Sebagai seorang pebisnis, kamu perlu membuat sebuah landing page untuk website. Landing page sendiri merupakan salah satu strategi digital marketing yang sangat banyak dipakai. Tujuannya tentu apalagi kalau bukan untuk mendapatkan pelanggan baru dan mengarahkan trafik ke website. 

Membuat landing page sendiri, sebenarnya bukanlah pekerjaan yang sulit. Hanya saja, menarik orang untuk melakukan aksi selanjutnya adalah pekerjaan yang tidak mudah. Selain pesan yang disampaikan harus jelas, desain landing page juga harus mudah dipahami. Artinya, pengunjung dengan mudah mengerti kemana alur untuk masuk ke proses berikutnya. 

Beruntunglah kamu, sekarang tak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana caranya membuat landing page yang bagus.Karena pentingnya memiliki landing page, kamu harus tahu cara membuatnya. Dan, kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan semua, tools simpel untuk membuat landing page. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya. 

Pengertian Landing Page

Sebelum membahas lebih jauh tentang tools simpel untuk membuat landing page, mari mengenal lebih dekat apa itu landing page. Landing page sendiri adalah sebuah halaman website statis yang difokuskan untuk mendapatkan lead melalui berbagai aksi tertentu. 

Baca Juga : Bisnis T-Shirt Untuk Pemula 

Aksi tersebut dapat berupa sebuah page yang berhubungan dengan website utama, atau terintegrasi sebagai bagian dari sebuah website. Fokus dari sebuah landing page sendiri dapat sangat variatif. Tergantung dari bisnis yang sedang dijalankan. Yang paling umum tentu saja adalah fungsi landing page untuk mengarahkan pengunjung, untuk misalnya mendaftarkan akun agar bisa melakukan trial, newsletter, atau menambahkan produk ke wishlist.

Mengapa Kita Butuh Landing Page? 

Pertanyaan demikian tentu akan ada di benak orang yang masih awam dengan digital marketing. Mungkin, ini karena sudah ada homepage, maka landing page tak diperlukan. Homepage website adalah halaman yang bisa dikatakan “cukup berantakan”. Bagaimana tidak, homepage umumnya berisi menu, postingan, tautan, sidebar, dan lain sebagainya. Memiliki landing page menjadi sangat menguntungkan karena lebih fokus dan dapat meningkatkan conversion rate. 

Landing page dapat meningkatkan respon pengunjung website, karena kamu menuntun apa saja yang harus dilakukan pengunjung website. Data dari Wordstream, conversion rate rata-rata yang dihasilkan adalah 2,35%, dengan 10 teratas perusahaan memiliki konversi hingga lima kali lebih tinggi dari itu.  

Tools Simpel Untuk Membuat Landing Page

Sekarang, kamu tak perlu lagi pusing bagaimana membuat desain landing page yang bagus namun mudah dimengerti pengunjung. Berikut ini adalah tools simpel untuk membuat landing page yang harus kamu coba: 

1. Squarespace

Tools simpel untuk membuat landing page pertama yang bisa kamu coba adalah Squarespace. Squarespace sendiri memiliki tiga kategori: landing page, website, dan ecommerce. Untuk bisa menggunakannya, kamu bisa berlangganan mulai dari $7 per bulan. 

Dengan Squarespace, kamu bisa menambahkan layout, seperti button dan button form. Kemudian ada juga fitur metrik yang memungkinkanmu untuk melihat trafik secara rinci. Mulai dari perangkat apa yang digunakan, referral, dan dan trafik secara keseluruhan. 

2. Instapage

Daftar kedua adalah Instapage. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, kamu bisa mencoba yang versi trialnya terlebih dulu. Instapage sendiri memiliki banyak pilihan template yang bisa dijadikan sebagai landing page. 

Baca Juga : Instagram Marketing Tools Gratis Untuk Bisnis Anda

Cara menggunakannya pun juga cukup mudah. Kamu tinggal memilih elemen yang ingin ditambahkan, dan kemudian diedit sesuai dengan kebutuhan. Pun, kamu juga bisa memindahkan posisi elemen sesuai keinginan. 

Instapage memiliki dua versi landing page. Yaitu landing page untuk desktop dan mobile version. 

Kelebihan Instapage: 

  • Kemudahan membuat landing page. Hanya dalam hitungan menit, landing pagemu siap untuk online. 
  • Mobile frriendly
  • Ada lebih dari 20 marketing tools yang digunakan. 
  • Kompatibel dengan WordPress. 

Untuk bisa menggunakan Instapage, kamu harus berlangganan dengan biaya sekitar $29 per bulan. 

3. Macaw

Untuk bisa menggunakan tools landing page yang satu ini, kamu harus mendownloadnya langsung ke website resmi Macaw. Barulah kemudian kamu bisa mulai untuk membuat landing page. 

Setelah selesai mendownload, kamu bisa langsung menggunakannya di perangkat yang kamu miliki. Pada tools ini, kamu harus mendesain semuanya dari awal tanpa menggunakan template sama sekali. Cukup menantang, bukan? 

Kalau kamu adalah orang yang suka bereksplorasi, Macaw adalah pilihan yang bagus. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Macaw: 

  • Membuat landing page langsung di software Macaw. 
  • Responsif dan cocok dengan semua device. 
  • Banyak jenis font. 
  • Memiliki banyak komponen yang dapat diakses di bagian library. 

4. Webydo

Webydo memiliki karakter yang mirip dengan Macaw. Hanya saja, kamu tak perlu menggunakan software khusus. Webydo menyediakan beberapa pilihan template yang bisa digunakan. Jadi, kamu tak perlu untuk repot mendesain dari awal lagi. 

Untuk menyunting landing page di Webydo, kamu membutuhkan kuota internet yang lebih banyak. Karena, Webydo bisa langsung digunakan di websitenya. 

Cukup banyak fitur yang bisa digunakan untuk menambah elemen-elemen pelengkap pada landing page. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Webydo: 

  • Bisa custom domain. 
  • Ada history revisi, sehingga kamu bisa melihat perubahan apa saja yang pernah dilakukan. 
  • Halaman yang responsif. 
  • Adanya efek parallax. 

Untuk bisa menggunakannya, Webydo sendiri memiliki empat kategori, mulai dari $25 per bulan. Kalau kamu berencana membuat perusahaan dan menginginkan fitur yang lebih banyak, kamu harus menghubungi customer service untuk kategori ini. 

5. Webflow

Bisa dikatakan, Webflow memiliki kemiripan dengan Webydo, yaitu menggunakan editing langsung di websitenya. Bila kamu pernah menggunakan Adobe Photoshop, pasti akan familiar dengannya. 

Webflow juga memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan. Seperti penggunaan button, script untuk media sosial, dan masih banyak lagi lainnya. Webflow sendiri memiliki empat kategori paket. Dan sebelum memutuskan menggunakannya, kamu bisa mencoba versi trialnya. 

6. Launchrock

Untuk ukuran sebuah tools landing page yang keren, Launchrock memiliki harga yang sangat murah. Kamu bisa menggunakan tools yang satu ini hanya dengan berlangganan $5 saja per bulan. Bisa dibilang, Launchrock mempunyai desain yang sangat responsif. Selain itu, dengan menggunakan tools simpel untuk membuat landing page ini, kamu bisa melihat data konsumen secara realtime. Dan yang paling epik adalah, Launchrock sudah mendukung semua tools analytics. 

Penutup

Itulah tadi beberapa tools simpel untuk membuat landing page yang bisa kamu coba. Cobalah untuk membuat landing page pertamamu dan rasakan manfaatnya. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment