Anda mempunyai laci yang penuh dengan berbagai jenis makeup yang tidak terpakai? Tenang saja, Anda tidak sendirian, kok! Mungkin ada shade lipstik yang Anda beli karena saat itu ‘lapar mata’, ada juga foundation dari toko online yang kenyataanya dari warnanya kurang pas, atau produk skin care yang membuat kulit Anda breakout, serta masih banyak alasan lainnya. Alhasil, bukannya membawa manfaat, produk-produk kecantikan tersebut hanya mengendap dan membuat laci Anda penuh saja. Duh, sayang sekali kan, ya! Padahal, sebenarnya ada, lho, cara cermat untuk belanja produk kecantikan supaya tidak terbuang sia-sia. Yuk, simak di bawah!

1. Buatlah Rencana

Ingat! Semuanya berawal dari basic atau dasar. Anda membutuhkan rencana untuk melakukan sesuatu, rencanakan produk kecantikan apa saja yang ingin anda beli sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan hanya mengetikkan url toko online dan menelusuri tanpa mengetahui dengan pasti apa yang sebenarnya Anda cari. Anda tidak ingin kecewa setelah berbelanja, bukan?

2. Buatlah Beberapa Daftar Produk Sebelum Membeli

jangan terpengaruh dengan produk kecantikan

Jejualan

Buatlah daftar yang spesifik! Contohnya, jangan hanya menaruh foundation pada sebuah keranjang belanja anda tetapi lihatlah dahulu bagaimana teksture dari foundation tersebut dan hasil yang anda inginkan. Dalam hal ini, anda bisa mencari dengan kata kunci produk kecantikan seperti foundation Matte Finish & Dewy Finish. Hal ini akan menghemat waktu dan uang Anda.

3. Tau Dimana Untuk Berbelanja

Jangan membeli produk kecantikan pada toko pertama yang anda kunjungi. Anda perlu mencari lebih banyak tentang beauty online store dan jangan lupa membaca review dari berbagai pembeli. Lihat peringkat pada setiap toko online yang anda kunjungi.

Temukan informasi sebanyak yang Anda butuhkan seperti kebijakan pengembalian barang mereka (Bagaimana jika Anda berubah pikiran? Bagaimana jika segel rusak?), Biaya pengiriman dan promo sesekali yang mungkin mereka tawarkan. Anda dapat membeli di situs sociolla.com.

4. Kenalilah Diri Anda

kenali kulit anda sebelum membeli produk kecantikan

Jejualan

Sebelum Anda memulai mencari tahu tentang toko mana yang akan dibeli, mulailah mencari tahu tentang diri, apa yang cocok untuk diri anda terlebih dahulu. Khususnya, untuk foundation. Jika anda ingin membeli produk kecantikan secara online, anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana tipe kulit anda (dry, oily, etc), warna kulit (fair, medium or dark) dan hasil akhir yang anda inginkan akan sesuai dengan kulit anda (dewy or matte).

Kiat penting : jika kulit Anda kering, suka atau tidak, alas bedak dengan lapisan akhir yang berembun akan lebih cocok untuk Anda.

5. Jangan Mudah Terpengaruh

Jika Anda sama seperti saya, mungkin ada beberapa produk kecantikan yang Anda miliki yang merupakan hasil ‘teracuni’ feedback positif oleh beauty influencer. Sebut saja seperti Pond’s Magic Powder BB, Aloe Vera Gel, hingga sabun cair antiseptik Betadine yang disebut-sebut berkasiat mampu untuk mengurangi jerawat.

Padahal, perlu Anda ketahui, apa yang bagus digunakan oleh orang lain belum tentu akan berefek dan hasil yang sama pada kulit Anda, lho! Banyak berbagai faktor yang mempengaruhi bagiamana sebuah produk bekerja pada kulit, seperti pada jenis kulit Anda sendiri, kandungan dari produk kecantikan tersebut, dan masih banyak lagi.

6. Cari Review Selengkap-lengkapnya

cari review dari produk kecantikan tersebut

Jejualan

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui kualitas dari suatu produk kecantikan tentu dengan cara mengecek review atau ulasannya terlebih dahulu. Hanya dari sebuah review, Anda bisa mendapatkan gambaran umum apakah produk tersebut sudah sesuai dengan keinginan Anda atau belum. Misalnya dari segi warna, aroma, tesktur, pigmentasi, atau daya tahan.

