Instagram. Siapa yang tak kenal dengan media social yang satu ini. Berfokus sebagia social media berbagi foto pada awalnya, kini Instagram menjelma menjadi aplikasi dengan pengguna aktif terbanyak kedua di dunia setelah Facebook. Saat ini penggunanya telah melewati angka 700 juta akun di seluruh dunia.

Dan dengan jumlah pengguna yang sangat banyak itu, bermunculan berbagai peluang baru untuk berbisnis. Tunggu dulu. Berbisnis menggunakan Instagram? Memang bisa? Tentu saja bisa. Karena berfokus pada layanan berbagi foto dan sekarang telah merambah video, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media pemasaran bagi produk yang Anda jual.

Nah, untuk memberi gambaran pada Anda Kanca Jejualan, tentang tips pemasaran di Instagram untuk pemula. Artikel ini akan membahas secara mendalam tips pemasaran di Instagram untuk pemula. Jadi, simak artikel ini sampai seleseai, ya.

Tips Pemasaran di Instagram Untuk Pemula

tips pemasaran di Instagram

Untuk bisa berbisnis di Instagram, sebagai pengguna, Anda bisa menggunakan fitur insight untuk mengetahui konten manakah yang lebih banyak menghasilkan engagement dengan followers. Instagram sendiri telah berkembang menjadi platform jual beli online. Siapapun kini lebih memilih Instagram untuk menjalankan strategi digital marketing. Dengan banyaknya pengguna Instagram, platform ini bisa menjadi pasar yang sangat potensial. Apalagi jika Anda adalah pebisnis yang menargetkan kalangan milenianl.

Untuk menjalankan kampanye pemasaran yang sukses di Instagram, diperlukan perencanaan dan strategi yang matang. Sama seperti platform lainnya. Berikut ini adalah tips pemasaran di Instagram bagi pemula.

1. Ubah Profil Menjadi Akun Bisnis

Tips pemasaran Instagram untuk pemula yang pertama adalah mengubah akun personal Anda menjadi akun bisnis. Instagram menyediakan berbagai jenis profil, yang menyesuaikan keberagaman pengguna Instagram. Bagi Anda pengguna yang memang berniat terjun ke bisnis, tersedia profil bisnis yang dapat pengguna pilih.

Keuntungan dari penggunaan profil bisnis adalah, akan memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda secara langsung. Anda juga bisa membuat ikaln dan membagikannya. Dan dengan akun bisnis, Anda dapat memantau insighst bisnis, dengan melihat postingan yang telah Anda buat sebelumnya.

2. Menggunakan Insights

Salah satu fitur bisnis yang sangat penting, yang ada di Instagram adalah Insight. Fitur atau tools ini akan menunjukkan statistik dasar, yang menilai usaha Instagram marketing yang sedang Anda lakukan. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu segala hal yang berkaitan dengan pengikut. Mulai dari waktu mereka yang paling aktif, dan postingan macam apa yang paling mereka sukai. Informasi tersebut dapa membantu Anda untuk memilih konten yang memiliki engagement yang lebih tinggi dengan followers.

Baca Juga : Algoritma Instagram dan Manfaatnya Untuk Bisnis Online

4. Foto Profil yang Terencana

tips pemasaran di Instagram

Kanca Jejualan, foto profil yang menarik adalah salah hal yang sangat krusial untuk menarik followers. Sudah seharusnya, profil Anda harus dapat mencerminkan bidang bisnis yang Anda jalani. Tak hanya itu, foto profil serta bio yang terdapat di profil, juga harus terkonsep yang serupa dengan feed Instagram Anda. Dengan begitu, followers Anda dapat melihat keseriusan dan kualitas dari bisnis Anda.

Tips Konten di Instagram

Untuk dapat menarik perhatian dari target pemirsa Anda, buatlah konten yang relevan dan. Jika konten yang telah Anda buat sebelumya belum mampu mendapatkan engagement yang besar, cobalah tips-tips membuat content marketing Instagram yang menarik berikut ini:

Membuat konten berkualitas dan relevan

Untuk membuat sebuah konten pemasaran yang berkualitas di Instagram, satu tips yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu hal yang sedang tren di Instagram hari ini. Untuk mengetahui apa yang sedang tren hari ini, Anda bisa menggunakan fitur pencarian.

Setelah mengetahui topik apa yang sedang tren, pilihlah tren yang sesuai dengan bisnis Anda, kemudian aplikasikan pada konten yang akan dibuat. Contohnya ,di explore Instagram sedang ramai dibahas tentang sepatu lokal, sedangkan usaha Anda, katakanlah adalah bisnis jasa cuci sepatu. Maka Anda dapat membuat konten yang berkaitan dengan fenomena sepatu lokal dengan jasa cuci sepatu Anda.

Kedua hal yang saling berhubungan tersebut dapat menarik minat dari target pasar yang Anda tuju. Konten Anda akan dianggap relevan dan sangat representatif.

Konten harus mewakili audiens

tips pemasaran di Instagram

Tanpa mengetahui siapa target audiens, apa yang mereka dibutuhkan, dan dimana mereka bisa mendapatkan produk yang cukup merepresentasikan mereka, akan mustahil bagi Anda untuk dapat menarik perhatian. Anda harus bisa memastikan bahwa konten yang Anda buat cukup mewakili followers Anda.

Ketahui lebih dalam segala hal yang berkaitan dengan audiens lewat fitur insight. Fitur insight di Instagram sendiri merangkum berarap informasi. Seperti berapa orang yang menyukai dan berkomentar pada suatu postingan, membagikannya, dan yang menyimpannya.

Insight di Instagram, pastinya juga memperlihatkan engagement. Yang termasuk ke dalam engagement atau interaksi, antara lain seperti kunjungan profil, penmuan, dan seberapa besar jangkauan yang dihasilkan oleh sebuah postingan. Beberapa saluran jangkauan antara lain berasal dari: impresi, tagar, profil, dari beranda, dan dari sumber lainnya.

Tinjau ulang konten Anda

Kebanyakan dari kita mungkin memiliki opini bahwa konten terbaik adalah konten yang original, bukan? Tentu saja hal ini dapat kita amini bersama-sama. Tetapi terkadang kita juga harus meninjau ulang konten yang pernah dibuat, tentunya agar lebih menarik.

Anda bisa menampilkan kembali konten lama Anda, dengan kemasan lebih menarik, namun tetap dengan informasi yang sama.Melakukan repurpose konten dapat menghemat banyak waktu Anda. Dan dari segi hasil, tentu juga dapat diandalkan untuk menarik audiens yang baru.

Mempromosikan konten

Menjalankan strategi bisnis adalah sesuatu yang butuh konsistensi untuk melakukannya. Banyak pebisnis yang tahu dan paham akan hal ini, namun sedikit saja yang menjalankannya. Pekerjaan Anda belum selesai saat berhasil membuat konten. Selanjutnya adalah bagaimana cara Anda untuk mempromosi dan mendistribusikan konten yang telah dibuat tersebut.

Di Instagram sendiri, ada beberapa cara untuk mempromosikan konten produk Anda. Mulai dari membuat story yang akan mengarahkan orang yang mengklik ke landing page atau ke postingan Anda, berkomentar di postingan akun lain, dan melakukan endorsement.

Dengan memilih artis endorse yang memiliki pengikut yang sangat banyak, dipercaya bisa meningkatkan brand awareness, dan penjulan secara drastis. Endorse, dalam kehidupan sehari-hari di era sekarang, tidaklah sulit ditemui. Ketika membuka Instagram misalnya, mayoritas akun selebritis, atlet, atau siapapun yang mempunyai pengikut dalam jumlah besar, pasti menerima endorsement. Baik dari online shop kecil, hingga dari dari brand ternama. Produk tersebut mempromosikan berbagai jenis produk dan jasa.

Penutup

Seiring perkembangan zaman, Instagram ingin memudahkan penggunanya yang ingin belanja, kini platform berbagi foto dan video ini menghadirkan Instagram Shop. Dan sebagai pebisnis, Anda harus melihat ini sebagai peluang yang bagus untuk pemasaran Anda. Semoga artikel tips pemasaran di Instagram untuk pemula ini bermanfaat untuk Anda.

Wujudkan ide bisnis online-mu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

 

 

 

Send Comment