Kanca Jejualan, tentu sudah menjadi rahasia umum jika negara kita, Indonesia terkenal dengan akan kekayaan kulinernya. Dari Sabang di barat hingga Merauke di timur memiliki kuliner yang unik dan khas, yang membuat banyak orang menyebut Indonesia sebagai surge kuliner dunia. Karena hal itu, tak heran bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang sangat banyak bermunculan di berbagai tempat.

Menjamurnya pengusaha kuliner baru ini juga tak lepas dari situasi pandemi yang melanda dunia. Pandemi Covid-19 memaksa orang membatasi keluar rumah untuk wisata kuliner. Menjawab masalah ini, tak sedikit orang yang kemudian terjun untuk memulai bisnis kuliner online.

Nah, untuk Kanca Jejualan yang ingin terjun ke dunia bisnis kuliner online, kami punya sedikit tips yang bisa Anda lakukan, agar Anda tidak salah langkah ketika terjun langsung ke bisnis yang satu ini. Karena itu, silakan membaca sampi tuntas artikel tips memulai bisnis kuliner online.

Peluang Bisnis Kuliner

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips memulai bisnis kuliner online, apakah masih ada pertanyaan diantara Anda semua, mengapa harus bisnis kuliner online?

Bisnis kuliner online merupakan salah satu bisnis yang sedang naik daun saat ini. Di tengah tren media sosial dan berbarengan situasi pandemi Covid-19, kuliner online menjadi salah satu alternatif untuk banyak orang. Mudah, aman, dan tetap bisa makan enak di mana saja. Wisata kuliner online sontak menjadi gaya hidup masyarakat modern.

Di media sosial, kita denga mudah akan menemukan berbagai penyedia kuliner. Target marketnya juga sangat luas, tak hanya menyasar kalangan Gen Z dan milenial, dua kalangan yang paling dominan menggunakan media sosial.

Mengingat makanan merupakan salah satu kebutuhan yang harus selalu dipenuhi, maka tak heran jika bisnis kuliner online menjanjikan keuntungan yang besar, tak kalah dengan berbagai jenis usaha lainnya. Namun demikian, bukan berarti bisnis kuliner online Anda akan serta merta laris manis begitu saja.

Anda harus jeli melihat celah, makanan apa yang sedang disukai oleh pasar saat ini. Juga jangan lupa untuk selalu memperhatikan apa yang sedang menjadi tren di pasar.

Baca Juga : Peluang Bisnis Food Truck, Bisnis yang Digandrungi Anak Muda Masa Kini!

Tips Memulai Bisnis Kuliner Online

Untuk Anda yang ingin terjun ke  bisnis kuliner online, Jejualan punya beberapa tips memulai bisnis kulinner online yang bisa Anda lakukan. Berikut tips memulai kuliner online hingga sukses:

1. Menentukan Bisnis Kuliner yang Ingin Ditekuni

Tips Memulai Bisnis Kuliner

Kita tahu, bisnis kuliner memiliki range yang sangat luas. Di Indonesia sendiri tumbuh subur berbagai jenis bisnis kuliner online yang beraneka rupa. Dari yang berbasis kuliner lokal nusantara, hingga kuliner impor dari luar negeri. Seperti dari Jepang, Cina, hingga Korea dan negara-negara barat.

Karena itu, alangkah lebih baik jika Anda menentukan terlebih dulu makanan apa yang ingin dijual. Apakah Anda akan menjual kuliner dari luar negeri atau kuliner lokal saja. Pun, Anda bisa menjual jenis makanan apa yang ingin dijual. Misanya makanan berat atau makanan ringan.

2. Menghitung Jumlah Modal

Seperti pada umumnya bisnis lainnya, dalam bisnis kuliner, Anda juga memerlukan modal. Seberapa besar bisnis kuliner yang ingin Anda rintis, akan menentukan berapa jumlah modal yang yang harus Anda keluarkan. Misalnya jika Anda ingin langsung membuka usaha restoran besar, tentu jumlah modal yang harus Anda keluarkan berbeda dengan jika Anda memutuskan mendirikan bisnis kuliner yang sederhana.

