Di masa sekarang ini, membuat website merupakan sebuah hal yang mudah. Anda tak harus memiliki kemampuan coding mumpuni untuk membuat website sebuah website yang mumpuni. Termasuk membuat website toko online. Anda hanya tinggal mendaftar di penyedia hosting terbaik, dan ya, tak lama kemudian website Anda sudah dapat digunakan.

Tetapi apakah hanya sampai di situ? Tentu saja tidak. Dunia website adalah sebuah tempat di mana persaingan terjadi dengan ketat. Baik itu blogging, forum, maupun website toko online. Persaingan yang terjadi adalah untuk mendapatkan pengjunjung sebanyak mungkin. Karena itulah, sebagai pemilik website, Anda wajib mengetahui cara membuat artikel SEO friendly.

Sebenarnya, untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari, terutama Google bukanlah suatu hal yang sulit tapi cukup menantang. Bukan hal yang sulit jika Anda mengetahui cara mengoptimasi halaman website. Apalagi materi tentang SEO begitu mudah ditemukan di internet. Baik berbentuk ebook, ataupun artikel-artikel pendek.

Mengapa Perlu SEO Friendly Sekaligus Human Friendly

parameter artikel SEO friendly

Anda mungkin telah kenyang melahap banyak materi tentang artikel yang SEO friendly, human friendly, dan sejenisnya. Bahkan mungkin tak sedikit orang yang merasa jenuh karena selalu dibayang-bayangi kedua dogma diatas. Terutama kala ingin menulis artikel yang menarik.

Patut Anda ketahui, bahwa kata-kata menarik sendiri memiliki definisi yang sangat luas, bahkan cenderung abstrak. Ada banyak parameter yang harus ada di sana. Belum lagi jika ditinjau dari sisi SEO, bisa jadi artikel yang menarik adalah artikel sesuai dengan syarat-syarat dari mesin pencari. Dan, belum tentu menarik dari sisi manusia.

Ada satu hal yang harus Anda ingat adalah, Anda membuat tulisan untuk pembaca manusia, bukan untuk mesin. Sebagai informasi, Google memanfaatkan perilaku pembaca untuk menentukan peringkah website di halaman hasil pencarian. Hanya pembaca manusia yang dapat mengetahui kualitas sebuah tulisan. Jika bagus, para pembaca ini akan membacanya hingga selesai.

Lalu Google akan membaca perilaku ini sebagai data. Data tentang perilaku pengguna lantas digunakan untuk menentukan ranking. Semakin lama waktu yang diahabiskan pembaca di artikel Anda, itu tandanya pengunjung betah. Hal ini aka dinilai Google sebagai perilaku yang positif.

Oleh karena itu, Anda harus bisa membuat artikel yang SEO friendly sekaligus human friendly. Lantas, bagaimana cara membuat artikel yang SEO friendly sekaligus human friendly? Apa saja paramaternya?

Baca Juga : Cara Menentukan Strategi SEO Untuk Bisnis Pemula 

Standar artikel SEO Friendly

Artikel SEO Friendly memiliki standarnya tersendiri. Standar-standar umum tersebut antara lain seperti pemilihan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi, penempatan keyword pada judul, keyword density, dan variasi lainnya.

Selain SEO friendly, sebagai pemilik website Anda juga harus membuat artikel yang human friendly, artinya, yang mudah dibaca oleh manusi.

Parameter Artikel SEO Friendly dan Human Friendly

Sebuah artikel dapat dikatakan human friendly apabila enak dibaca. Setiap kalimatnya mengalir dengan alami. Meskipun demikian aturan-aturan baku seperti harus memuat kata kunci tertentu tetap harus terpenuhi.

Sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk dapat mengolah sebuah tulisan agar dapat mudah dipahami oleh pembaca. Juga, tidak terkesan memaksa untuk menyisipkan kata kunci. Usahakanlah untuk membuat artikel yang padat, to the point, dan tidak banyak basa-basi. Kurangilah kalimat-kalimat panjang dan berbelit-belit.

