Memiliki hobi yang dibayar adalah salah satu pekerjaan yang paling diimpakan banyak orang. Misalnya Anda yang memiliki hobi fotografi. Untuk Anda yang sudah lama menggeluti dunia fotografi, tentu tidak asing dengan cerita orang yang mendapatkan penghasilan dengan menjual fotonya secara online. Dan Anda pun juga bisa melakukannya. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui situs jual foto online terbaik.

Sebagai seorang fotografer, sangat terbuka peluang untuk dapat mendapatkan penghasilan tambahan, atau bahkan peluang karir yang baru. Akan sangat baik bagi Anda jika mengetahui website untuk menjual foto secara online. Apalagi kini profesi fotorgrafer menjadi salah satu yang sangat dicari. Mulai dari fotografer yang masih pemula, hingga yang sudah professional, semua punya pangsa pasarnya masing-masing.

Ada banyak pihak yang saat ini membutuhkan jasa seorang fotografer. Mulai dari brand kecil hingga perusahaan besar, dan perorangan seperti desainer, blogger, dan pekerja bidang kreatif lainnya. Hal ini juga didukung semakin canggihnya software photo editing yang dapat dengan mudah diunduh di internet dan bisa digunakan di banyak perangkat.

Untuk bisa menjaadi fotografer yang sukses menjual foto secara online, setidaknya ada tiga hal yang harus Anda pahami. Pertama, menemukan ceruk pasar, kedua membangun audiens, dan yang terakhir adalah menciptakan beberapa sumber passive income.

Kanca Jejualan, artikel ini akan menjelaskan pada Anda yang ingin terjun ke dunia jual beli foto online alias stock photography, website jual foto online terbaik yang dengan bayaran tinggi. Jadi, baca artikel ini sampai selesai, ya.

Baca Juga : 8 Elemen Mengukur Efektivitas SEO 

Mengetahui Pembeli Foto Anda di Situs Jual Foto Online

5 Situs Jual Foto Online Terbaik Dengan Bayaran Tinggi

Lantas, siapa yang membeli foto Anda di situs jual foto online tersebut? Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang paling banyak diutarakan oleh para fotogrfer yang baru mengetahui dunia foto stock. Sumber pembeli terbesar foto stock yang beredar di internet antara lain para blogger dan para pemilik website.

Ukuran website tersebut juga bervariasi. Mulai dari website dengan traffic yang kecil, hingga website dengan jutaan pengunjung tiap harinya.

Ketika masuk ke situs jual foto online terbaik, Anda juga harus tahu genre foto apa saja yang paling laris. Namun umumnya, kurang lebih ada 7 genre foto dengan penjualan yang paling laris di pasar jual beli foto online. Apa saja? Berikut ini adalah genre fotografi yang paling laris di situs jual foto online yang harus Anda ketahui:

  • Human Interest – foto anak-anak, orang dewasa dengan beragam latar belakang budaya sangat disukai.
  • Orang Bekerja – foto jenis ini sangat populer untuk membuat desain yang berkaitan dengan kehidupan bisnis. Orang yang bekerja denagn gawai, menulis, rapat, dan aktivitas bisnis lainnya.
  • Makanan – foto yang berkaitan dengan makanan, hingga piring kotor bekas makanan juga sangat laris dicari orang.
  • Perkotaan – foto cityscape, gedung, dan lalu lalang orang.
  • Pertukangan – gear dan perkakas bengkel juga sangat disukai. Gear, palu, bor, dan baut-baut.
  • Pemandangan alam – jenis foto gunung, laut, hutan, dan sungai adalah salah satu yang paling populer.
  • Traveling – foto-foto yang mengabadikan aktivitas liburan punya pasar sendiri yang cukup besar.

Situs Jual Foto Online Terbaik Dengan Bayaran Tertinggi

Bisnis jual foto online memiliki peluang dan prospek yang bagus. Untuk itu, Anda harus tahu situs jual foto online terbaik. Perhatikan juga seberapa besar pendapatan yang akan Anda dapatkan dari sana. Berikut ini adalah daftar situs jual foto online dengan bayaran tinggi.