Untuk mengatasi kekurangan modal, Anda bisa melakukan peminjaman modal dari perbankan, dan lembaga keuangan non bank, seperti koperasi misalnya. Namun, sebelum memutuskan melakukan peminjaman modal, Anda harus menimbangnya secara masak. Jika kondisi sedang tidak memungkinkan, alangkah lebih baik jika Anda memulai dari yang kecil-kecil dulu.

3. Menentukan Lokasi Bisnis

Tips Memulai Bisnis Kuliner

Pada bisnis kuliner, lokasi juga merupaka salah satu faktor penentu kesuksesan. Misalnya jika Anda memilih lokasi yang terpencil, akan sedikit orang yang tahu tentang bisnis kuliner Anda. Terkecuali, jika konsep bisnis Anda memang demikian adanya. Jika pun harus terpencil, Anda dapat memaksimalkan media sosial untuk mempromosikan bisnis kuliner online Anda.

4. Cita Rasa

Pada bisnis kuliner, cita rasa menjadi suatu hal yang wajib hukumnya untuk diperhatikan. Mengapa? Sebab, pada akhirnya cita rasa yang membuat orang untuk kembali dan kembali lagi lagi membeli makanan Anda.

Jika Anda hanya menyajikan makanan dengan rasa biasa saja, maka bisnis kuliner Anda tidak akan berumur panjang. Perhatikanlah kualitas rasa jika Anda ingin bisnis kuliner Anda menguntungkan. Untuk mendapatkan cita rasa yang disukai masyarakat umum, Anda bisa melakukan percobaan ke orang-orang terdekat dan mintalah pendapat mereka tentang makanan Anda.

5. Menentukan Target Pasar

Target pasar, tidak bisa tidak akan sangat berpengaruh bisnis kuliner yang akan Anda jalankan nantinya. Jika Anda menargetkan kalangan menengah keatas, tentu kuliner yang disajikan harus memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan kuliner biasa saja.

Hal ini berkaitan erat dengan modal yang akan Anda keluarkan nantinya. Jika Anda menjadikan masyarakat kelas menengah bawah sebagai target, modal yang Anda keluarkan bisa jadi lebih kecil. Maka dari itu, penting untuk membuat rencana bisnis sederhana. Di sana aka nada riset pasar yang dapat membantu Anda.

6. Aktif Berpromosi di Media Sosial

Untuk Anda yang berbisnis kuliner online, sudah tentu harus aktif di media sosial. Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Dengan media sosial, Anda dapat menarik lebih banyak calon konsumen. Ketiganya kini menjadi media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia.

Anda bisa mengoptimalkan media sosial untuk membuat konten promosi yang menarik. Apalagi ada waktunya bisnis kulier ramai dan sepi. Pada saat sepi inilah, Anda dapat melakukan promosi yang mampu menarik kembali minat pembeli.

Ide promosi pun tentu beragam. Mulai dari pemberian diskon, buy one get one free, dan bentuk promosi lainnya. Pertimbangkan secara matang agar tidak rugi kemudian.

7. Berikan Ciri Khas Pada Bisnis Kuliner Online Anda

Tips Memulai Bisnis Kuliner

Sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan keuntungan, bisnis kuliner online sudah pasti memilik banyak peminat. Maka Anda perlu untuk membuat ciri khas pada bisnis kuliner yang akan Anda rintis. Ciri khas di sini lebih kepada aspek branding.

8. Perhatikan Sisi Pelayanan Konsumen

Di bisnis kuliner ada ungkapan yang dipegang teguh banyak pelaku usaha makanan, yaitu konsumen adalah raja. Makanan yang enak tapi waktu penyajiannya saja bisa membuat konsumen komplain, apalagi yang rasanya biasa-biasa saja. Pelanggan akan “berteriak” lebih kencang lagi.

Berbagai keluhan tersebut harus Anda jawab dengan pelayanan yang ramah. Pelayanan ramah ini bisa terlihat dari bagaimana Anda memberikan solusi pada pelanggan dengan lembut, tulus, dan dengan intonasi yang sabar.

Kesimpulan

Bisnis kuliner adalah bisnis yang tahan banting, karena sifat makanan yang memang dibutuhkan banyak orang. Semoga dengan artikel ini memberikan inpirasi pada Anda tentang tips memulai bisnis kuliner online.

Go digital sekarang juga dengan website toko online Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

 

Send Comment