Kanca Jejualan tentu sudah tak asing lagi dengan istilah seminar online alias  webinar, bukan? Dapat dikatakan, webinar merupakan salah satu bentuk adaptasi dari seminar offline. Dengan teknologi bernama internet, Anda kini bisa dengan mudah menjadi peserta atau bahkan mungkin menjadi pengisi webinar. Terutama jika Anda adalah seorang pebisnis, karyawan, ibu rumah tangga, hingga pelajar dan mahasiswa yang tak punya banyak waktu untuk bepergian menghadiri seminar. 

Di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, seminar online telah menjadi penyelamat banyak orang yang ingin tetap mendapatkan ilmu baru tanpa harus bertatap muka dalam satu acara. Dan yang namanya seminar online, tentu saja tak lepas dari internet. Sebuah kebutuhan primer manusia modern hari ini. Internet telah memudahkan banyak orang untuk mengikuti seminar secara daring, tanpa harus bertatap muka. 

Diantara banyaknya jenis seminar online, salah satu seminar yang memiliki peminat paling banyak adalah seminar bisnis online. Pada artikel kali ini, kami akan berbagi pada Kanca Jejualan tentang tips jitu mengikuti seminar bisnis online. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Seminar Online atau Webinar? 

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips jitu mengikuti seminar bisnis online, apa yang Anda ketahui tentang webinar, atau seminar online? Webinar adalah sebuah istilah yang diambil dari singkatan antara kata website dan seminar. Secara umum, pengertian webinar sendiri merujuk pada aktivitas seminar yang dilakukan secara online. Metode yang paling banyak digunakan, tentu saja dengan video conference. 

Webinar adalah salah satu media yang cukup efektif untuk belajar secara online. Mengapa bisa efektif? Ya, karena webinar dapat menampung peserta yang sangat banyak, bahkan bisa jadi tanpa batas. Juga tak terikat dengan waktu dan lokasi tempat tinggal. 

Jadi, misalnya Kanca Jejualan tinggal di Gunung Kidul dan ingin mengikuti webinar bisnis yang diadakan oleh Google di Amerika Serikat sana, Anda masih bisa mengikutinya. Paling ya Anda harus begadang karena perbedaan waktu di Gunung Kidul dengan Negeri Paman Sam. 

Baca Juga : Mengenal Social Media Marketing Strategy

Cara Kerja Seminar Bisnis Online 

Lantas, bagaimana cara kerja webinar? Pada seminar konvensional, tentu saja Anda dituntut untuk datang ke lokasi acara. Dan beda halnya dengan seminar bisnis online, Anda tak perlu melakukan hal yang sama. Yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan sambungan internet yang stabil dan siap menunggu dengan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Kalau sudah tiba waktunya, Anda bisa mengikuti seminar bisnis online tersebut dengan orang lain, yang bisa saja berasal dari tempat yang berbeda dengan Anda. Dan ya, Anda bisa mengikuti seminar bisnis online tersebut dari manapun Anda berada, asal terdapat koneksi internet. Dan sebagaimana seminar konvensional, untuk bisa mengikuti seminar bisnis online, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dulu. 

Peralatan yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Mengikuti Seminar Bisnis

Untuk mengikuti seminar bisnis online, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum mengikuti seminar bisnis online: 

  • Laptop atau Smartphone

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk mengikuti seminar online adalah gawai yang digunakan. Penggunaan laptop misalnya. Dengan menggunakan laptop, Anda akan lebih mudah untuk mengikuti webinar atau seminar bisnis online. Lain cerita kalau Anda tidak memiliki laptop, Anda bisa menggunakan smartphone, baik Android ataupun Apple. Tapi penggunaan smartphone akan mengurangi fleksibilitas Anda untuk berinteraksi selama mengikuti webinar. 

  • Browser / Aplikasi 

Untuk bisa masuk ke seminar online yang diikuti, penyelenggara biasanya akan menyertakan tautan yang bisa Anda gunakan ketika waktunya tiba. Untuk membuka tautan ini, tentu Anda harus memiliki browser versi terbaru. 

