dan bapao yang paling familiar.

Analisa Usaha Food Truck

Diatas kita telah melihat segala hal tentang mengapa bisnis food truck adalah sebuah bisnis yang menjanjikan. Sekarang, Anda harus mempersiapkan apa saja untuk membangun gerai food truck Anda sendiri. Berikut analisanya:

  • Peralatan

Sebagaimana sebuah bisnis, Anda membutuhan peralatan untuk menjalankan usaha. Peralatan ini bergantung dengan konsep food truck yang Anda usung. Beberapa item mungkin akan berbeda. Peralatan standar yang dibutuhkan foof truck selain mobil box antara lain kompor gas dan selang regulator, kulkas mini, display warmer, peralatan masak, stok bahan baku, dan meja kursi minimalis.

Analisa SWOT

Berikut adalah analisis SWOT bisnis food truck:

  • Strenght (Kekuatan): Harga lebih murah, variasi menu yang banyak, pelayanan cepat dan memuaskan, serta tempat yang nyaman.
  • Weakness Kelemahan): Cuaca yang tidak bersahabat membuat pelanggan sepi, makanan yang tidak laku bisa cepat basi.
  • Opportunity (Peluang): Bisnis ini memiliki prospek yang bagus, karena bisa fleksibel dalam memilih lokasi jualan dan minat anak muda yang gemar kongkow di tempat-tempat unik. Food truck bisa menjadi salah satu solusi.
  • Treat (Ancaman): Perizinan tempat yang kadang ribet, hingga potensi diganggu preman jalanan

Kanca Jejualan, demikianlah ulasan tentang usaha food truck dan analisa bisnisnya. Jika Anda masih mempunyai pertanyaan, jangan ragu untuk menulisakannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Send Comment