Semakin canggihnya teknologi di seluruh dunia, tentu membuat orang lebih bisa memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi yang menguntungkan bagi manusia. Salah satunya adalah memanfaatkan smartphone, laptop, atau semua benda yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses jaringan internet. Tentu Anda sudah sering kali mendengar mengenai bisnis online yang sudah banyak dijalankan oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Bagaimana prospeknya? Prospek bisnis online dengan mengandalkan jaringan internet, tentunya dirasa jauh lebih menguntungkan. Kami akan menjelaskan lebih jauh tentang strategi marketing bagi pemula.

Bagaimana bisa demikian? Ya, hanya dengan mengandalkan jaringan internet saja, seorang pebisnis online mampu merangkul dan menjalankan bisnisnya kepada seluruh orang di dunia tanpa harus pergi berkunjung ke negara tersebut. Lantas, bagaimana memulai sebuah bisnis marketing bagi seorang pemula yang baru akan terjun menjalankan bisnis tersebut? Tentu ada tips dan trik khusus yang harus dijalankan bukan? Ya, berikut ini beberapa strategi marketing bagi pemula yang harus Anda terapkan agar sukses menjadi pebisnis online yang andal.

Menentukan Bisnis Online Sebagai Dasarnya

 

Strategi Marketing Bisnis Bagi Pemula

Strategi Marketing Bisnis Bagi Pemula

Jika Anda sudah berniat untuk terjun langsung ke dunia bisnis online. Hal ini karena dasar yang paling utama untuk Anda lakukan adalah menentukan terlebih dahulu, bisnis online apa yang akan Anda jalankan. Hal ini karena model bisnis online memiliki beragam jenis dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, termasuk membuat website. Tanpa ada perencanaan yang tepat, tentu Anda akan sangat kesulitan untuk memulai sebuah usaha bisnis online yang Anda idam-idamkan.

Sikap Mental Sebagai Strategi Marketing Bagi Pemula

Sebagai seorang pebisnis yang handal, Anda dituntut memiliki sikap mental yang kuat dan konsisten. Karena sikap mental yang positif akan membuat usaha bisnis online yang Anda rintis berkembang dengan baik dan Anda pun tidak akan mudah putus asa dengan segala permasalahan yang mungkin menghadang usaha Anda di depan. Bagaimana sikap mental pebisnis pemula yang harus diterapkan?

  1. Mau dan terus belajar dengan serius sepanjang waktu
  2. Mau dan mampu bekerja keras
  3. Selalu bersemangat dan pantang menyerah
  4. Memiliki mimpi-mimpi besar dan tidak terukur
  5. Mau untuk selalu mengambil risiko

Berbagai strategi marketing bisnis online yang bisa dijalankan oleh seseorang memang banyak sekali macamnya. Hal ini bergantung pada skill masing-masing pebisnis. Namun, ada sejumlah alternatif yang dapat Anda terapkan untuk memulai sebuah marketing bisnis yang menjanjikan. Bagaimana caranya?

Tips Sederhana Strategi Marketing Bagi Pemula

 

strategi marketing online

Strategi Marketing

Secara sederhana, sejumlah trik bisa Anda terapkan untuk menjalankan sebuah bisnis yang Anda inginkan. Lakukan saja trik Anda tersebut dan yakinlah bahwa semua usaha Anda tidak akan pernah sia-sia.

Mengenal Costumer Lebih Dekat

Mengenal adalah langkah awal bagi Anda untuk memulai sebuah bisnis. Bagaimana Anda bisa menjalankan bisnis, dimana Anda tidak mengenal costumer Anda sama sekali? Jika Anda sudah mengenal para customer Anda dengan baik. Tentu Anda dapat lebih memahami kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh mereka dan Anda bisa menyediakan setiap kebutuhan costumer Anda dengan baik. Setelah Anda berhasil mengenal customer Anda dengan baik, langkah selanjutnya adalah melakukan pendekatan secara bertahap dan jangan terburu-buru.

Perencanaan Produk dan Layanan

Merencakan produk apa yang akan Anda pasarkan juga terbilang penting untuk memulai sebuah bisnis marketing. Tak hanya produk, tetapi juga pelayanan harus direncanakan secara tepat. Kedua perencanaan ini biasa disebut dengan bussiness plan atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai rencana bisnis. Dengan perencanaan kedua hal tadi dengan baik, maka usaha bisnis Anda bisa jadi akan berhasil dan lebih terarah. Bayangkan saja jika Anda memulai sebuah bisnis tanpa ada perencanaan pasti. Apakah Anda yakin bisnis tersebut akan berhasil?

Promosi Senatural Mungkin

Pasti ingin dong bisnis Anda dengan cepat dikenal dan laku keras di pasaran? Namun, Anda tidak bisa melakukan promosi secara frontal dan terkesan memaksakan. Sebisa mungkin, Anda harus melakukan promosi dengan senatural mungkin agar pelanggan tidak kabur. Intinya, Anda harus memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada setiap pelanggan. Jangan sampai, Anda melakukan promosi berlebihan, terkesan memaksa, mengejar-ngejar sehingga membuat pelanggan malas dan mengabaikan promosi yang Anda lakukan.

Merencanakan Target Iklan dan Komunikasi Costumer

Di dalam marketing, sangat penting merencanakan target iklan atau pemasaran. Buatlah iklan dengan kemasan yang jauh lebih menarik, agar para costumer lebih tertarik dengan iklan bisnis yang Anda tawarkan. Pikirkanjuga, alasan yang tepat mengapa para costumer harus membeli produk yang Anda tawarkan tersebut.

 

Strategi Marketing

Strategi Marketing

 

Menetapkan Harga dengan Baik

Tetapkan harga produk yang Anda tawarkan dengan mempertimbangkan biaya produksi atau selisih harga margin. Jika Anda bingung, lakukan saja riset di sekitar untuk mengetahui harga-harga di pasaran. Hal ini berguna, supaya Anda tidak menetapkan harga dengan tinggi dan jauh berbeda dari harga pasaran sehingga produk Anda tidak diminati oleh para customer. Riset ke lapangan membuat Anda lebih mudah dalam menentukan harga jual produk.

Pelayanan yang Cepat dan Respon yang Baik

Pelayanan yang cepat atau biasa disebut fast respon biasanya sangat dikenal di dunia penjual online. Ketika memasarkan produk kepada costumer, seorang pebisnis dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat dan juga respon yang baik. Hal ini membuat para costumer merasa dilayani dengan baik dan memungkinkan untuk membeli produk yang Anda tawarkan karena pelayanan Anda juga prima.

Lihat Juga: Strategi Pemasaran Online Dengan Bisnis Online Beromzet Puluhan Juta

Marketing Plan

Susunlah marketing plan bagi bisnis yang Anda jalankan tersebut. Setelah itu, kembangkan marketing plan Anda menjadi jauh lebih besar. Di dalam penyusunan strategi marketing tidak perlu rumit dan sulit sehingga membuat Anda bingung sendiri. Akan tetapi, buatlah sederhana dan pastikan bahwa Anda paham dengan apa yang sudah Anda rencanakan tersebut. Jika sudah, baru Anda terapkan dengan baik strategi marketing tersebut.

Nah, strategi-strategi yang sudah dibahas satu per satu di atas dapat diterapkan oleh seorang pemula dalam lingkup bisnis marketing. Meski nantinya setiap pebisnis akan memiliki strategi marketingnya masing-masing seiring berjalannya waktu. Tak ada salahnya bukan, jika menerapakan strategi-strategi marketing itu dulu sebelum akhirnya menemukan yang pas. Kuncinya, dalam bisnis marketing adalah niat, usaha, dan doa. Selain itu, Anda juga harus konsisten dalam menjalankan serta memfollow up para costumer Anda agar mereka juga tidak kabur ke toko orang lain. So, jalankan bisnis dengan santai, namun bukan malas ya!

Send Comment