Panduan lengkap eCommerce membuat anda semakin terbuka dengan peluang bisnis yang tak ketinggalan zaman. Sekarang di era digital, semua orang menerapkan metode bisnis yang lebih maju. Tak seperti dulu orang yang harus bertemu langsung antara penjual dan pembeli supaya terjadi transaksi. Saat ini semua orang bisa melakukannya dengan online. Ini ditandai dengan munculnya raksasa eCommerce yang terkenal di dunia, seperti Alibaba, Lazada, eBay, dan lain sebagainya. Bahkan yang terkenal lainnya adalah Amazon yang juga melakukan hal serupa.

Ini juga ditunjukan oleh Pemerintah melalui Kemenkominfo yang menyatakan bahwa pertumbuhan eCommerce nantinya di tahun 2020 akan bisa mencapai angka 130 Miliar Rupiah didalamnya. Dari sini bisa dilihat bahwa trend transaksi jual beli terlah berubah dari sistem offline atau tatap muka antara pembeli dan penjual, berubah menjadi sistem yang lebih fleksibel, yakni online. Anda ingin sukses dalam bisnis eCommerce juga? Simak panduan lengkap eCommerce berikut ini:

Kategori eCommerce

Panduan Lengkap eCommerce

jejualan.com

Hal awal yang perlu anda ketahui lebih dalam adalah mengenai kategori dari bisnsi eCommerce ini. Simak selengkapnya di bawah ini:

  • Business To Business

Panduan lengkap eCommerce untuk pilihan kategori yang pertama adalah B2B atau dikenal dengan Business To Business, dimana dua pihak yang saling berkepentingan menjalin hubungan bisnis. Biasanya ini dilakukan saat keduanya sudah saling mengenal. Goal-nya adalah kedua belah pihak mendapatkan keuntungan.

  • Business To Consumer

Tahap lanjutan dalam panduan lengkap eCommerce ini adalah B2C. Di sinilah terlihat bagaimana ada keterkaitan antara penjual dan pebisnis itu sendiri. Dalam hal ini konsumen mendatangi penjual dan melakukan transaksi yang signifikan.

  • Consumer To Consumer

Panduan lengkap eCommerce selanjutnya adalah mengenai kategori C2C atau Consumer To Consumer. Di sini yang terjadi adalah sistem barter dimana kedua mitra bisa saling menjual produk yang dimiliki.

  • Consumer To Business

Terakhir adalah kategori yang cukup unik, yakni Consumer To Business. Di sini salah satu pihak berinisiatif untuk mencari terlebih dahulu, yakni konsumen yang mencari penjual untuk mendapatkan produk atau jasa yang diinginkan.

Opsi Kegiatan eCommerce

Panduan Lengkap eCommerce

jejualan.com

Sudah siap melaju ke panduan lengkap eCommerce yang selanjutnya? Pastinya anda akan menjawab iya. Dari sini anda bisa melihat ada banyak opsi yang akan bisa anda pilih dan kembangkan nantinya:

  • Online Shopping

Contoh yang paling signifikan dalam hal ini adalah online shopping yang mana sudah mulai menjamur di kalangan banyak orang. Ada banyak toko virtual yang dibangun dan dikembangkan untuk bisnis. Toko virtual ini memiliki sifat yang fleksibel dimana akan mampu menekan biaya instalasi yang biasanya terdapat pada toko fisik.

  • Electronic Payment

Pilihan lain dalam panduan lengkap eCommerce yang bisa diberikan adalah ePayment. Ini adalah sebuah transaksi yang sangat tepat di era modern. Dimana semua orang ingin mendapatkan kemudahan dalam melakukan pembayaran yang ada didalamnya. Semua orang pun juga bisa mendapatkan keuntungan dari ePayment ini sendiri.

  • Lelang Secara Virtual

Istilah ini disebut sebagai virtual auction yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda. Sebuah kegiatan yang sangat istimewa dan dipelopori oleh eBay. Didalamnya banyak orang yang akhirnya mampu mendapatkan keuntungan signifikan. Pasalnya, pembeli bisa mendapatkan produk terbaik dengan cara tawar menawar.

