Bagi para pemilik website toko online, salah satu cara agar bisa menghasilkan penjualan adalah trafik atau lalu lintas yang masuk ke website. Sebagai pemilik website, kamu harus memastikan bahwa konten yang ada di website terlihat menarik. Sehingga dapat menarik orang agar mau berkunjung ke websitemu. Dan ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan trafik website. Menggunakan sosial media bisa menjadi salah satu caranya. Namun, mendatangkan trafik ke website dari sosial media juga bukan hal mudah. Perlu kreativitas dan ketekunan di dalamnya. 

Karena itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan semua, tentang cara meningkatkan trafik website melalui media sosial. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa itu Trafik? 

Trafik, di dunia website diartikan sebagai jumlah orang yang mengunjungi sebuah website. Juga tentang halaman apa yang dilihat, dan durasi ketika berada di sebuah laman atau situs. 

Ketika ada orang yang berkunjung ke websitemu, data kunjungan, berikut semua link yang diklik, akan terekam oleh domainmu. Data-data ini, nantinya bisa kamu jadikan untuk alat untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan websitemu. 

Mengapa Trafik Begitu Penting Bagi Sebuah Website? 

Sebuah website sangat membutuhkan trafik. Sebagus apapun website, jika pengunjungnya sedikit, tidak akan bertahan lama. Apalagi jika websitemu adalah website toko online. 

Ada tiga alasan mengapa kamu harus memberikan perhatian lebih pada trafik website, yaitu: 

  • Trafik dari pengguna yang tertarik dengan websitemu, akan lebih banyak menghabiskan waktu di sana, dan besar kemungkinan membagikan websitemu ke lebih banyak orang.
  • Semakin lama orang berada di websitemu, semakin besar kemungkinan mereka mendaftarkan diri untuk berlangganan newsletter. Juga bisa menerima konten promo yang nantinya kamu buat kedepannya. 
  • Untuk para pebisnis, kamu perlu mendapatkan trafik website untuk memastikan, bahwa bisnis yang sedang dijalankan berjalan dengan lancar. Apalagi, jika website yang kamu kelola adalah website toko online. 

Cara Meningkatkan Trafik Website Melalui Media Sosial

Sosial Media, dipercaya menjad salah satu cara yang mujarab untuk meningkatkan trafik website. Dengan jumlah pengguna yang banyak dan platform yang beragam, media sosial adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan trafik. 

Berikut adalah cara meningkatkan trafik website melalui media sosial: 

1. Memilih Platform yang Tepat

Saat ini terdapat lebih dari 2 miliar orang yang menggunakan media sosial. Facebook, Instagram, dan YouTube menjadi tiga media sosial dengan pengguna terbanyak. Dan kini, satu orang pengguna, bisa memiliki lebih dari satu akun media sosial. Angka tersebut, jelas sangat besar. Tidak mudah untuk menjangkau semua jumlah pengguna sosial media tersebut. Karena masing-masing sosial media memiliki ciri khasnya masing-masing. 

Misalnya, jika kamu ingin fokus pada pada informasi produk yang detail, bisa menggunakan Facebook dan Twitter. 

Bisnis Franchise, Apa Itu? 

Lain halnya kalau kontenmu condong pada arah visual. Pinteres, YouTube, dan Instagram jelas jadi pilihan. Ada juga TikTok dan Snapchat, media sosial berbasis video pendek yang dengan cepat naik daun karena kemudahan penggunaannya. 

Jika target pengunjungmu dari kalangan korporat dan profesional, platform yang bisa menjangkau kalangan ini adalah LinkedIn. 

Mengidentifikasi demografi bisa menjadi cara yang tepat untuk mengetahui, manakah platform sosial media yang bisa kamu gunakan. 

2. Membagikan Konten Sesuai Platform 

Sebenarnya, tidak ada aturan yang benar-benar baku untuk konten yang boleh dibagikan di media sosial. Walapun platform yang digunakan sangat berpengaruh pada apa yang dibagikan. 

Misalnya, kamu ingin membagikan konten dengan aspek visual yang kuat. Kamu bisa menggunakan Instagram untuk melakukannya. Ini karena Instagram memiliki fitur yang sangat lengkap. Kamu bisa membagikan gambar, video pendek, reels, dan story yang akan hilang setelah 24 jam. 

3. Memilih Waktu yang Tepat Untuk Membagikan Konten

Salah satu cara untuk mendapatkan trafik website dari media sosial adalah mempertimbangkan waktu yang tepat untuk membagikan konten. Pilihlah waktu yang paling banyak menghasilkan engement. Kamu bisa menggunakan data analytics untuk mendapatkan informasi seperti ini. 

Kamu bisa menggunakan tools analitik untuk mendapatkan data waktu terbaik untuk membuat postingan. 

4. Promosikan Kontenmu

Seringkali, pengguna media sosial untuk bisnis kurang aktif untuk mempromosikan konten mereka. Padahal, dengan memromosikan konten, akan semakin besar peluang untuk mendatangkan trafik ke website. 

Media sosial adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan konten lama, asal tetap relevan. Kamu bisa mempromosikan konten yang sama beberapa kali. Ini penting untuk mendapatkan perhatian dari orang yang belum sempat melihat kontenmu. 

5. Tingkatkan Engagement Dengan Audiens

Meningkatkan engagement juga menjad cara yang tepat untuk mendatangkan trafik dari sosial media. Buatlah konten yang mengundang rasa penasaran audiens. 

Misalnya, dengan membuat pertanyaan yang memancing audiens merasa “eh, kok, bisa, sih?” bisa juga dengan membuat polling. Hampir semua media sosial hari ini memiliki fitur yang memungkinkanmu melakukan polling. Dan cara pamungkas untuk meningkatkan engagement dengan audiens adalah mengadakan kuis. Berikan hadiah yang menarik agar orang tertarik untuk mengikutinya. 

6. Membuat Konten yang Bagus

“Content is a King”. Kita semua tentu sepakat bahwa konten yang bagus adalah keharusan. Percuma rasanya jika sudah susah-susah berpromosi namun kualitas konten yang dibuat jelek dan tidak memberikan value lebih untuk audiens. 

Cara Menggunakan Google Trend Untuk Strategi Konten 

Konten yang bagus dapat menarik orang. Tak peduli apapun formatnya. Kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan media sosial yang digunakan. Berikut beberapa tips membuat konten di media sosial: 

  • Buat Konten Original. Konten yang bagus adalah keharusan. Tetapi keaslian konten adalah keharusan. Boleh-boleh saja melakukan ATM (Amati – Tiru – Modifikasi). Pastikan konten yang kamu buat tidak menjiplak bulat-bulat konten milik orang lain. 
  • Posting secara teratur. Memposting konten secara teratur sangat penting jika kamu ingin mendatangan lebih banyak trafik website dari sosial media. Boleh saja memposting dalam waktu yang terlalu sering. Hanya saja, cara ini seringkali membuat audiens bosan. Apalagi kalau konten yang kamu buat mirip dengan postingan sebelumnya. Memposting konten dalam waktu yang terlalu lama, juga tidak bagus. Bisa saja ada anggapan dari audiens, bahwa media sosialmu kurang aktif dan tidak menarik. 

Penutup 

Media sosial bisa menjadi cara yang ampuh untuk menarik lebih banyak trafik ke website. Sehingga tak heran, banyak pemilik website toko online yang menggunakan cara meningkatkan trafik website melalui media sosial. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment