Inspirasi bisnis bisa datang dari mana saja. Salah satunya dari binis kursus yang saat ini tengah menjamur. Ya, bisnis kursus sejak dulu adalah salah satu jenis usaha yang memiliki peminat yang banyak. Hampir semua bidang keterampilan bisa dibuka kursusnya. Mau apa? Ada kursus menjahit, kursus bahasa asing, memasak, hingga kursus komputer dan kursus mengemudi. Tak heran, karena berbagai keterampilan tersebut dibutuhkan banyak orang. Itulah mengapa usaha kursus adalah salah satu jenis usaha dengan potensi menjanjikan dimasa depan. Berkat adanya internet, bisnis kursus pun seakan menembus ruang dan waktu. Banyak yang tergiur dengan keuntungan bisnis kursus.

Keuntungan Bisnis Kursus

Bisnis kursus sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota. Jenisnya pun beragam. Ada yang menawarkan waktu kursus yang bervariasi. Ada yang menawarkan kursus pendek, dan tak sedikit pula yang menawarkan kursus Panjang. Barbagai jenis kursus tersebut umumnya sangat mudah ditemui di Kawasan perkotaan. Kanca Jejualan, berikut ini adalah keuntungan membuka bisnis kursus yang harus Anda ketahui:

  • Online

Keuntungan Bisnis Kursus

Adanya teknologi bernama internet membuat banyak terciptanya berbagai sumber penghasilan. Tak hanya lewat offline, Anda juga bisa memanfaatkan jejaring internet untuk menjalankan bisnis les privat. Usaha kursus online adalah salah satu bisnis online yang banyak diminati. Variasi kursus online yang banyak diminati antara lain kursus menulis opini di media massa, digital marketing, desain grafis, dan lain sebagainya.

Moda utama dari sebuah bisnis kursus adalah mempunya keterampilan yang memang layak jual. Misalnya kemampuan bermusik, Bahasa asing, memasak, menjahit, menulis, fotografi, dan lain-lain. Berbagai jenis kursus tersebut bisa Anda jual dalam bentuk offline atau online.

  • Modal Kecil

Secara umum, bisnis kursus baik offline atau online tidak memerlukan modal yang besar. Dengan modal minim pun, Anda sudah bisa memulai dan menjalankan bisnis kursus dengan lancar. Modal utama yang harus Anda miliki adalah memiliki keterampilan khusus yang dapat dijual dan mampu menarik minat konsumen yang besar. Anda pun bisa melakukan penghematan biaya saat menjalankan promosi. Beriklan via internet seperti menggunakan Facebook, Instagram, grup WhatsApp bsia sangat menghemat budget iklan Anda.

Bisnis kursus keterampilan sangat bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Hal ini karena permintaan pasar yang selalu ada. orang-orang selalu butuh untuk menguasai berbagai macam keterampilan yang bisa saja berguna di kehidupan mereka.Syarat utamanya tadi, memiliki keterampilan yang memang layak dijual kepada orang banyak. Bisnis kursus bisa berupa tutorial seperti live video, ebook, dan lain sebagainya.

  • Keuntungan Besar

Keuntungan dari bisnis kursus sebenarnya sangat menjanjikan. Hal ini karena orang-orang membutuhkan ilmu dan keterampilan tertentu. Umumnya berkaitan dengan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan seseorang menguasai skill yang menjadi syarat utama pekerjaannya. Dan lagi-lagi, internet membuat pansa pasar kursus Anda tak hanya menjangkau lingkup yang sempit, namun juga bisa meluas sampai ke suluruh dunia.

  • Omzet Per Bulan

Untuk mengetahui omzet dan keuntungan bersih kursus online, Anda bisa melihat profil Veronica Ratna Ningrum. Mengetahui fakta bahwa banyak sekali anak-anak Indonesia yang kurang mampu berbahasa Inggris, ia membulatkan tekad untuk membuka kursus Bahasa Inggris bagi anak-anak. Bisnis kursus Bahasa Inggris garapan Ratna mampu menarik minat banyak orang karena mendatangkan tentor orang asing penutur Bahasa Inggris.