1. Shutterstock

5 Situs Jual Foto Online Terbaik Dengan Bayaran Tinggi

Di daftar pertama situs jual foto online dengan bayaran tinggi adalah Shutterstock. Tentu sulit untuk tidak menyebutnya sebagai yang pertama. Shutterstock adalah situs jual foto online terkemuka, yang telah diandalkan banyak fotografer yang berkecimpung di dunia stock photography.

Menurut catatan, situs yang satu ini telah mengeluarkan uang lebih dari satu miliar dollar untuk membayar kontributornya dalam 15 tahun terakhir. Tak hanya mendapatkan pendapatan tambahan, benefit lain adalah foto Anda akan dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Royalti yang akan didapatkan kontributornya berkisar 20% sampai 30% dari setiap penualan foto. Tak hanya menjual foto, Anda juga bisa mengikuti program afiliasi untuk mendapatkan pendapatan tambahan, dari setiap kontributor baru yang mendaftar dari link Anda. Shuuterstock juga tidak mewaibkan kontributornya menjalani kontrak ekslusif.

2. Adobe Stock

Bisa dibilang, Adobe Stock adalah salah platform photo stock yang paling tua. Kalau orang yang sudah lama menggeluti bisnis jual beli foto online, dulu mengenalnya dengan Fotolia, yang kemudian sahamnya dibeli oleh Adobe.

Adobe Stock menjadi situs jual foto online yang cukup disukai karena pembagian royaltinya termasuk yang paling tinggi bisa dibandingkan situs jual foto online terbaik lainnya.

Sebagai kontributor, Anda berpeluang mendapatkan royalti 20% hingga 60% dari penjualan foto Anda. Dan setali tiga uang dengan Shutterstock, Adobe Stock juga tidak mewajibkan kontributornya untuk menjalin kontrak ekslusif. Jadi, Anda masih bisa menjual foto di situs lainnya.

3. Getty Images

Di dunia stock photography, siapa yang tidak kenal dengan Getty Images. Jika dibandingkan dengan dua situs jual foto online yang disebut pertama, Getty Images cukup berbeda. Sebagai salah satu platform stock foto yagn terbesar dan terpopuler, untuk bisa menjadi kontributor Getty Images membutuhkan usaha yang tidak mudah.

Meskipun memiliki standar yang tinggi, dengan menjadi kontributor Getty Images, Anda akan mendapatkan ketenaran, karena tidak sembarang fotografer bisa dikontrak ekslusif di Getty Images.

4. 500px Prime

5 Situs Jual Foto Online Terbaik Dengan Bayaran Tinggi

Sejak awal didirikan, 500px Prime mengemban misi untuk menghubungkan 5 juta fotografer di seluruh dunia yang mengupload foto mereka dengan ukuran tak lebih dari 500 piksel. Besaran komisi yang akan diterima oleh fotografer dapat mencapai 70%, dengan asumsi satu foto memiliki lisensi sebesar 250 Dollar Amerika.

Terdapat dua jenis lisensi di 500px Prime. Yaitu lisensi standar dan komersial. Secara umum, lisensi komersial memiliki kemungkinan harga foto yang lebih tinggi dibandingkan lisensi standar.

5. Etsy

Website yang satu ini dulunya dikenal sebagai tempat jualan barang handmade dan dekorasi. Tetapi juga menjual stock photo. Kelebihan yang dimiliki oleh Etsy adalah demografi penggunanya yang luas. Tak hanya itu, Etsy juga memberikan keleluasaan pada kontributor untuk menetapkan harga foto mereka. Dan menggunakan Etsy, Anda bisa menjual versi printing dari foto Anda.

Kesimpulan

Itulah tadi 5 situs jual foto online terbaik dengan bayaran tinggi. Semoga dengan artikel ini menginspirasi Anda untuk segara memulai menjual foto di situs stock photography diatas.

Tingkatkan level bisnis Anda dengan webstite toko online dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

 

 

Send Comment