Kanca Jejualan, pernahkah kamu menerima SMS yang berisi tawaran jasa primbon, judi online, atau peminjaman uang? Selamat, kamu telah menjadi salah satu target dari SMS marketing. SMS blast, bagi beberapa orang, mungkin terlihat mengganggu. Namun, tahukah kamu, kalau SMS blast adalah salah satu teknik marketing yang sangat ampuh. 

Bagaimana tidak ampuh, menurut survey Oberlo, ada 6,4 miliar orang yang yang memiliki handphone di seluruh dunia. Hampir semua pemilik telepon seluler berkomunikasi menggunakan pesan teks dan telepon. Pesan teks yang dikirimkan dari satu handphone ke handphone yang lain, dikenal sebagai SMS. Kependekan dari Short Message Service. 

Dari sekian banyak strategi marketing yang ada di dunia, mengapa masih banyak pebisnis yang menggunakan strategi marketing menggunakan SMS? 

Untuk menjawab pertanyaan Kanca Jejualan, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu semua, Kanca Jejualan tentang apa itu SMS blast. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu SMS Blast? 

SMS blast adalah pesan teks massal, yang dikirimkan ke sejumlah besar nomor, menggunakan sistem pesan teks otomatis. Menggunakan SMS blast adalah cara yang mudah dan hemat biaya. SMS blast banyak digunakan untuk berkomunikasi secara real-time ke ribuan pelanggan bersamaan. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing 2021

Namun, pernahkah kamu bertanya, mengapa banyak pebisnis dan perusahaan yang menggunakan metode pemasaran yang satu ini? Padahal, SMS blast bisa dikatakan sebagai strategi pemasaran yang tergolong kuno. 

Sebenarnya, ada banyak kelebihan dari penggunaan SMS sebagai strategi pemasaran. Namun, alasan yang paling dasar adalah, banyaknya pengguna telepon genggam. 

Sekarang sangat mudah melihat orang yang sangat tergantung dengan yang namanya telepon genggam. Maka, menggunakan SMS sebagai strategi pemasaran adalah hal yang masih masuk aka sekarang ini. 

Apalagi, saat ini Indonesia disebut-sebut sebagai pangsa pasar smartphone terbesar ketiga di Asia Pasifik. 

Kelebihan SMS Marketing

Sebelumnya,secara umum, kamu telah mengetahui apa itu SMS blast. Bukan tanpa alasan mengapa SMS blast semakin banyak digunakan. Berikut adalah beberapa kelebihan SMS Marketing: 

  • Proses yang Cepat

Kelebihan pertama SMS marketing adalah prosesnya yang cepat. SMS marketing dapat dikirimkan dalam waktu yang cepat. Dan, penerima dapat menerimanya dengan waktu cepat pula. Waktu yang dibutuhkan oleh penerima pesan adalah kurang dari 3 menit. 

Ketika membuat pesan yang ingin disampaikan, buatlah kata-kata yang menarik dan to the point. 

Misalnya, tentang produk yang ingin kamu tawarkan, yang kemungkinan besar akan disukai oleh pelanggan. Kamu bisa mengirimkan pesan berantai yang berisi promo potongan harga produkmu. 

Buatlah kata-kata singkat yang menawarkan manfaat. Tidak seperti iklan di media lain yang butuh perencanaan matang dan eksekusi yang rapi. 

  • Cocok Untuk Semua Jenis Perangkat

Dengan SMS, kamu tak perlu khawatir bahwa pesan yang dikirim tidak terbaca oleh perangkat tertentu. Karena pada dasarnya SMS marketing bisa diterima dan dibaca pada apapun jenis ponsel. 

  • Lebih Personal 

SMS marketing adalah cara yang tepat untuk lebih mendekatkan diri dengan pelanggan. Rasa-rasanya, SMS marketing terasa lebih personal, jika dibandingkan dengan, social media marketing, misalnya. 

