Seiring berjalannya waktu, orang dituntut untuk semakin pintar dalam mencari peluang bisnis. Untuk bisa terjun secara optimal ke dunia bisnis, seseorang dituntut untuk peka terhadap masalah-masalah yang umumnya ditemui pada masyarakat modern. Contohnya di zaman yang serba cepat seperti pada saat ini. Banyak orang yang tidak mempunyai waktu untuk mencuci baju yang dimilkinya. Kesibukan banyak menjadi alasan mengapa seseorang tak lagi sempat untuk sekedar mencuci bajunya sendiri.

Alasan-alasan inilah yang menjadikan munculnya banyak pebisnis laundry kiloan. Mereka dengan jeli menangkap peluang untuk mengurus cucian orang-orang yang tenggelam pada kesibukan. Banyak orang yang memanfaatkan jasa laundry kiloan, salah satunya karena harga yang terjangkau.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis, bisnis laundry kiloan bisa menjadi pilihan tepat untuk mengawali segalanya. Artikel ini akan membahas secara detil tips bisnis laundry kiloan.

Target Bisnis Laundry Kiloan

tips bisnis laundry kiloan

Bisnis laundry mungkin terlihat sepele. Anda hanya bertugas untuk mengurus pakaian kotor dari orang yang mungkin bahkan tidak Anda kenal. Namun sebelum Anda mendalami seluk beluk bisnis ini, ada baiknya terlebih dahulu mengapa sangat layak untuk terjun di bisnis ini.

Kanca Jejualan, perlu untuk diketahui bisnis laundry kiloan adalah peluang bisnsi yang cukup besar. Bisnis ini mempunyai target pasar yang sangat luas. Berikut ini adalah target pasar bisnis laundry kiloan yang bisa menjadikan wawasan bagi Anda.

  1. Mahasiswa

Kalangan pertama yang bisa Anda jadikan target bisnis laundry kiloan adalah mahasiswa. Kesibukan mereka sebagai mahasiswa membuat sebagian diantaranya tidak memiliki waktu banyak untuk mencucui pakaian mereka. Selain alasan kesibukan, ketebatasan peralatan mencuci di rumah atau di kosannya masing-masing. Rasa malas juga menjadi alasan lain mengapa para mahasiswa ini lebih suka menggunakan jasa laundry alih-alih mencuci baju mereka sendiri.

  1. Pekerja kantoran

tips bisnis laundry kiloan

Hampir sama dengan mahasiswa, waktu juga menjadi sesuatu yang berharga bagi para pekerja kantoran. Harus berangkat pagi dan pulang saat hari sudah gelap membuat mereka tak mempunyai waktu untuk mengurus pakaian kotor. Terutama bagi pekerja kantoran yang hidup mandiri.

Selain itu, padatnya aktivitas harian pada pekerja kantoran juga membuat mereka terlalu lelah untuk mencuci seluruh pakaian kotornya. Peluang inilah yang harus Anda manfaatkan dengan menawarkan jasa laundry kiloan Anda pada mereka.

  1. Pasangan suami istri

Pada beberapa kondisi, pasangan suami istri memiliki kasus yang sedikit berbeda dengan mereka yan masih lajang. Terutama pasangan suami istri yang sama-sama berkarir. Umumnya mempunyai kesibukan yang sama-sama menyita waktu.

Kesibukan tersebut belum lagi ditambah dengan memasak, beres-beres rumah, hingga mungkin mengurus anak. Pada saat akhir pekan pun, mereka akan menggunakan waktu sebaik mungkin untuk bersantai dengan keluarga. Akhirnya laundry menjadi pilihan untuk mencuci baju mereka yang kotor.

dari ketiga poin diatas, tentu Anda telah paham betapa menggiurkannya bisnis laundry kiloan. Untuk memulai usaha ini juga tak perlu modal yang teramat besar. Anda bisa menyiapkan peralatan seperti mesin cuci, setrika, dan timbangan. Juga perlengkapan pendukung lainnya seperti deterjen, pewangi, pelicin, ember, dan gantungan baju.

Tips Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan

Berikut ini adalah beberapa tips bisnis yang bisa Anda terapkan agar dapat memulai bisnis laundry kiloan hingga sukses.