  • Online Ticketing

Pilihan lain dalam kegiatan eCommerce adalah bagaimana anda melakukan transaksi jual beli tiket yang bisa dilakukan secara online. Dengan melakukan semuanya secara online sudah pasti akan lebih mudah didapatkan dengan signifikan. Ditambah lagi, anda pun akan bisa mendapatkan semuanya dengan lebih baik ketika ingin pergi nonton konser, ke tempat wisata, mencari tiket pewasat, dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi selain beberapa yang disebutkan di atas terkait opsi dari kegiatan eCommerce yang bisa dilakukan di era modern saat ini.

Cara Distribusi eCommerce

Panduan Lengkap eCommerce

jejualan.com

Panduan lengkap eCommerce berikutnya adalah terkait cara untuk melakukan distribusi terhadap produk terkait yang ada didalamnya. Ada  banyak yang menyediakan metode signifikan itu sendiri, yaitu:

  • Pure Click

Panduan lengkap eCommerce yang satu ini berkaitan dengan metode distribusi pure click yang pasti sudah sangat familiar dan bisa anda temukan dari berbagai pilihan yang ada didalamnya, yakni lewat lokasi virtual.

  • Brick And Click

Terkait pilihan distribusi yang satu ini, pelaku usaha tidak hanya memiliki toko secara virtual saja, tapi juga memilikinya secara real dan terdapat lokasi fisik yang ada didalamnya.

  • Click To Brick

Metode lainnya dalam panduan lengkap eCommerce ini adalah bagaimana sejumlah retailer tersebut mulai membuka usaha mereka dan menjadi suplemen untuk bisnis mereka sendiri, dalam hal ini menjadi produsen yang tepat.

Cara Mempersiapkan eCommerce

Panduan lengkap eCommerce berikutnya adalah terkait mengenai bagaimana anda akan mempersiapkan toko tersebut untuk bisa menjadi lebih sukses lagi. Di sini anda bisa mencoba melakukan beberapa penerapan yang tepat guna mencapai hasil yang lebih baik didalamnya. Dengan mempersiapkan semuanya dari sekarang, sudah pasti akan lebih banyak yang dapat dan mampu anda capai itu sendiri. Menyiapkan sebuah eCommerce yang sukses memang membutuhkan perjuangan, tapi kini anda akan bisa melakukannya dengan mudah dan tepat.

  • Siapkan Website Anda

Tahap awal dalam panduan lengkap eCommerce sudah pasti adalah menyiapkan website anda. Jangan lupa untuk menggunakan layanan jasa web hosting yang tersedia. Dengan memaksimalkan toko yang anda miliki, sudah pasti hal tersebut akan bisa memberikan lebih banyak lagi manfaat dan keunggulan yang ada didalamnya.

  • Siapkan Niche Yang Tepat

Niche yang juga perlu diperhatikan adalah terkait bagaimana anda mengidentifikasi pasar yang anda miliki tersebut. Didalamnya, sudah pasti akan lebih banyak lagi hasil yang akan bisa anda capai didalamnya. Inilah yang pastinya akan mampu memberikan hasil tepat dan terbaik itu sendiri. Anda pun akan mampu memperoleh segmentasi yang lebih baik.

  • Buat Inovasi Yang Berbeda

Panduan lengkap eCommerce yang juga sebaiknya anda terapkan adalah menciptakan sebuah inovasi yang berbeda. Tentu saja untuk bisa mendapatkan itu semua, anda wajib untuk membuat sesuatu yang baik dan benar-benar unik. Dengan menawarkan sesuatu yang unik dan beda, sudah pasti ini akan mampu mendatangkan hasil yang lebih istimewa dan terbaik lagi didalamnya. Untuk bisa meraih yang nanmanya sukses juga akan bisa diterapkan dengan lebih mudahnya.

  • Menerapkan Teknik SEO Yang Tepat

Panduan lengkap eCommerce juga berkaitan dengan bagaimana toko anda mudah dicari dan terindex di Google dengan lebih mudah. Dalam hal ini, anda bisa menciptakan sebuah teknik SEO yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan saat ini. Tujuannya adalah membuat usaha anda berkembang dan semakin mudah dikenal semua orang.

Baca Juga: 9 Strategi Memulai Bisnis Kekinian Secara Jitu dan Tepat

Send Comment