Bagi banyak orang, memulai langkah bisnis adalah tentang keberanian. Terlebih sejak adanya internet, tercipta banyak peluang usaha baru yang bermunculan. Salah satunya adalah bisnis jasa penerjemah. Kita tahu, jasa penerjemah adalah salah satu bentuk bisnis yang telah sejak dulu ada. Apalagi perbedaan bahasa kerap menjadi penggambat bagi banyak persoalan kehidupan manusia. Contohnya, seperti negosiasi bisnis, perkuliahan, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang menguasai bahasa asing, sangat penting untuk mengetahui cara memulai bisnis jasa penerjemah.

Internet memang menyediakan banyak alat untuk membantu penggunanya menerjemahkan bahasa asing. Hanya saja, karena penerjemahan tersebut dilakukan oleh robot, terkadang hasil terjemahannya terasa kaku dan umumnya kurang rapi di sisi tata bahasa. Inilah mengapa jasa penerjemah begitu dibutuhkan.

Fungsi Utama Penerjemah

Seorang penerjemah memiliki peran yang penting, beberapa diantaranya di sektor bisnis dan Pendidikan. Terlebih masih banyak orang yang memiliki kemampuan terbatas dalam berbicara, mendengar, dan menulis menggunakan bahasa asing. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki oleh penerjemah:

  • Sebagai Penghubung

5 Cara Memulai Bisnis Jasa Penerjemah

Perbedaan Bahasa sudah tentu menjadi sebuah hambatan untuk berkomunikasi. Baik komunikasi lisan maupun tulisan. Kendala ini bisa bertambah genting bila sudah membahasa hal-hal yang penting. Seperti negosiasi bisnis. Jasa penerjemah memiliki peran karena dapat menghubungkan perbedaan pemahaman masing-masing individu menjadi satu kata. Sehingga akan memberikan dampak positif untuk hubungan tersebut. Misalnya.

  • Sebagai Interpreter

Peran penerjemah sangat dibutuhkan kala ada hajatan seperti seminar atau konferensi besar yang menghadirkan peserta dari berbagai belahan dunia. Interpreter akan sangat dibutuhkan. Umumnya, interpreter akan dikumpulkan di sebuah ruangan tersendiri. Mereka berbiacara menggunakan alat interpreter, serta menggunakan beberapa Bahasa sekaligus. Beberapa bahasa yang banyak digunakan di forum-forum besar antara lain: Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jepang, atau tergantung dari mana negara asal peserta seminar tersebut.

5 Cara Memulai Bisnis Jasa Penerjemah

Membicarakan bisnis, sebelum melangkah tentu Anda harus tahu langkah untuk memulainya. Ya, karena langkah kesepuluh tidak akan tergapai jika ada langkah pertama. Kanca Jejualan, berikut adalah 5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Penerjemah:

  • Menentukan Target Pasar

Saat akan memulai bisnis apapun, termasuk bisnis penerjemah, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar. Anda sudah harus menentukan siapa konsumen yang tepat untuk bisnis Anda. Rentang konsumen jasa penerjemah sebenarnya sangat lebar. Mulai dari kalangan pelajar, pengusaha, hingga kalangan pekerja profesional dan aparatur sipil negara.

Semua target market tersebut tidak bisa disamaratakan. Karena target pasar Anda akan sangat menentukan cara pemasaran yang harus Anda lakukan. Dengan mengenali target pasar, nantinya Anda dapat menentukan standar kualitas bisnis penerjemahan yang saat ini Anda lakukan.

  • Menentukan Strategi Pemasaran

5 Cara Memulai Bisnis Jasa Penerjemah

Target pasar sudah ditentukan. Sekarang Anda sudah tahu siapa yang Anda inginkan sebagai pengguna jasa translate Anda. Saatnya Anda menentukan strategi pemasaran yang tepat. Dan karena berkaitan dengan target pasar seperti diatas, strategi pemarasan dan promosi yang Anda lakukan masing-masing akan sangat berbeda.

Dengan strategi pemasaran yang tepat, bisnis penerjemah yang Anda jalankan akan semakin terlihat oleh banyak orang.

