Kanca Jejualan, salah satu bisnis yang sangat populer selama masa pandemi seperti saat ini adalah bisnis kursus online. Ya, bisnis yang satu ini mulai banyak dilirik karena akibat pembatasan sosial karena pandemi Covid-19 yang entah kapan akan berakhir. Orang cenderung membatasi aktivitas di luar rumah. Tentu saja, kursus dengan cara tatap muka adalah hal yang hampir mustahil untuk dilakukan. Kursus daring, e-learning, dan banyak sebutan lainnya kini dipilih. Selain lebih aman, karena tak harus bertatap muka dengan orang lain, kursus online juga menawarkan kepraktisan. Karena sifatnya yang bisa dilakukan di mana saja. 

Agar bisnis kursus online-mu semakin berkembang, membuat website adalah sebuah keharusan. Salah satu hal krusial dalam pembuatan website, disamping pemilihan hosting terbaik, adalah pemilihan template website. 

Template website yang responsif adalah sebuah kewajiban. Ini penting agar websitemu user friendly dan dapat digunakan di berbagai macam perangkat. Google, mesin pencari terbesar di dunia, menyarankan setiap pemilik website untuk menggunakan template khusus yang responsif. 

Kamu Developer Properti? Simak Cara Optimasi Sosial Media Bisnis Properti

Dan karena bisnis kursus online membutuhkan website yang bagus, kamu harus memilih template website kursus online yang tepat. Karena itu, pada artikel kali ini, kami akan mengajak Kanca Jejualan semua untuk tahu lebih banyak tentang: template website kursus online terbaik. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengapa Kursus Online Begitu Penting? 

Belajar online adalah masa depan. Sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa belajar secara daring sudah menjadi tren. Kalau tidak bisa dikatakan sebagai gaya hidup. Semakin banyak kita bisa menemui banyak kursus online yang bermunculan. Selain kualitas dari penyelenggara kursus online, hal yang dilihat oleh calon pelanggan adalah website yang responsif. 

Maka dari itu penting untuk memiliki template website kursus online yang responsif dan user friendly. 

Template Website Kursus Online Terbaik 

Template website yang modern, minimalis, akan menjadikannya user friendly dan ramah dengan perangkat mobile. Dengan template website yang responsif, kamu bisa menarik perhatian lebih banyak orang untuk menggunakan jasa kursus online-mu. 

Jika kamu adalah pengguna WordPress, kamu bisa menggunakan WordPress Learning Management System (LMS). Beberapa tema dari LMS akan memberikanmu website kursus online yang baik. 

Berikut adalah template website kursus online terbaik yang bisa kamu gunakan: 

1. CosmosWP 

Daftar pertama adalah CosmosWP. Cosmos WP adalah salah satu template WordPress terbaik saat ini. Tema yang satu ini adalah versi terbau dari tema WordPress Guttenberg. Dan tema ini adalah salah satu yang terbaik untuk kursus online. 

CosmosWP merupakan tema yang sangat mudah dikustomisasi dengan sangat segalanya fiturnya. Berikut fitur-fitur yang dimiliki oleh CosmosWP: 

  • Sudah teroptimasi mesin pencari. 
  • Kompatibel dengan site builder, salah satunya Gutenberg. 
  • Sudah terintegrasi dengan WooCommerce dan mudah diunduh. 

2. Education Hub

Kalau kamu sedang mencari template WordPress untuk bisnis kursus online yang elegan, Education Hub adalah pilihan yang tepat. Tema yang satu ini terlihat simpel dan sangat unik. Ini adalah tema yang tepat untuk website berbasis edukasi. Entah e-learning, kursus online, dan lain sebagainya. 

Education Hub adalah tema yang sangat mudah dikustomisasi, dengan berbagai pilihan setting layout. Berikut adalah beberapa fitur unggulan Education Hub: 

  • Sangat mudah dikustomisasi
  • Adanya tema Custom CSS
  • Memiliki banyak opsi font dan pewarnaan
  • Adanya fitur slider

3. Education Xpert 

Satu lagi template WordPress yang sangat mudah dikustomisasi dan responsif untuk ukuran template gratis. Sesuai dengan namanya, template yang satu ini memang khusus untuk website kursus online. Fiturnya juga sangat kaya. Mulai dari impor data, adanya list daftar kursus, call to action, dan bisa menampilkan anggota tim. 

Selain ramah SEO dan kompatibel dengan WooCommerce, template yang satu ini mendukung dengan beberapa plugin lainnya. Antara lain : Element Page Builder, SiteOrigin, Jetpack, Contact Form7, dan masih banyak lagi lainnya. 

Berikut fitur-fitur Education Xpert: 

  • Telah teroptimasi SEO
  • Kompatibel dengan banyak browser yang ada
  • Mendukung WooCommerce dan banyak plugin lainnya
  • Banyaknya pilihan warna

4. Education Zone 

Education zone adalah salah satu tema WordPress yang sangat clean. Template yang satu ini memang dirancang khusus untuk institusi pendidikan. Mulai dari perguruan tinggi, akademi, pusat pelatihan, dan lembaga kursus itu sendiri. 

Mengapa Bounce Rate Toko Online Tinggi? Yuk. Kenali Penyebabnya

Template yang satu ini memiliki banyak fitur yang sangat bagus  untuk ukuran template gratisan. Mulai dari menu kustom, statistik, halaman testimonial, tombol CTA, dan media sosial. 

Selain itu, berikut adalah beberapa fitur bisa kamu temui di Education Zone: 

  • Sudah teroptimasi SEO
  • Sangat mudah dikustomisasi dengan banyak fitur
  • Kompatibel dengan child theme

5. Edulife

Edulife adalah salah satu tema WordPress yang didesain khusus untuk institusi pendidikan. Template yang satu ini termasuk tema yang responsif. Fitur yang dimilikinya juga sangat banyak. Apa saja? Berikut fitur yang dimiliki oleh Edulife: 

  • Banyaknya pilihan warna
  • Memiliki fitur news dan portofolio
  • Kompatibel dengan Gutenberg

6. Avada 

Kalau Kanca Jejualan ingin template WordPress multifungsi untuk website kursus online, Avada bisa menjadi pilihan. Template yang satu ini adalah salah satu template terlaris. Ia bisa digunakan untuk hampir semua website WordPress. 

Avada sendiri memiliki lebih 83 website pre-built. Dengan 15 diantaranya dikhususkan untuk website kursus online. Tentu saja, template ini dapat menunjang website kursus online yang akan kamu buat. 

7. Scholarship

Scholarship adalah salah satu plugin WordPress terbaik untuk platform edukasi. Template yang satu ini memang dibuat khusus untuk universitas, sekolah ,dan kursus online. Desain Scholarship sendiri termasuk clean dan sangat powerful. Menariknya lagi, Scholarship sudah user friendly dan bisa digunakan pada perangkat mobile. 

8. Pragyan 

Untuk website institusi pendidikan, Pragyan adalah salah satu pilihan terbaik. Salah satu kelebihannya adalah support dengan banyak plugin learning management system WordPress. 

9. School Zone 

School Zone adalah salah satu template WordPress terbaik. Template yang satu ini adalah child version dari Education Zone. Template ini sangat cocok digunakan untuk institusi pendidikan. Mulai dari perguruan tinggi, SMA, lembaga kursus online, bahkan sampai taman kanak-kanak. 

Berikut fitur yang dimiliki oleh School Zone: 

  • Sudah teroptimasi SEO. 
  • Ada fitur terjemahan. 
  • Sangat mudah dikustomisasi. 
  • Kompatibel dengan sosial media dan WooCommerce. 

Penutup 

Itulah tadi deretan template website kursus online yang bisa kamu gunakan. Jadi, pilihlah template website kursus online. 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.  

 

Send Comment