Search engine optimization atau SEO adalah salah satu bagian digital marketing yang banyak digunakan para pebisnis untuk menaikkan usahanya. Penggunaan SEO ini tak hanya dilakukan oleh mereka para pebisnis professional. Namun juga para pebisnis yang baru memulai alias pemula. Tujuan dar SEO adalah membuat website Anda berada di peringkat tinggi pada mesin pencari dan menyajikan konten pada target yang tepat. Meskipun demikian, pastikan Anda mengutamakan konten Anda untuk dibaca pengguna, bukan dibaca oleh mesin. Ingatlah tujuan Anda menyajikan konten untuk audiens, bukan untuk mesin atau bot dari Google. Mereka hanyalah alat. Artikel ini akan mejabarkan pada Anda para pembaca blog Jejualan strategi SEO untuk bisnis online. Simak ulasannya sampai habis.

Riset Kata Kunci

Aspek pertama yang harus Anda lakukan dalam strategi SEO untuk bisnis online adalah riset kata kunci. Ini sangat penting karena akan menentukan identitas brand atau produk Anda nantinya. Terdapat 5 tahap yang bisa Anda laksanakan pada saat riset kata kunci. Berikut tahapan riset kata kunci yang patut Anda ketahui:

  1. Memilih kata kunci yang tepat

Kata kunci adalah kata-kata di website yang kemungkinan besar dicari oleh orang-orang. Pilihlah beberapa kata kunci yang relevan dengan tema website Anda. Jika Anda adalah pebisnis pemula dengan anggaran minim, Anda bisa meminta pertimbangan teman dekat Anda dan dengarkan saran mereka.

Strategi SEO Untuk Bisnis Online

Cara lain yang bisa Anda tentang riset kata kunci adalah mengunjungi marketppace atau toko online yang produknya mirip dengan milik Anda. Pelajari kata-kata yang digunakan pada nama produk dan deskripsinya. Atau juga, Anda juga bisa bergabung di forum online yang relevan dengan website Anda. Perhatikan diskusi yang sedang populer untuk mencari inspirasi. Dan tetap konsisten pada kata kunci Anda.

  1. Membandingkan Kata Kunci Anda menggunakan Google Adwords

Sebenarnya, Google Adwords lebih ditujukan untuk mereka yang ingin beriklan. Tapi tools ini banyak digunakan para pemilik website untuk mencari tahu seberapa sering keyword mereka dicari dalam rentang waktu tertentu.

Untuk bisa menggunakan Google Adwords, Anda harus mendaftar terlebih dahul, kemudian masuk ke tool Keyword Planner. Gunakan tool yang tersedia disana untuk mempersempit pencarian Anda.

  1. Memilih Opsi Kata Kunci

Dari hasi Keyword Planner, silakan simak Average Monthly Volume. Anda bisa melihat mana keyword yang mencapai target Anda dan mana yang tidak. Hal ini sangat bergantung pada bagaimana Anda mengkombinasikan kata kunci tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait hal ini adalah:

  • Kata kunci untuk homepage harus memiliki ribuan pencarian setiap bulan.
  • Kata kunci untuk halamam produk atau posting blog harus memiliki volume ratusan pencarian.
  • Jika volume pncarian dibawah 100, berarti situs web Anda mungkin bisa berada di peringkat teratas untuk hasil pencarian tema tersebut. Namun kin akan berguna jika memang Anda membangun berniat membangun komunitas khusus atau menjalankan bisnis dengan transaksi yang kecil.
  1. Mempelajari Kompetitor

Setelah mengerucutkan pencarian kata kunci, bukan berarti tugas Anda telah selesai. Jika ada perusahaan yang lebih besar dengan website bagus dan bertarget sama dengan Anda, kemungkinan Anda kalah sangat tinggi.

Silakan keluar dari akun Google Anda untuk memastikan pencarian tadi tidak disesuaikan dengan Anda. Cari setiap keyword secara terpisah di mesin pencari untuk mendapatkan gambaran persaingan saat ini. Berikut tanda-tanda kata kunci Anda berada pada persaingan berat:

  • Lebih dari 10 juta hasil pencarian
  • Website terkenal muncul di bagian teratas hasil
  • Kata kunci yang tepat muncul di sebagai judul beberapa hasil teratas
  1. Menggunakan keyword dengan Bijak

Keyword stuffing atau memasukkan kata kunci sebanyak mungkin pada postingan bukan lagi cara yang tepat untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. Gunakan kata kunci beberapa kali di awal halaman dan tempat lain yang relevan.

Optimasi SEO

Selanjutnya yang Anda lakukan adalah optimasi SEO. Berikut lima trik yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi SEO:

  1. Memilih Judul yang Jelas dan Unik

Setiap halaman di website Anda sebaiknya memiliki judul unik. Tahukah Anda bahwa setiap mesin pencari menampilkan judul halaman ketika menampilkan hasil pencarian. Ia juga dapat menggunakan judul untuk mencari tahu tentang halaman tersebut. Sangat baik menuliskan judul yang menggambarkan isi konten secara akurat. Pertahankan judul unik tersebut karena mesin pcari akan memotong judul dari halaman hasil setelah jangka waktu tertentu.

  1. Tulis Deskripsi yang Akurat

Anda harus menuliskan deskripsi yang jelas dan mudah dibaa orang. Fokuslah pada halaman yang enak dibaca pengguna manusia, bukan bot mesin pencari. Berikut cara menuliskan desripsi meta.

  • Tulisakan 2 sampai lima kalimat untuk mendeskripsikan tentang halaman tersebut. Hal ini sangat membantu kemunculan halaman di hasil pencarian.
  • Tambahkan header jika halaman tersebut terdiri dari bagian yang panjang. Contoh header adalah H1, H2, dan seterusnya.
  1. User Friendly

Sebuah website terdiri dari halaman yang banyak. Bot mesin pencari dan pengunjung harus dapat dengan mudah menemukan halaman yang mereka cari. Karena itulah website yang user firendly menjadi salah satu kunci strategi SEO untuk bisnis online. Berikut kiat untuk memudahkan navigasi:

  • Atur direktori website. Setiap folder dalam website Anda harus memiliki nama yang jelas.
  • Pastikan tidak ada link yang mati di dalam website Anda.
  • Tambahkan navigasi “backwards” di setiap halaman, agar pengunjung bisa dengan mudah kembali ke halaman sebelumnya.
  1. Submit Sitemap di Mesin Pencari

Mengumpulkan peta situs ke masin pencari adalah sebuah keharusan agar mesin pencari dapat mengindeks website Anda. Peta situs akan membuat halaman dalam website Anda menjadi semakin terorganisasi dengan baik. Anda bisa mengirimkan peta situs berformat XML ke Google Webmaster ataupun Bing.

  1. Jangan Lakukan Hal Berikut Ini:

  • Menggunakan kata kunci sebagai anchor text (teks yang disisipi tautan)
  • Menambahkan kata kunci yang tidak terlihat oleh pengguna
  • Menggunakan kata kunci yang tidak relevan

Perhatikan Kualitas Konten

Dalam SEO, konten adalah raja. Artinya, Anda harus membuat konten yang bagus. Bagus disini tak melulu bagus secara visual, namun juga harus relevan dan enak dibaca. Berikut yang Anda perhatikan tentang konten:

  1. Mudah Dibaca

Ingat, konten Anda ditujukan untuk manusia, bukan untuk bot. Banyak orang membuat kesalahan dengan berupaya maksimal membuat konten agar mendapat peringkat SEO yang bagus, alih-alih bermanfaat untuk pembaca manusia. Oleh karena itu Anda harus menggunakan tata bahasa yang benar dan isinya harus relevan.

Strategi SEO Untuk Bisnis Online

  1. Obyektif dan Jujur

Obyektif dan jujur sangat penting dalam dunia bisnis. Kepercayaan pelanggan akan Anda dapatkan. Berikut tips untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan:

  • Jelaskan bagaimana produk yang Anda jual berbeda dari competitor dan mengapa produk Anda lebih baik, tanpa menjatuhkan pesaing.
  • Jujurlah tentang produk yang Anda review. Beritahu audiens tentang kelebihan dan kekurangan produk.
  • Mengelola interaksi yang bagus dengan pelanggan.
  1. Mobile Friendly

Pesatnya teknologi seluler membuat pengakses internet dari perangkat mobile semakin tinggi dari tahun ke tahun. Sangat penting untuk membuat pengunjung berlama-lama di website Anda dengan tampilan mobile yang ringan dan navigasi yang mudah.

  1. Perhatikan Link

Ada dua hal yang harus Anda perhatikan terkait link atau tautan. Lihatlah website yang menutkan kontennya pada konten Anda. Jika Anda menemukan link yang mati, hubungi pembuat halaman dan sarankan mereka mengganti artikel dengan sesuatu yang relevan.

Kedua, jangan pernah membeli backlink. Jika mesin pencari mendeteksi hal ini, mereka bisa memberi penalty yang berakibat buruk pada website Anda.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Media social saat ini memiliki peran penting di mesin pencari. Salah satu kuci kesuksesan SEO tak hanya tentang bagaimana cara membuat konten yang bagus, namun juga layak untuk dibagikan. Jadi, Anda harus mengelola media social secara serius.

Strategi SEO Untuk Bisnis Online

Kesimpulan

Menentukan strategi SEO untuk bisnis online sangat penting. Ada cara yang harus dilakukan untuk memenangkan persaingan. Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru. Pilihlah penyedia website toko online yang memiliki fitur SEO untuk mendukung pelanggannya. Jejualan melayani pembuatan toko online yang murah, keren dan profesional. Tunggu apalagi, buat toko online Anda sekarang!

Send Comment