Atau jika Anda menggunakan smartphone, Anda bisa menggunakan aplikasi video conference yang bertebaran di pasar saat ini. Beberapa aplikasi video conference yang populer saat ini antara lain Zomm, Google Meet, dan Skype. 

  • Koneksi Internet 

Kecepatan internet memberikan pengaruh yang besar pada kenyamanan Anda ketika mengikuti seminar bisnis online. Dengan koneksi internet yang stabil dan cepat, tentu akan memberikan kenyamanan ketika mengikuti seminar. Ya, hal ini karena seminar online menuntut Anda untuk melakukan streaming yang membutuhkan kecepatan internet yang cepat dan stabil. Kalau patah-patah dan tersendat, bukankah Anda sendiri yang akan kesal? 

  • Earphone / Speaker 

Hal lain yang harus Anda persiapkan untuk mengikuti seminar online adalah earphone atau speaker. Jika Anda ingin mendengarkan suara yang jernih saat berlangsungnya seminar dengan jelas, perangkat dengar seperti earphone, headset,dan speaker adalah pilihan wajib. Pastikan perangkat dengar yang Anda gunakan dalam kondisi yang baik dan dapat digunakan. 

  • Email Aktif

Saat melakukan registrasi atau pendaftaran webinar, Anda biasanya diminta untuk memasukkan email yang masih aktif. Email ini akan digunakan untuk melakukan konfirmasi kepesertaan. Jadi, pastikan email yang Anda gunakan saat mendaftar masih aktif. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengikuti Seminar Bisnis Online  

Sebelum memutuskan untuk mengikuti seminar bisnis online, Anda harus memperhatikan beberapa hal ini: 

  1. Pastikan Anda sudah melakukan pendaftaran seminar yang akan diikuti. Umumnya Anda akan diminta untuk memasukkan nama serta alamat email agar bisa mendaftar. 
  2. Setelah selesai melakukan pendaftaran, biasanya link yang berisi tempat seminar akan dikirimkan oleh panitia beberapa saat sebelum acara dimulai. 
  3. Selain itu, hal yang patut Anda ingat adalah kapan webinar tersebut dilaksanakan. Jika perlu, buatlah reminder di smartphone Anda. Jangan sampai Anda malah tidak on time dan tertinggal banyak hal yang disampaikan oleh pemateri selama webinar berlangsung. Bukannya mendapatkan ilmu baru, bisa jadi malah Anda tidak akan memahami apa yang sedang dijelaskan oleh pemateri. Jadi sia-sia bukan, rasanya? 

Manfaat Mengikuti Seminar Bisnis Online 

  • Mendapatkan ilmu tambahan. Inilah manfaat terbesar yang akan Anda dapatkan ketika mengikuti seminar bisnis online. Sebab, Anda akan mendapatkan banyak ilmu dari narasumber yang tentunya ahli dan berpengalaman di dunia bisnis. 
  • Hemat biaya. Berbeda dengan seminar konvensional yang Anda ikuti dari rumah. Ini tentu bisa membuat Anda tak perlu mengeluarkan ongkos lain, bensin atau untuk membayar ojek online, misalnya. 
  • Sangat fleksibel. Anda bisa mengikuti seminar bisnis online dari manapun tempat yang Anda suka. Mau itu di kamar tidur, kafe, atau mungkin di dalam mobil. 
  • Bisa berinteraksi dengan banyak orang. Dengan seminar online, Anda bisa terhubung dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari Sabang sampai Merauke. Bahkan bisa juga dari seluruh dunia sekalipun. 

Penutup 

Mengikuti seminar bisnis online, webinar dan hal positif lain banyak memberikan manfaat. Tak hanya untuk menambah pengetahuan, Seminar online bisa menjadi selingan yang menyenangkan ketika tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan karena hanya dirumah saja. 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.  

 

 

 

Send Comment