  • Hemat Biaya

Tak seperti strategi marketing lainnya, seperti email marketing dan digital marketing, SMS marketing cenderung lebih hemat biaya. Juga dengan pemasaran menggunakan media konvensional. Misalnya, ketika ingin membuat iklan dengan media baliho, tentu sangat besar biaya yang harus dikeluarkan. 

Lupakan juga jika kamu ingin membuat brosur yang disebar secara online. Biaya desain, pencetakan, dan distribusinya akan sangat besar sekali. 

Tips Melakukan SMS Blast 

Berikut adalah tips untuk melakukan SMS blast: 

Memahami Tujuan SMS Marketing 

Jangan tergesa-gesa untuk memulai email marketing. Pastikan kamu mengetahui tujuan mengapa harus menggunakan SMS marketing. Untuk menentukan tujuan, kamu bisa menggunakan strategi SMART. SMART adalah kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time Specific. 

Metode ini bisa diterapkan agar kampanye email marketing yang kamu lakukan tepat sasaran dan mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Call to Action yang Jelas Untuk Menarik Konsumen

Tips selanjutnya adalah buat pesan singkat yang mendorong calon konsumen untuk melakukan transaksi. Entah membeli produk atau jasa. Perhatikan konten SMS yang akan dikirimkan. 

Memahami Regulasi SMS Marketing 

Mengirim SMS marketing juga ada aturannya. Aturannya mengikat kedua belah pihak. Yaitu bagi pengirim dan penerima SMS. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pebisnis saat melakukan email marketing adalah, frekuensi pengiriman yang terlalu sering. 

Konsisten

Sebagaimana saluran pemasaran lainnya, konsistensi juga diperlukan ketika melakukan kampanye SMS marketing. Buatlah SMS marketing yang memiliki ciri khas dan waktu terjadwal. Beberapa brand yang sangat konsisten menjalankan SMS blast adalah sebuah waralaba kopi terkemuka. 

Jaringan kedai kopi internasional tersebut seringkali memberikan promo pada penerima SMS blast mereka. Promo tersebut bisa berbentuk diskon, atau beli satu gratis. Dua hal yang sangat disukai oleh konsumen. 

Cara Mengukur Keberhasilan SMS Marketing 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengukur keberhasilan email marketing. Berikut adalah indikator-indikator yang bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan SMS marketing. 

Pertumbuhan Subscriber

Indikator pertama keberhasilan SMS marketing adalah pertumbuhan jumlah pelanggan atau subscriber. Pantaulah pertumbuhan kampanye SMS marketingmu secara berkala. Analisa yang kamu lakukan sangat berguna untuk pengembangan strategi pemasaranmu. 

Subscriber Churn Rate

Subscriber churn rate adalah rating yang menunjukkan jumlah konsumen yang berhenti berlangganan. Jumlah penurunan subscriber yang ideal ada di angka 2-3%. 

Cross Channel Engagement

Kamu bisa bereksperimen dengan kata kunci yang kamu gunakan, di berbagai saluran pemasaran. Caranya, dengan memasukkan beberapa kata kunci yang sama, tapi dengan turunan kata kunci yang berbeda. Lihatlah pesan seperti apa yang mendapatkan respon terbaik. Jika sudah mendapatkan respon yang baik, kamu bisa mencobanya di semua channel pemasaran. 

Redemption Rate

Yang dimaksud dengan redemption rate adalah tingkat keaktifan pelanggan dalam merespon SMS yang kamu kirimkan pada mereka. 

Contohnya, ketika ada pelanggan yang menukarkan kupon diskon atau menanyakan berita promo yang kamu berikan. Kamu perlu mendatanya dan nantinya mengevaluasi data tersebut. 

Cost Redeeming Subscriber

Memang, SMS marketing dianggap lebih murah dibandingkan metode pemasaran lainnya. Namun, kamu juga harus menentukan biaya yang dikeluarkan untuk SMS marketing. Jangan sampai anggaran SMS marketing terlalu besar. 

Penutup

SMS blast adalah salah satu teknik marketing yang banyak digunakan. Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan metode pemasaran yang satu ini. Inilah kenapa SMS blast sulit untuk ditinggalkan. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

 

Send Comment