Instagram. Siapa yang tak kenal dengan media social yang satu ini. Berfokus sebagia social media berbagi foto pada awalnya, kini Instagram menjelma menjadi aplikasi dengan pengguna aktif terbanyak kedua di dunia setelah Facebook. Saat ini penggunanya telah melewati angka 700 juta akun di seluruh dunia.

Dan dengan jumlah pengguna yang sangat banyak itu, bermunculan berbagai peluang baru untuk berbisnis. Tunggu dulu. Berbisnis menggunakan Instagram? Memang bisa? Tentu saja bisa. Karena berfokus pada layanan berbagi foto dan sekarang telah merambah video, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media pemasaran bagi produk yang Anda jual.

Tips dan Strategi Marketing di Instagram

tips dan strategi marketing di instagram

tips dan strategi marketing di instagram

Nah, untuk memberi gambaran pada Anda Kanca Jejualan, tentang tips pemasaran di Instagram untuk pemula. Artikel ini akan membahas secara mendalam tips dan strategi  marketing  di Instagram untuk pemula. Jadi, simak artikel ini sampai seleseai, ya.

Instagram for Business

Sebelum lebih jauh membahas tentang tips dan strategi marketing di Instagram untuk pemula, kami mengajak Anda untuk memahami apa itu Instagram for Business. Sejak tahun 2016, Instagram telah merilis Instagram for Business. Dengan fitur ini, Anda bisa membut profil bisnis gratis.

Keuntungan dari penggunaan profil bisnis adalah, akan memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda secara langsung. Anda juga bisa membuat ikaln dan membagikannya. Dan dengan akun bisnis, Anda dapat memantau insighst bisnis, dengan melihat postingan yang telah Anda buat sebelumnya.

Fitur Kunci Instagram for Business

 Insights

Salah satu fitur bisnis yang sangat penting, yang ada di Instagram adalah Insight. Fitur atau tools ini akan menunjukkan statistik dasar, yang menilai usaha Instagram marketing yang sedang Anda lakukan. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu segala hal yang berkaitan dengan pengikut.

Mulai dari waktu mereka yang paling aktif, dan postingan macam apa yang paling mereka sukai. Informasi tersebut dapa membantu Anda untuk memilih konten yang memiliki engagement yang lebih tinggi dengan followers.

Promote

Adanya fitur promote pada Instagram memperbolehkan Anda untuk menjadikan sebuah postingan dapat dipromosikan sebagai iklan atau ads di aplikasi Instagram. Beriklan, tentu saja dapat membantu Anda untuk dapat terhubung dengan pelanggan bisnis Anda. Tinggal Anda yang memilih salah satu postingan yang sudah Anda share di Instagram, dengan menambahkan tombol call to action.

Anda bisa menentukan target audiens, dan Instagram akan menyarankan target audiens sebagai referensi. Setelah itu, postingan Anda akan dipromosikan sebagai iklan, selama periode yang sudah Anda tetapkan.

Dengan tools baru dari Instagram ini, bisnis Anda berpotensi untuk mendapatkan pelanggan baru dari berbagai penjuru. Anda juga bisa lebih dalam lagi untuk memahami karakter audiens, misalnya dengan melakukan penyesuaian konten, dan memperbaiki strategi marketing. Baik online maupun offline.

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

tips dan strategi marketing di instagram

tips dan strategi marketing di instagram

Untuk membuat akun Instagram bisnis, caranya sendiri cukup mudah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika membuat akun bisnis:

Username dan Bio Anda

Agar akun Instagram Anda lebih mudah ditemukan, alangkah baiknya untuk menggunakan username yang sama dengan username Anda media sosial bisnis lainnya.

Selain username, jangan lupa untuk mencatumkan bio pendek, dan tautan yang akan mengarahkan pengunjung ke langkah selanjutnya. Bisa ke kontak WhatsaApp, website toko online, atau platform ecommerce. Semua terserah Anda.

Jangan lupa juga untuk memberikan branded hashtags. Branded hashtags adalah hashtags yang bisa Anda gunakan untuk aktivitas promosi, launching produk, kuis, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Cafe dan Tempat Nongkrong

Foto Profil Instagram

Kanca Jejualan, foto profil yang menarik adalah salah hal yang sangat krusial untuk menarik followers. Sudah seharusnya, profil Anda harus dapat mencerminkan bidang bisnis yang Anda jalani. Tak hanya itu, foto profil serta bio yang terdapat di profil, juga harus terkonsep yang serupa dengan feed Instagram Anda. Dengan begitu, followers Anda dapat melihat keseriusan dan kualitas dari bisnis Anda.

Follow Akun Instagram Lainnya

Ketika baru memulai sebuah akun Instagram, salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mem-follow akun lain terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti akun lain, yang dirasa cukup relevan dengan bisnis Anda. Atau, Anda bisa mencari influencer di industri yang sedang Anda geluti.

Menentukan Tujuan Instagram Bisnis

Sama seperti cara marketing lainnya, menggunakan Instagram untuk bisnis juga memerlukan strategi. Apa yang Anda harapkan dari penggunaan Instagram for Business? Beberapa tujuan penggunaan Instagram Bisnis antara lain:

  • Meningkatkan penjualan
  • Meningkatkan traffic ke website
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Membangun hubungan dengan influencer

Strategi Konten Instagram

tips dan strategi marketing di instagram

Dengan memiliki akun bisnis, Anda perlu menyusun rencana pemasaran yang untuk membangun komunitas yang kuat dan melihat hasil yang konkret untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah strategi konten yang bisa Anda terapkan:

1. Membuat konten berkualitas dan relevan

Untuk membuat sebuah konten pemasaran yang berkualitas di Instagram, satu tips yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu hal yang sedang tren di Instagram hari ini. Untuk mengetahui apa yang sedang tren hari ini, Anda bisa menggunakan fitur pencarian.

Setelah mengetahui topik apa yang sedang tren, pilihlah tren yang sesuai dengan bisnis Anda, kemudian aplikasikan pada konten yang akan dibuat. Kedua hal yang saling berhubungan tersebut dapat menarik minat dari target pasar yang Anda tuju. Konten Anda akan dianggap relevan dan sangat representatif.

2. Konten harus mewakili audiens

Tanpa mengetahui siapa target audiens, apa yang mereka dibutuhkan, dan dimana mereka bisa mendapatkan produk yang cukup merepresentasikan mereka, akan mustahil bagi Anda untuk dapat menarik perhatian. Anda harus bisa memastikan bahwa konten yang Anda buat cukup mewakili followers Anda.

Ketahui lebih dalam segala hal yang berkaitan dengan audiens lewat fitur insight. Fitur insight di Instagram sendiri merangkum berarap informasi. Seperti berapa orang yang menyukai dan berkomentar pada suatu postingan, membagikannya, dan yang menyimpannya.

3. Waktu Posting

Salah satu hal yang harus Anda lakukan, berkaitan dengan waktu posting adalah menentukan waktu untuk memposting yang rutin tanpa mengganggu follower Anda dengan update yang berlebihan.

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan terlihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement yang paling tinggi.

Penutup

Instagram memiliki setidaknya 700 juta pengguna aktif. Maka tak dapat diragukan lagi bahwa Instagram telah mengalami banyak perubahan. Dari sebuah platform media sosial semata, hingga menjadi salah satu alat bisnis yang sangat populer. Maka dari itu, menjadi penting untuk tahu tips dan strategi marketing di Instagram.

Wujudkan ide bisnis online-mu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

 

 

Send Comment