Sebagai seorang pebisnis, kamu perlu membuat sebuah landing page untuk website. Landing page sendiri merupakan salah satu strategi digital marketing yang sangat banyak dipakai. Tujuannya tentu apalagi kalau bukan untuk mendapatkan pelanggan baru dan mengarahkan trafik ke website. 

Karena pentingnya memiliki landing page, kamu harus tahu cara membuatnya. Dan, kamu berada di tempat yang tepat. 

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu, Kanca Jejualan semua, tentang cara membuat landing page untuk jualan online. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Landing Page? 

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat landing page untuk jualan online, mari mengenal lebih dekat apa itu landing page. Landing page sendiri adalah sebuah halaman website statis yang difokuskan untuk mendapatkan lead melalui berbagai aksi tertentu. 

Aksi tersebut dapat berupa sebuah page yang berhubungan dengan website utama, atau terintegrasi sebagai bagian dari sebuah website. Fokus dari sebuah landing page sendiri dapat sangat variatif. 

Baca Juga : Bisnis T-Shirt Untuk Pemula 

Tergantung dari bisnis yang sedang dijalankan. Yang paling umum tentu saja adalah fungsi landing page untuk mengarahkan pengunjung, untuk misalnya mendaftarkan akun agar bisa melakukan trial, newsletter, atau menambahkan produk ke wishlist.

Pentingnya Landing Page Untuk Bisnis

Banyak yang bertanya, mengapa landing page sangat penting untuk bisnis. Hal ini tak lepas dari adanya homepage website, maka tak perlu lagi landing page. Homepage website adalah halaman yang bisa dikatakan “cukup berantakan”. Bagaimana tidak, homepage umumnya berisi menu, postingan, tautan, sidebar, dan lain sebagainya. Memiliki landing page menjadi sangat menguntungkan karena lebih fokus dan dapat meningkatkan conversion rate. 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Landing Page

Sebelum membuat landing, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini: 

Membuat Conversion Goal

Sebelum membuat landing page, pastikan kamu telah mengetahui tujuan dari pembuatan landing tersebut. Pikirkan tentang tujuan utamamu. Apakah ingin membuat pengunjung membeli sesuatu, atau mendorong mereka berlangganan layanan, dan lain sebagainya. 

Untuk mencapai tujuan yang direncanakan, kamu perlu membuat target yang lebih kecil. Misalnya uji coba produk gratis selama 30 hari ,mendapatkan newsletter atau voucher diskon. 

Ketahuilah dengan detail siapa audiensmu. Untuk itu, penting untuk menganalisa perilaku pasar. 

Membuat Value Proposition

Langkah selanjutnya adalah menuliskan keuntungan dari action tertarget dengan jelas. Jangan menuliskan hal-hal yang umum. Kamu harus menuliskannya secara singkat, spesifik, namun powerful. Maka pesan dapat tersampaikan dengan jelas. Kalau perlu, tambahkan tagline sederhana selama mendukung value proposition. 

Buat Call to Action yang Menarik

Setiap landing page harus memiliki call to action yang jelas dan mudah dipahami. CTA yang jelas adalah elemen kunci yang menuntun pengunjung untuk melakukan langkah selanjutnya, alias required action. 

Apapun bentuknya, formulir atau tombol, buatlah semenarik mungkin dan mudah untuk diklik.

Cara Membuat Landing Page Untuk Jualan Online

Kalau kamu ingin membuat halaman landing page, salah satu cara yang paling mudah adalah menggunakan WordPress. WordPress sendiri menawarkan kemudahan kepada para penggunanya. Dengan berbagai macam pengaturan dan plugin yang ada, WordPress kemudian banyak digunakan para marketer untuk membuat landing page. 

Kamu bisa membuat landing page bahkan tanpa perlu menggunakan pemrograman sama sekali

Tetapi, kalau kamu belum punya website WordPress, jangan ragu untuk segera membuatnya sekarang juga. 

Baca Juga : Instagram Marketing Tools Gratis Untuk Bisnis

Salah satu cara membuat landing page di WordPress, kamu bisa menggunakan Elementor page Builder. Diasumsikan, kamu sudah menginstall WordPress. Jadi langsung saja.

Berikut ini adalah cara membuat landing page menggunakan WordPress

Langkah Pertama – Login ke WordPress

Pertama, tentu kamu harus login terlebih dahulu ke website WordPress. Silakan memasukkannya dengan username dan password yang telah kamu dapatkan dari penyedia hosting tempatmu berlangganan. 

Langkah Kedua – Klik Menu Plugin

Kemudian, dari dashboard WordPress, temukan menu Plugins. Letaknya agak kebawah. Silakan klik Add New.

Langkah Ketiga –Mencari Elementor Page Builder

Setelah masuk ke halaman plugin, silakan ketikkan “Elementor” pada bilah pencarian. Tunggu sebentar hingga muncul Elementor Page Builder.

Langkah Keempat – Instal dan Aktivasi

Setelah menemukan Elementor Page Builder, silakan klik Install Now, kemudian klik Aktivasi.

Langkah Kelima – Create Your First Page

Setelah klik “Activate”, akan muncul dasbor yang menyambutmu di halaman utama Elementor. Silakan pilih “Create Your First Page”. Tunggulah sampai Elementor terbuka, dan kamu akan mendapati dasbor Elementor. Kamu bebas melakukan kustomisasi di sana.

Langkah Keenam – Membuat Pages

Setelah itu, silakan klik menu “Pages”, dan klik pada halaman yang kamu inginkan sebagai halaman Landing Page. Di sana terdapat tombol “Edit With Elementor”. Silakan klik tombol tersebut untuk membuat landing page dengan Elementor.

Pertama, silakan klik tombol “+” untuk memilih kolom yang diinginkan sebagai tampilan website. Kemudian, kamu akan diarahkan untuk memilih kolom yang diinginkan untuk pembagian tampilan website.

Langkah Ketujuh – Memilih Elemen Landing Page

Setelah memilih kolom, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mendesain landing page. Misalnya, kamu bisa memasukkan heading, image, carousel, Maps, Icon, Image Box, dan lain sebagainya. Menyesuaikan dengan visi kreativitasmu.

Elemen standar yang biasa ada di sebuah landing page antara lain adalah progress bar, text editor, dan icon box.

Drag “Text Editor” ke kolom yang tadi telah kamu pilih. Kemudian akan dibuat Progress Bar, klik “+” pada Progress Bar ke kolom bagian kanan.Untuk Icon Box, drag elemen tersebut ke setiap kolom. Isilah elemen-elemen tersebut hingga landing page yang diinginkan telah jadi.

Penutup

Demikian tadi cara membuat landing page untuk jualan online. Cukup mudah, bukan? Semoga dengan ini kamu tidak lagi bingung tentang cara membuat landing page untuk jualan online. Selain WordPress, masih ada beberapa tools keren lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat landing page. Ada yang berbayar, dan tak sedikit pula yang gratis. Landing page adalah salah satu kunci pada era pemasaran modern. Cobalah untuk membuat landing page pertamamu dan rasakan manfaatnya.  

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

 

Send Comment