  1. Pemilihan lokasi yang tepat

tips bisnis laundry kiloan

Apapun bidang usaha yang Anda geluti, lokasi adalah variabel yang sangat menentukan keberlangsungan sebuah usaha. Seperti halnya bisnis lainnya, penentuan lokasi usaha juga sangat penting bagi sebuah bisnis laundry.

Pemilihan lokasi ini erat kaitannya dengan target pasar yang Anda tuju. Juga seberapa besar modal yang Anda miliki. Jika target Anda adalah mahasiswa, carilah lokasi yang dekat dengan kos-kosan atau dengan kampus. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemilihan lokasi bisnis antara lain kemudahan akses, luas ruangan proporsional, serta persediaan air dan drainase yang baik.

  1. Menentukan Harga

Meskipun memiliki ceruk yang luas, bisnis laundry adalah bisnis dengan persaingan yang sangat ketat. Apalagi jika dekat lokasi yang Anda pilih sudah ada usaha laundry yang terlebih dahulu berdiri. Anda harus menentukan harga yang bersaing dengan kompetitor Anda. Pastikan harga yang ditwarkan sesuai dengan kualitas yang akan didapat pelanggan.

Harga yang Anda patok harus sesuai dengan sasaran yang ingin Anda tuju. Contohnya bila target pasar Anda adalah mahasiswa, tentu tidak mungkin untuk memasang harga yang tinggi pada mereka.

  1. Memberikan pelayanan terbaik

Bisnis yang baik adalah bisnsi yang mampu menyediakan pelayanan berkualitas bagi konsumennya. Dan seiring berjalannya waktu, tentu Anda harus meningkatkan kualitas pelayanan Anda. Salah satu cara untuk mengetahui seberapa baik pelayanan Anda, Anda bisa mencari tahu apakah pelanggan puas dengan pekerjaan Anda.

Pelayanan yang baik tak hanya berdasar kualitas pekerjaan, tetapi keramahan staf saat menerima dan menyerahkan hasil cucian.

  1. Perhatikan waktu pengerjaan

Waktu pengerjaan adalah hal krusial bagi bisnsi laundry kiloan. Sebab, ketepatan waktu pengerjaan sangat barkaitan dengan kepuasan pelanggan Anda. Jika tidak memiliki manajemen waktu yang baik, bukan tidak mungkin usaha Anda akan gagal akibat reputasi atau penilaian yang buruk dari pelanggan. Ingat, review pelanggan akan sangat menentukan keberlangsungan bisnis Anda.

  1. Mempunyai pelayanan yang bervarias

Selain mencuci baju pada umumnya, alangkah baiknya bisnis laundry Anda mempunyai variasi layanan lainnya. Misalnya memberikan layanan laundry ekspres, laundry barang-barang tertentu seperti selimut, karpet, tas, dan lain sebagainya.

Sediakan juga pewangi yang berviariasi agar pelanggan bisa memilih pewangi yang mereka inginkan.

  1. Hati-hati dengan pakaian pelanggan

Karena Anda berurusan dengan barang miliki orang lain, maka Anda harus berhati-hati. Jangan sampai Anda ceroboh hingga mendapatkan komplain dari pelanggan. Salah satu bentuk kehati-hatian tersebut misalnya tidak mencampur semua jenis pakaian dalam satu kali cuci. Janga lupa untuk memisahkan pakaian berwarna putih dengan warna yang lainnya.

  1. Lakukan Pemasaran

Apapun bisnis yang sedang Anda geluti, tentu semuanya akan sia-sia jika Anda tidak memasarkannya. Bagaimana produk yang Anda tawarkan diketahui oleh banyak orang jika tidak memasarkannya. Semenarik apapun produk yang Anda miliki, apabila tidak ada orang yang mengerti tentang produk yang Anda jual, mereka tak akan tertarik.

Anda bisa memulai promosi dengan menggunaan media online. Misalnya dengan membuat akun media social. Jangan pernah meremehkan kekuatan pemasaran online. Banyak usaha yang meroket karena pemasaran secara online. Pemasaran online juga lebih murah disbanding pemasaran konvensional.

Kesimpulan

Kanca Jejualan, demikianlah tips bisnis laundry kiloan. Semoga bisa menginspirasi Kanca semuanya. Jika masih memiliki pertanyaan seputar tips bisnis atau layanan Jejualan lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar atau menghubungi tim support Jejualan.

Send Comment