Berikut ini adalah parameter artikel SEO friendly dan human friendly:

1. Mempelajari Karakter Pembaca

parameter artikel SEO friendly

Sebelum memuali menulis artikel, Anda harus mengetahui seperti apa karakter pembaca Anda. Misalnya, berapa rentang usianya, gender, dan lain sebagainya. Apa tujuannya?

Tentu saja agar Anda bisa menentukan gaya penulisan apa yang seharusnya dipakai. Apakah Anda menggunakan tulisan bergaya formal, atau gaya penulisan yang casual nan ringan. Untuk mempelajari karakter pembaca, Anda bisa menggunakan tools, seperti Google Analytics.

Dari data Google Analytics, Anda akan tahu siapa saja pembaca Anda, berapa rentang usianya, hingga dari mana mereka berasal.

2. Judul yang Spektakuler

Bukan, maksudnya, Anda tidak perlu membuat judul artikel yang heboh. Yang harus Anda lakukan adalah membuat judul yang mengundang klik. Tetapi jangan sampai mengandung click bait. Artikel clickbait hanya akan membuat pembaca Anda merasa tertipu.

3. Gambar, Subheader, dan List

Adanya gambar sangat berguna untuk menambah detail pada artikel. Ini akan memberikan manfaat agar artikel Anda tidak hanya berisi teks saja. Akan sangat monoton rasanya.

Lalu jangan lupa juga gunakan header. Penggunaan header bertujuan untuk menyiasati artikel yang panjang menjadi bagiann yang kecil-kecil. Pun, Anda juga bisa menggunakan list-list agar artikel lebih mudah dibaca.

4. Jenis, Ukuran Font, dan Jarak Antar Baris

Hal detail seperti jenis dan ukuran font juga harus Anda perhatikan saat menulis sebuah artikel. Apalagi jika Anda menulis artikel SEO. Pilihlah jenis font yang tidak terlalu kecil.

Jangan lupakan juga jarak antar baris pada satu paragraf. Satu baris cukup 2-3 baris. 4 baris itu sudah maksimal. Ini berguna dari sisi kenyamanan pembaca. Agar pembaca tidak malas mendadak karena jarak antar baris yang sangat rapat.

5. LSI Keyword

Latent Semantic Indexing atau LSI keyword adalah kata-kata atau kalimat yang dianggap relevan secara semantik. Semantik artinya kata kunci tersebut memiliki padanan kata. Anda juga dapat memasukkan kata-kata yang memiliki makna sama ke dalam artikel. Tujauannya tak lain adalah agar artikel Anda mendapatkan ranking dalam long tail keyword.

Selain itu, LSI keyword berguna untuk menunjang kata kunci utama agar lebih banyak variasi.

6. URL, Meta Description

parameter artikel SEO friendly

Untuk URL, tulislah URL yang tidak terlalu panjang, mengandung keyword. Penulisan meta deskripsi juga sama dengan penulisan judul artikel. Usahakanlah menulis kalimat yang mengundang klik. Dan, jangan lupa untuk menyisipkan kata kunci, minimal satu kata kunci.

7. Menyisipkan Tautan Internal

Tautan atau link internal memiliki peran layaknya navigasi. Tautan internal berguna untuk membantu pembaca agar mereka lebih mudah saat melakukan eksplorasi artikel atau konten lain yang berada di website Anda. Dari sisi SEO pun, tautan internal juga dapat berguna untuk menaikkan posisi website Anda di search engine resul page.

8. Lengkapi Detail dan Tingkatkan Kualitas Artikel

Sebelum bertarung dengan para pesaing, Anda harus memiliki amunisi yang cukup. Tingkatkan kualitas artikel Anda. Makin bagus artikel Anda, pembaca akan semakin puas.

Hanya dengan membaca artikel Anda, semua pertanyaan mereka akan terjawab. Dan pastikan Anda memberikan informasi yang jelas, tidak sepotong-sepotong.

Kesimpulan

Itulah tadi parameter artikel SEO friendly. Semoga dengan informasi ini, Anda tak hanya memahami cara membuat artikel yang bagus, tetapi sekaligus memahami parameter artikel SEO friendly sekaligus human friendly.

Go digital sekarang juga dengan website toko online Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Send Comment