Omzet bisnis les privatnya mencapai angka ratusan juta rupiah per bulan. Karena selain memiliki kemampuan memadai pada bisang Bahasa Inggris, pengalaman Ratna sebagai praktisi marketing turut membuat bisnisnya berkembang dengan pesat. Untuk memulai kursus privat Bahasa Inggris ini, ia mengeluarkan biaya tak kurang dari 250 juta Rupiah. Jumlah tersebut digunakan untuk menyewa lokasi usaha, berbelanja alat dan perlengkapan, renovasi tempat, gaji karyawan di awal, dan lain sebagainya.

Dan, dengan pesatnya perkembangan kursusnya ini, kini Ratna berhasil balik modal dalam waktu yang cukup cepat. Tentu dengan berbagai pendekatan dan strategi bisnis yang tepat, semua ini dapat tercapai.

Cara Memulai Bisnis Bimbel Online

Setelah mengetahui keuntungan dan omzet yang bisa diraih sebuah Lembaga kursus, kini saatnya Anda memulai bisnis kursus online Anda sendiri. Berikut cara memulai bisnis kursus online versi Jejualan:

  1. Menentukan Apa yang Diajarkan

Keuntungan Bisnis Kursus

Langkah pertama yang harus lakukan dalam membangun sebuah bisnis kursus online adalah memutuskan apa yang akan Anda bagikan ke peserta kursus. Sebarapa besar penguasaan Anda akan topik tersebut?

  1. Menentukan Target Audiens

Setelah mengidentifikasi topik yang diajarkan, langkah berikutnya adalah menentukan target pasar yang sekiranya akan tertarik dengan topik yang Anda tawarkan. Menentukan target pasar ini sangat penting agar bisnis kursus online Anda bisa berjalan terarah dan focus.

  1. Menciptakan Image Berbeda dan Unik

Titik awal untuk menciptakan branding yang unik adalah tentang positioning Anda di industry. Branding adalah tentang penentuan posisi. Anda harus mampu membranding diri sebagai ahli di bidangnya. Jika tidak, Anda akan sulit menarik orang untuk bergabung dengan kursus online milik Anda.

  1. Memilih Media Distribusi

Memilih media distribusi juga sangat penting dalam sebuah bisnis kursus. Dengan kursus berbasis kelas, proses pengajaran bisa berjalan cukup mudah, secara bertatap muka langsung. Sedangkan kursus online sedikit berbeda. Akses masing-masing peserta ke sumber daya akan berbeda tergantung seberapa cepat koneksi yang mereka miliki.

  1. Membangun Audiens

Keuntungan Bisnis Kursus

Sekarang saatnya membangun audiens unutk bisnis kursus online. Audiens adalah jumlah total semua orang yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan Anda melalui berbagai saluran. Bisa blog, media social, email, hingga jaringan pribadi. Mengapa harus membangun audiens? Tanpa audiens yang mengetahui, menyukai, dan mempercayai Anda, akan sangat sulit untuk menjual produk kursus tersebut.

Beberapa cara untuk membangun branding dan menggaet audiens antara lain: Menggunakan media social, content marketing, joint ventures, dan email marketing.Dengan menggunakan media social, Anda bisa membagikan konten ke setiap grup atau komunitas yang ada di berbagai platform media social. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan atensi dan menimbulkan keterikatan dengan pengguna media social.

Anda juga bisa mempublikasikan konten dari kursus Anda. Misalnya dengan memberikan konten gratis yang berguna membangun kepercayaan pelanggan pada brand Anda. Jenis konten yang bisa Anda bagikan antara lain artikel, video, podcast, hingga infografis.

Kesimpulan

Bisnis kursus dan les privat bisa dilakukan oleh siapa saja. Tak perlu memelukan modal terlampau besar. Asal sesuai dengan keahlian yang dimiliki serta menemukan pasar yang pas. Kanca Jejualan, demikian artikel mengenai Keuntungan Bisnis Kursus, Omzet Per Bulan, Dan Cara Memulainya.

Jika masih memilik pertanyaan seputar bisnis online dan layanan Jejualan lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Send Comment