Pesimisme kunci sukses wirausaha tak melulu menjadi hal yang negatif. Banyak orang yang selalu berusaha menyemangati dirinya bahwa dia pasti bisa dan mendapatkan apa yang diinginkan. Sayangnya mereka tidak memahami bahwa apa yang harus dicapai dalam kesuksesan tersebut haruslan mampu dilakukan dengan tepat. Banyak dari mereka yang melakukan riset dan segala cara untuk membuat bisnis sukses, tapi dibarengi dengan sifat optimis berlebihan. Hasilnya, ini akan membuat mereka tidak mampu berpikir realistis. Sebuah riset yang diterbitkan oleh European Journal Economic Review memperlihatkan bahwa mereka yang mengalami kegagalan adalah orang yang terlalu optimis. Pada dasarnya optimis memang penting dan perlu.

Tapi jika terlalu optimis pun hal ini akan berimbas pada masalah. Tujuan yang akan dicapai pun menjadi kurang realistis. Hal inilah yang nantinya akan menyebabkan berbagai macam masalah yang akan bisa datang silih berganti. Oleh karena itu, sikap semacam ini memang harus dihindari sejak dini. Malah sebaiknya sikap yang sebaliknya yang harus dipupuk terlebih dahulu, yakni sikap pesimisme. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa sebanyak 50% pebisnis yang bertahan dalam lima tahun pertama adalah mereka yang lebih mengutamakan sikap yang waspada dan juga tidak terlalu optimis.

Pesimisme Kunci Sukses Wirausaha

jejualan.com

Hasil Riset Pesimisme Kunci Sukses Wirausaha

Pesimisme kunci sukses wirausaha dilakukan berdasarkan riset terhadap 600 lebih wiraswasta. Data tersebut diteliti selama kurang lebih 18 tahun. Dalam hal ini penelitian mengacu pada karakter dan watak para wirausaha tersebut. Dari sini ada beberapa yang didapati memiliki sikap yang realistis dan ada juga yang terlalu termotivasi dan tidak sesuai dengan target yang diinginkan. Ini adalah sebuah hal yang sangat penting. Dengan sikap optimism yang mantap maka anda pun akan bisaa mendapatkan sukses dengan mudah. Tapi sebetulnya sikap realistis itu juga perlu.

Hasilnya seperti apa? Setelah penelitian tersebut berlangsung dalam kurun waktu yang ditentukan, ditemukanlah bahwa mereka yang cenderung pesimis malah memiliki tingkat keberhasilan dan kesuksesan yang lebih tinggi ketimbang mereka yang bersikap terlalu bersemangat di dalamnya. Dengan kata lain, ini menjadi sesuatu yang penting mana kala anda ingin mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Pesimisme memang tak selalu menjadikan sesuatu menjadi buruk, tapi ada kalanya itu membuat kita berpikir secara realistis secara signifikan.

Pakar yang bernama Dr Chris Dawson pun mengatakan bahwa pesimisme memiliki sebuah proyeksi yang tak selamanya buruk. Kenapa? Karena jika itu digabungkan dalam pemikiran sebagai kewirausahaan, akan terlihat bahwa mereka bisa melindungi diri dari risiko yang terjadi. Berpikir tentang hal negatif yang bisa saja terjadi akan membuat seseorang waspada. Hasilnya, risiko yang datang pun juga bisa diminimalisir.

Bolehkah Memiliki Impian Yang Tinggi?

Pesimisme kunci sukses wirausaha adalah kunci dalam hal ini. Jadi jika anda berpikir bahwa bolehkan kita memiliki impian yang tinggi, hal tersebut mengacu pada bagaimana diri anda tersebut menjalankannya. Pada dasarnya memang sangat mudah dalam menerapkan apa yang diinginkan jika kita memiliki kemauan, tapi impian tersebut juga harus dibarengi dengan pola pikir yang signifikan. Sudah pasti hal tersebut akan membawa dampak yang bagus selama anda tahu bagaimana cara meminimalisir terjadinya risiko dengan selalu bersikap waspada didalamnya.

Pesimisme Kunci Sukses Wirausaha

jejualan.com

Dengan adanya sikap pesimisme kunci sukses wirausaha, maka pengusaha tersebut akan bisa berpikir dari sisi defensif. Dengan cara tersebut, anda akan selalu berhati-hati dalam bertindak. Dalam berbisnis sebagaimana yang kita ketahui, manajemen risiko itu juga sangat perlu. Dengan adanya manajemen risiko yang baik, sudah pasti akan banyak manfaat yang akan bisa anda capai didalamnya. Hal tersebut akan memudahkan anda dalam mendapatkan semua keuntungan yang anda inginkan tersebut. Disinilah anda akan bisa mengetahui bahwa setiap mengambil kebijakan apapun dalam bisnis, risiko itu pasti ada. Dengan adanya manajemen risiko yang bagus, setidaknya anda akan bisa meminimalisir timbulnya masalah atau hal yang tidak perlu terjadi. Ini juga akan mampu mendatangkan kepada anda insting yang baik dalam bisnis.

Untuk bisa mendapatkan raihan pesimisme kunci sukses wirausaha yang tepat, anda akan mampu mencapai semuanya dengan mudah. Jika anda ingin menjadi sukses, anda tidak boleh sembarangan dalam melangkah. Apalagi dalam hal bisnis. Karena ini juga akan menyangkut jumlah uang yang anda keluarkan nantinya. Semakin besar risiko bisnis yang ada di depan mata maka semakin besar pula uang yang akan anda korbankan nantinya. Inilah yang akan mampu membuat anda lebih waspada dalam bertindak.

Pesimis Terkadang Sama Dengan Realistis

Memiliki harapan dan impian mendapatkan profit dan keuntungan besar dalam bisnis adalah hal yang diinginkan semua orang. Tapi untuk bisa mencapai semuanya, apakah anda bisa berpikir secara realistis? Hal tersebut akan bisa anda terapkan dengan mengaplikasikan metode yang tepat dalam melakukannya. Dari sinilah semuanya itu akan bisa anda peroleh dan dapatkan dengan mudahnya. Hal tersebut juga akan mampu memberikan kepada anda manfaat yang lebih banyak lagi. Sebuah sikap yang waspada itu lebih baik ketimbang anda gegabah dalam bertindak. Hal ini akan membuat anda merugi nantinya. Sudah pasti itu semua akan membawa kepada anda banyak kerugian nanti.

Pada dasarnya opstimis dan bekerja keras, lalu punya motivasi yang besar itu boleh saja. Tapi juga harus anda barengi dengan cara berpikir yang tepat. Jika anda mampu berpikir dengan tepat dan cermat, sudah pasti hal tersebut akan mendatangkan kepada anda lebih banyak manfaat signifikan yang ada didalamnya. Hal inilah yang akan membawakan kepada anda banyak sekali keuntungan. Pada saat anda mampu berpikir bahwa semua terkadang tidak berjalan sesuai dengan rencana, maka anda akan berupaya untuk melakukan yang terbaik kedepannya nanti.

Pesimisme Kunci Sukses Wirausaha

jejualan.com

Baca Juga: Cara Mengembangkan Rencana Pemasaran Blog

Dengan adanya sikap yang pesimis tersebut maka anda akan mampu mendapatkan semua yang anda butuhkan. Anda akan bisa memikirkan bahwa bisnis tersebut akan bisa berjalan dengan mulus atau tidak dengan rencana yang sudah anda susun dengan baik. Dalam hal ini, anda pun akan bisa sukses mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya. Inilah yang akan mampu memberikan anda inspirasi dan cara bertindak saat anda menemukan masalah dalam bisnis anda. Pada dasarnya tidak ada satu pun bisnis yang tanpa kendala. Perlu anda ketahui bahwa semua bisnis itu pasti memiliki kendalanya masing-masing.

Kesimpulan

Jadi tanampak sekarang juga mindset pesimisme kunci sukses wirausaha tersebut. Kenapa? Karena hal ini demi kebaikan anda sendiri. Dalam hal tersebut, anda akan bisa bertindak dengan lebih baik dari sebelumnya. Anda pun akan mampu mendapatkan sendiri semua manfaat yang akan bisa anda capai seiring dengan berjalannya bisnis anda. Jika anda sukses nanti, anda akan bisa merasakan arti sebenarnya dari perjuangan dalam bisnis supaya menuju sukses.

Send Comment