Supaya tidak mudah tergiur, Anda juga bisa mempelajari lebih dalam mengenai hal-hal yang harus Anda pertimbangkan saat membaca review produk di sini. Untuk jenis produk kecantikan skin care, pastikan Anda juga sudah benar-benar mengetahui masalah kulit apa yang Anda miliki sebelum anda memutuskan produk untuk mengatasinya, ya! Beda jenis jerawat, beda pula penanganannya.

Baca juga : 6 Tips Cerdas Dalam Belanja Online Barang Berlimpah

7. Kebutuhan > Keinginan

Terkadang, produk dengan warna atau kemasan yang menarik dan instagrammable memang sangat menggoda untuk dibeli dan dibawa pulang. Namun, coba lebih baik Anda pikir-pikir lagi. Memangnya Anda masih membutuhkan lipstik yang berwarna nude, sementara Anda sudah mempunyai 7 lipstik yang berwarna nude di rumah?

Eyeshadow palette dengan warna-warni lucu yang menggemaskan memang sangat menarik. Namun, jika pilihan pada warnanya kurang wearable dan hanya akan dipakai 1-2 kali, yakin Anda masih mau membelinya? Selain karena sayang jika ujung-ujungnya produk kecantikan tersebut tidak terpakai, tentu Anda juga akan dirugikan secara finansial, bukan? Yuk, kurangi kebiasaan menumpuk barang!

Baca juga : Hindari Penipuan Pada Toko Online Dengan Cara Ini

8. Tunggu Waktu yang Tepat untuk Membeli

Jika Anda sudah benar-benar mantap ‘naksir’ dengan sebuah produk kecantikan dan sudah cukup yakin dengan review dari beberapa pelanggan, namun belum terlalu dibutuhkan, lebih baik ditunda dulu, deh! Tempat-tempat berbelanja baik secara langsung seperti mall ataupun secara online seperti Sociolla dan BeautyLink, sering menawarkan berbagai program diskon dan promo yang menarik.

Apalagi saat menjelang hari-hari besar seperti tahun baru, Idul Fitri, Hari Natal, perayaan ulang tahun, dan lain sebagainya. Daripada Anda menyesal karena sudah terlanjur membeli padahal keesokan harinya ada potongan/diskon sebesar 50% atau promo buy 1 get 1, lebih baik tunggu waktu diskon dulu, yuk! Paling tidak, jika produk tersebut ternyata kurang cocok, Anda tidak akan merasa dirugikan banyak, kan?

Baca juga : Tips Aman Berbelanja Online Melali Marketplace dan Toko Online

9. Jangan Dibiarkan Menganggur

Yang namanya produk kecantikan, baik jenis makeup maupun skin care memang ‘cocok-cocokan’. Jadi, bukanlah hal yang tidak mungkin jika pada akhirnya Anda tetap mempunyai produk yang terlanjur terbeli namun tidak digunakan. Sebelum produk tersebut menjadi benar-benar tidak bisa digunakan lagi karena sudah melewati masa kedaluwarsa, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya produk tersebut tidak sia-sia.

Anda bisa mencoba untuk menjualnya kembali dalam keadaan preloved, dalam bentuk share in jar, ataupun Anda bisa juga memberikannya kepada teman yang lebih cocok dengan produk tersebut. Oh iya, beberapa produk makeup bisa dimanfaatkan untuk hal lain selain kegunaanya aslinya, lho! Misalnya seperti Lipstik sebagai blush on atau eyeshadow sebagai highlighter.

10. Pahami Isi Label Produk

Terutama untuk produk kecantikan skin care, pastikan anda mengetahui kandungan yang terdapat di produk tersebut. Misalnya, jika anda memiliki jenis tipe kulit kering, anda harus berlalih ke arah yang berlawanan dengan tipe benzoyl peroxide, yang justru malah dapat menyebabkan kekeringan secara berlebihan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari kami mengenai Tips Cermat Dalam Membeli Produk Kecantikan Secara Online supaya anda bisa menghemat uang anda dan juga produk yang anda beli sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

Jejualan akan secara rutin untuk selalu membagikan berbagai konten informatif untuk membantu pengembangan bisnis toko online anda. Jangan lupa untuk berlangganan artikel pada kami ya. Selain itu juga kami menawarkan jasa pembuatan toko online yang murah dan berkualitas, Lho! Salam Sukses!

Send Comment

Captcha *