  • Memulai Dengan Menerima Pesanan Freelance

Di internet sangat banyak website-website yang secara khusus menyediakan jasa pekerjaan freelance online. Dan salah satu jenis jasa yang paling banyak peminatnya adalah jasa penerjemah. Anda bisa mulai membangun portofolio Anda sendiri. Menemukan jasa penerjemah yang berkualitas tidaklah mudah. Seorang penerjemah yang berkualitas adalah hal yang tidak mudah.

Bekerja secara freelance akan membuka peluang Anda mengembangkan jaringan bisnis Anda. Anda bisa mulai menawarkan jasa Anda bukan hanya kepada individu, tetapi juga menawarkan bisnis jasa translate Anda pada perusahaan-perusahaan. Terlebih di era globalisasi sekarang, Bahasa bisa menjadi penghambat pada aktivitas bisnis. Disinilah peran jasa penerjemah sangat dibutuhkan.

  • Meningkatkan Sumber Daya

Meningkatkan sumber daya dalam bisnis bisa dimaksudkan berbagai hal. Peningkatan sumber daya dilakukan secara keseluruhan baik itu sumber daya produk maupun sumber daya manusia. Untuk mengembangkan produk, Anda bisa mempelajari bagaimana cara kerja competitor. Ya, memang, meniru ide bisnis orang bukanlah hal yang dilarang di dunia usaha. Anda bisa melakukan Teknik ATM (amati, tiru, modifikasi).

Sedangkan dari sisi sumber daya manusia, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih tim yang Andal. Ya, mungkin Anda jago pada Bahasa tertentu dan ingin menambah cakupan Bahasa yang bisa dikerjakan. Anda bisa mengajak rekan yang menguasai Bahasa lainnya untuk menambah variasi Bahasa yang merupakan produk utama jasa terjemahan Anda.

Lihat bagaimana tim Anda bekerjasama atau ketika berhadapan dengan konsumen. Anda harus melayani konsumen dengan sikap yang ramah. Produk yang berkualitas dan dibarengi dengan pelayanan yang baik, pastinya bisa menarik konsumen baru dan mempertahankan loyalitas mereka.

  • Melakukan Inovasi Produk

5 Cara Memulai Bisnis Jasa Penerjemah

Salah satu hal yang dihindari saat berbisnis adalah perasaan gampang puas. Meskipun pada dasarnya manusia adalah makhluk dengan yang tidak pernah puas, tak sedikit orang yang cepat puas atas pencapaian yang diraih. Zaman terus berubah, dan tren akan selalu mengikutinya. Selain untuk menjaga mutu bisnis penerjemahan Anda, inovasi harus dilakukan agar pengguna jasa Anda tidak merasa bosan. Jika Anda tidak melakukan hal ini, bisa saja pelanggan Anda akan berpindah ke kompetitor.

Mengenali Hambatan Jasa Penerjemah

Selain mengembangkan usaha, sebagai seorang penerjemah, Anda harus mengetahui hambatan bisnis yang sekiranya akan Anda hadapi. Untuk langkah awal, mencari pelanggan adalah hambatan bagi semua jenis bisnis. Sedangkan persaingan, meskipun tidak banyak terjun yang bisnis ini, Anda harus memperhatikan keunikan dan diferensiasi bisnis jasa penerjemah yang sedang Anda mulai.

Jika Anda bisa mengelola dengan baik kedua hambatan tersebut, Anda bisa menciptakan basis pelanggan yang loyal. Anda harus kreatif mencari ide-ide promosi yang segar. Misalnya memberikan jasa antar jemput materi terjemahan dengan syarat tertentu. Anda bisa membuka jasa penerjemah jasa bahasa asing selain Bahasa Inggris, seperti Jerman, Prancis, Arab, Mandarin, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Memiliki kemampuan bahasa asing adalah sesuatu yang tak bisa dimiliki oleh semua orang. Dengan memiliki skill bahasa asing, Anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan. Salah satunya dengan membuka jasa penerjemah. Dan mengembangkan jasa penerjemah adalah langkah penting untuk memperbesar bisnis jasa terjemahan Anda.

Kanca Jejualan, demikian artikel cara memulai bisnis jasa penerjemah. Jika masih memiliki pertanyaan seputar tema ini atau layanan Jejualan lainnya, jangan lupa untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment