Bisnis online bisa dimaksimalkan keuntungannya melalui social media. Salah satunya yang paling terkenal adalah menggunakan instagram. Dengan menggunakan instagram maka bisnis yang dimliki saat ini akan bisa menjadi semakin tenar. Seperti yang diketahui bahwa di era millenials banyak orang memilih menggunakan smartphone untuk mendapatkan informasi. Banyak orang yang juga mengunggah momen kebersamaan mereka dengan teman, keluarga, dan pasangan via instagram tersebut. Jadi tak heran kalau instagram menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi anda untuk mendapatkan lebih banyak klien untuk bisnis. Disinilah kekuatan social media memang benar-benar cukup kuat.

Jika anda punya nyali yang besar dalam berbisnis serta untuk eksis di social media, inilah saatnya memanfaatkan kekuatan tersembunyi yang dimiliki instagram. Dampaknya pada bisnis online memang sudah sangat terbukti hebat. Banyak orang yang telah berhasil sukses dengan menjalankan binsisnya menggunakan media yang satu ini. Kenapa social media bisa menjadi sarana tepat untuk bisnis online? Pasalnya tak kurang dari 400 juta orang di seluruh dunia mengakses instagram tersebut untuk berbagai kegunaan. Bahkan tercatat ada sekitar 80 juta postingan yang diupload oleh semua orang dari seluruh dunia itu. Bagaimana mungkin anda melewatkan peluang yang satu ini? Ini adalah kesempatan anda untuk segera bangkit dan membuktikan bahw bisnis anda pun bisa sukses dengan cara yang mudah dan tepat. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk bisa sukses dalam bisnis di internet dengan media instagram.

Tips Pertama: Buat Profile Bisnis Online Anda Menjadi “Public”

Tips Memaksimalkan Bisnis Online Melalui Instagram

jejualan.com

Dalam instagram, anda bisa bebas menentukan sendiri apakah profile instagram anda ingin di-set dalam bentuk private atau public. Jika instagram tersebut adalah untuk keperluan pribadi, memang tidak ada salahnya memilih set private. Tapi anda jangan sampai menge-set private jika anda ingin mempopulerkan bisnis online yang dimiliki. Hal ini malah akan menutup celah bagi orang lain untuk berkenalan dengan produk dan jasa apa yang anda tawarkan. Biarkan orang lain tau layanan yang bisa anda berikan kepada mereka. Set profile instagram anda dengan  public dan lihat dampak signifikan yang akan bisa anda dapatkan nanti. Dari sinilah bisnis anda akan bisa semakin berkembang dan banyak orang yang bisa dengan mudah mengikuti atau follow akun anda.

Tips Kedua: Tentukan Nama Bisnis Online Anda

Bisnis online juga wajib punya nama! Jangan sampai anda tidak punya nama bisnis karena hal tersebut sangat jarang terjadi. Kalau anda ingin sukses dalam bisnis ini menggunakan social media, pilih nama yang banyak disukai oleh orang-orang millenials dan Gen-Z. Anda harus bagus dalam memilih nama yang tepat dengan target sasaran yang dibutuhkan. Dengan demikian, anda pun akan bisa mendapatkan lebihi banyak klien yang datang melihat profile anda. Kenapa? Karena mereka melihat bahwa apa yang anda tawarkan begitu menarik dan istimewa. Dalam hal ini anda pun akan bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan yang jelas dan detail nanti.

Tips Ketiga: Set Lokasi Tempat Bisnis Online Anda

Bisnis online juga harus jelas dan nyata keberadaanya. Itulah yang mungkin ingin anda tunjukan kepada klien atau pelanggan yang datang. Tapi tak perlu khawatir karena pada menu instagram, anda bisa menge-set lokasi dimana tempat bisnis anda. Dengan demikian, anda akan lebih mudah dihubungi dan customer lebih mudah datang ke tempat anda langsung jika hendak melakukan kerjasama bisnis. Disinilah letak keuntungan tersebut akan bisa anda dapatkan dan rasakan. Anda pun juga bisa menunjukan kepada mereka dimana letak bisnis anda jika suatu ketika ingin join di bazzar atau festival di kota tempat anda tinggal. Pastikan denah dan lokasinya akurat agar para klien tidak menyasar, atau parahnya malah datang ke toko lain.

Tips Keempat: Tulis Biodata Lengkap dan Nama Website Anda

Tips Memaksimalkan Bisnis Online Melalui Instagram

jejualan.com

Hal ini juga harus anda tulis dengan jelas, yakni biodata dan juga nama website yang anda miliki. Dengan menulis secara detail nama biodata dan website anda, sudah pasti hal tersebut akan memudahkan anda untuk bisa mempopulerkan bisnis tersebut kepada semua pelanggan yang ada di seluruh dunia. Di sini anda juga bisa memudahkan klien untuk melihat website layanan yang anda miliki. Hal ini juga akan menjadi nilai plus ketika mereka tau apa produk yang anda jual dan apa saja keuntungan yang akan bisa didapatkan dengan menggunakan produk yang anda miliki tersebut. Sudah pasti hal ini juga akan memberikan keuntungan tersendiri kepada anda.

Tips Kelima: Tulis Caption Yang Unik dan Menarik Ketika Anda Posting

Caption berupa promosi yang terang-terangan terhadap bisnis online yang anda jalankan mungkin bisa jadi ide yang bagus. Tapi jangan terlalu mencolok mau promosi juga. Para pelaku bisnis online yang cerdas tau bagaimana mereka memberikan sugesti kepada pelanggan dengan membuat caption yang unik dan menarik. Anda bisa membuat caption pertanyaan yang nanti dijawab oleh orang-orang di kolom komentar. Hal ini akan memicu sejumlah pendapat dari orang-orang tentang caption anda tersebut. Jadi jika ada interaksi satu sama lain, maka bisnis anda akan terlihat ramai dan menarik. Dari sinilah pelanggan pun pasti akan datang dengan sendirinya jika mereka ingin menggunakan layanan yang anda tawarkan tersebut. Jadi anda tak perlu khawatir.

Tips Keenam: Gunakan Foto Yang Berkualitas Tinggi!

Gunakanlah foto yang professional dan berkualitas tinggi pada bisnis online anda. Disini anda berhak memosting foto apa saja, tapi jangan kelihatan kalau anda memajang foto yang murah dengan HP atau smartphone seadanya. Ini akan mengurangi nilai kredibilitas anda. Jadi gunakan kamera yang bagus serta penataan background yang tepat. Teknik shoot atau pengambilan gambar juga harus pas dan profesional. Dari sini akan terlihat bahwa bisnis yang anda jalankan benar-beanr mengedepankan quality. Dari gambar yang anda gunakan juga menarik perhatian sehingga anda pun akan mendapatkan keuntungan darinya.

Tips Ketujuh: Lengkapi Contact Anda Yang Mudah Dihubungi

Tips Memaksimalkan Bisnis Online Melalui Instagram

jejualan.com

Yang tak kalah pentingnya dalam menjalankan bisnis online dengan media instagram adalah mencantumkan contact anda dengan lengkap sehingga mudah untuk dihubungi. Hal ini juga sangat penting supaya anda bisa mendapatkan kemudahan untuk dihubungi oleh pelanggan yang datang ke tempat anda. Pasalnya, hal tersebut juga akan memudahkan anda untuk bisa mendapatkan banyak keuntungan tambahan yang lain. Contact yang jelas baik itu dalam hal WhatsApp, Line, BBM, dan aplikasi chat lainnya yang populer juga harus dimiliki.

Kekuatan social media instagram memang tidak ada bandingannya. Jadi sangat disayangkan kalau anda tidak memanfaatkannya untuk keperluan bisnis yang anda jalankan. Dari sini anda pun akan bisa bebas mendapatkan semua keuntungan yang dibutuhkan. Biarkan instagram menjadi sarana campaign atau kampanye bisnis anda dan jadikan sukses.

Baca Juga: Tips Memilih Nama Domain Terbaik Untuk Blog Anda

Send Comment

Captcha *