Menjadi freelance online adalah profesi yang menarik. Para pekerja ranah freelance  ini dibutuhkan dalam berbagai jenis industri. Seperti pemasaran dan periklanan, penerbitan, hingga komunikasi digital.

Ada banyak platform yang biasa digunakan para freelancer untuk mengais rezeki di internet. Salah satunya adalah Fiverr. Fiverr menjadi tempat terbaik bagi para digital nomad menghasilkan uang dan mengumpulkan pundi dalam bentuk dollar. Di platform yang satu ini, setiap freelancer bebas untuk menawarkan jasa mereka pada klien yang tersebar di seluruh dunia. 

Tetapi kadang, sebagai freelancer pemula atau masih seller baru, kadang sulit untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Ini bisa menjadi masalah, karena tidak mudah untuk mencari kerja di Fiverr. Lawan terberat, siapa lagi kalau bukan para freelancer yang telah lebih dulu berkecimpung di Fiverr. Kadang, disebabkan oleh persaingan yang ketat, gig yang dibuat seller pemula jarang dilirik buyer, banyak seller yang akhirnya meninggalkan Fiverr. Karena itu, agar kamu gig Fiverr yang kamu buat laku, kamu harus mengetahui beberapa tips dan triknya. 

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan pada kamu tips agar menjual gig di Fiverr agar laku. Jadi, Kanca Jejualan, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Buat yang Belum Tahu, Apa Itu Fiverr

Sebelum membahas tips menjual gig di Fiverr, tak sedikit yang belum mengerti benar apa itu Fiverr, bagaimana cara kerjanya dan tips agar sukses di sana.  Fiverr adalah salah satu marketplace yang disukai oleh para freelancer di internet. Ada banyak sekali layanan jasa yang bisa kamu tawarkan di Fiverr. Mulai dari kepenulisan, translasi, desain grafis, edit video, sampai pemrograman dan virtual assistant. 

Fiverr menawarkan pada freelancer yang bergabung di platformnya, untuk memasang harga terendah $5. Dari sinilah awal mula nama Fiverr. Selanjutnya, Kamu bisa menambahkan harga sesuai dan paket tambahan yang dapat Kamu tawarkan sendiri. 

Misalnya, Kamu bisa menawarkan paket pengerjaan kebut semalam dengan biaya yang lebih mahal misalnya $10. Kamu juga bisa memberikan lisensi penuh serta source file bisa ada pembeli rela merogoh dompet sebesar $100. 

Baca Juga : Instagram Marketing Tools Gratis Untuk Bisnis Anda

Ada banyak sekali jasa yang bisa dijual di Fiverr. Beberapa kategori jasa layanan yang populer di Fiverr, seperti desain grafis, digital marketing, writing & translation, video editing, dan pemrograman. 

Banyak juga sub kategori  yang bisa kamu temukan di Fiverr. Salah satunya adalah digital marketing. Kamu bisa menemukan jasa yang berkaitan dengan digital marketing seperti SEO expert, social media marketing, dan SEM. 

Memahami Cara Kerja Fiverr yang Unik

Ada beberapa job marketplace yang terkenal di dunia ini. Freelancer yang mengawali karir di awal tahun 2010-an, tentu masih ingat dengan Freelancer.Com, Elance, dan Odesk. Meskipun masih banyak yang menggunakan, pamor Freelancer.com sudah tak sementereng dulu. Sedangkan Elance dan Odesk menggabungkan diri menjadi Upwork. Baru kemudian FIverr muncul sebagai “rising star” dengan keunikannya. Hingga kini, Upwork dan Fiverr menjadi dua platform job marketplace terpopuler di dunia. 

Terdapat dua perbedaan yang mendasar cara kerja masing-masing platform tersebut. Yaitu, bagaimana cara bekerja dengan klien. 

Di Upwork contohnya. Kamu harus terus mencari pekerjaan secara mandiri. Jadi, kamu harus aktif mencari pekerjaan baru ketika menginginkannya. Setiap akan bekerja dengan orang baru, kamu harus meluangkan waktu untuk meyakinkan bahwa klien tersebut harus menggunakan jasamu. 

Sedangkan Fiverr adalah kebalikan dari Upwork. Di Fiverr, ada yang namanya gigs. Dan sebagaimana arti dari gigs yang berarti pertunjukan, kamu bisa menawarkan jasa pada klien dalam bentuk gigs. Di gigs tersebut, kamu bisa menampilkan informasi seperti harga layanan, berapa lama waktu penyelesaian, dan lain sebagainya. Nantinya, klien yang tertarik akan menghubungimu. 

Menurut Fiverr, biaya layanan akan ditambahkan saat terjadi pembelian. Di mana, pembeli dapat meninjau dan menerima jumlah total yang diminta untuk dibayar. Dan biaya tersebut biasanya sudah termasuk biaya administrasi. 

Sebagaimana platform freelance marketplace lainnya, Fiverr juga akan membebankan biaya kepada freelancer dan agen saat mereka menggunakan Fiverr. Setiap layanan yang dijual, kamu akan mendapatkan pendapatan bersih sebesar 80% dari harga dasar dan 20% dari margin di atas harga paket dasar. 

Tips Menjual Gig di Fiverr

Untuk bisa menghasilkan uang di Fiverr, tentu saja kamu harus menyediakan gig yang layak untuk dijual. Ketika ada orang yang menggunakan gigyang kamu jual, peluang untuk mendapatkan uang di Fiverr akan semakin besar.

Berikut adalah cara menjual gig di Fiverr: 

1. Buat Gig Dengan Niche yang Spesifik

Tips pertama yang bisa dicoba para freelancer adalah membuat gig dengan niche yang spesifik. Misalnya, kamu mempunyai gig di kategori Writing, dengan sub kategori content writing. Jika tidak menggunakan niche, target pasarmu akan terlalu luas. 

Di Fiverr, gig sangat penting dan menjadi salah satu penentu kesuksesanmu di platform ini. Saat mendaftar di Fiverr, kamu akan dibatasi oleh berapa gigs yang bisa diatur. Mulai dari berapa banyak gig ekstra (upsell) dan multiple gig yang bisa kamu tawarkan. Nantinya, setiap kamu naik level, batasanmu akan semakin sedikit. 

Baca Juga : Bisnis T-Shirt Untuk Pemula 

Untuk mengoptimalkan gig, kamu ada bebarapa hal yang kamu lakukan: Deskripsi gig yang jelas, lakukan Upsell dengan paket dan gig ekstra dan tentukan harga gig Fiver

2. Mempromosikan Gig

 Fiverr menyediakan tempat bagi freelancernya untuk memajang portofolio. Kamu harus memanfaatkan hal ini. Tampilkan karya terbaik kamu miliki. Misalnya, bisa dengan menambahkan foto, video, dan keterangan agar gigmu terkesan meyakinkan dan profesional.

Dengan terlihat kompeten, buyer akan teryakinkan untuk menggunakan jasamu. 

Optimalkan gigmu dengan menulis judul yang menarik, dengan copywrtiting yang meyakinkan. Dan, jangan lupa juga untuk menampilkan foto thumbnail yang menarik. 

3. Rajin Mengirim Buyer Request

Tips menjual gig di Fiverr adalah dengan mengirimkan ke buyer request. Di Fiverr, ini adalah cara yang normal untuk usaha mendapatkan buyer pertama. Setelah mendaftar sebagai seller, lalu membuat gig pertama. Kamu bisa melihat ada pekerjaan apa saja yang dibutuhkan buyer di Fiverr dengan melihatnya di buyer request.

Di sana, kamu akan menemukan banyak buyer request, ya semacam lowongan pekerjaan begitu. Satu seller boleh mengirimkan hingga 10 offer setiap harinya. 

Penutup

Di Fiverr, gig sangat penting. Dan mengetahui cara kerja sistem gig adalah sebuah hal penting bagi siapa saja yang ingin sukses di Fiverr. Semoga artikel ini bisa membuat Kanca Jejualan memahami cara menjual gig di Fiverr. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

Send Comment