Jika mencari platform freelance terbesar saat ini, sulit untuk tidak menyebut nama Fiverr. Dari sekian banyak platform yang biasa digunakan para freelancer untuk mengais rezeki di internet, salah satunya adalah Fiverr. Fiverr menjadi tempat terbaik bagi para digital nomad, julukan para freelancer online menghasilkan uang dan mengumpulkan bayaran dalam bentuk dollar. Di platform yang satu ini, setiap freelancer bebas untuk menawarkan jasa mereka pada klien yang tersebar di seluruh dunia. 

Karena itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan semua tentang Panduan Fiverr 2021 untuk penjual dan pembeli. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Fiverr? 

Fiverr adalah sebuah job marketplace yang disukai oleh para freelancer di internet. Ada banyak sekali layanan jasa yang bisa kamu tawarkan di Fiverr. Mulai dari kepenulisan, translasi, desain grafis, edit video, sampai pemrograman dan virtual assistant. 

Pada freelancer yang bergabung di platformnya ,Fiverr menawarkan, untuk memasang harga terendah $5. Dari sinilah awal mula nama Fiverr. Selanjutnya, Kamu bisa menambahkan harga sesuai dan paket tambahan yang dapat Kamu tawarkan sendiri. 

Fiverr sendiri sudah eksis sejak tahun 2010, di kota Tel Aviv, Israel. Butuh waktu dua tahun bagi Fiverr untuk dikenal dunia. Ketika itu, tercatat sudah ada tiga juta pengguna yang terdaftar pada Fiverr. Pendiri Fiverr, Micha Kaufman dan Shai Wininger menyematkan nama “gig’ sebagai nama layanan mereka. 

Baca Juga : Instagram Marketing Tools Gratis Untuk Bisnis Anda

Gig merupakan layanan yang memungkinkan freelancer untuk mendaftar atau melamar pekerjaan. Siapa saja bisa bergabung di Fiverr. Sebabnya apalagi kalau bukan karena platform ini dibangun dengan model kerja paruh waktu dan pekerjanya adalah para pekerja lepas alias freelance. Jadi, setiap freelancer yang tergabung di Fiverr bisa bekerja di mana saja, dan dari mana saja. Yang penting, pekerjaan selesai. 

Tujuan dari Fiverr sendiri memang menyediakan tempat pertemuan untuk banyak pelaku usaha kecil, untuk memaksimalkan kemampuannya sebagai pekerja freelance. 

Siapa Pelaku Bisnis di Fiverr? 

Kemudian, siapa saja yang pelaku bisnis yang ada di Fiverr? Di Fiverr, setidaknya terdapat beberapa pihak yang saling berkaitan secara langsung. Siapa saja mereka? Ini dia daftarnya: 

  • Buyer

Elemen pertama yang ada di Fiverr adalah buyer. Buyer adalah pihak yang menikmati layanan freelance oleh orang yang menjual jasanya. Nantinya, setelah pekerjaan selesai, buyer akan membayar sejumlah uang yang telah disepakai karena telah bertindak sebagai pembeli atas jasa yang disediakan orang lain. 

  • Seller 

Seller adalah orang yang menjajakkan jasa di Fiverr dan harus menyelesaikan pekerjaannya dengan benar, untuk pihak yang telah membayar jasanya. 

Seller akan mendapatkan fee dari pekerjaan yang dilakukan untuk buyer. 

  • Gigs

Kemudian ada Gigs. Gigs adalah pekerjaan yang harus diselesaikan oleh para reseller. Biasanya, pekerjaan ini tergantung pada keahlian pada seller. Sehingga sanat memungkinkan meningkatkan kepuasan seller. 

  • Platform

Dan elemen keempat adalah platform, dalam hal ini Fiverr sebagai marketplace. Marketplace online merupakan platform yang digunakan untuk para freelancer memasarkan jasanya. 

Panduan Fiverr 2021 Untuk Buyer

Beberapa kekhawatiran yang dari para buyer baru di Fiverr adalah mendapatkan hasil pekerjaan dengan kualitas yang renadah, karena harganya yang murah. Maka dari itu, silakan simak panduan Fiverr untuk buyer berikut ini: 

1. Menggunakan Filter Dengan Bijak

Cara pertama adalah dengan menggunakan filter. Jika yang kamu butuhkan adalah layanan seperti menulis artikel atau desain logo, kamu bisa memulainya dengan kategori bawaan. 

Namun, jika kamu tak tahu apa sebenarnya kamu butuhkan, sesuatu yang unik misalnya, kamu bisa menggunakan kolom pencarian. Nantinya, kamu bisa menggunakan filter yang tersedia untuk memudahkan melakukan pencarian. Berikut cara menggunakan filter untuk buyer. 

  • Filter pertama yang sangat penting adalah service options. Opsi ini akan menunjukkan spesialisasi dan ekstra untuk jenis proyekmu. Filter ini adalah dapat membantu mempersempit hasil pencarian hingga 10 kali lipat. 
  • Kemudian ada seller detail. Filter ini dapat membantumu menemukan memilih level seller. Ada empat tingkatan seller di Fiverr: Level 1 dan 2, Top Rated, dan sisanya. 
  • Kosongkan filter budget. Ini pilihan yang bisa dilakukan agar tidak membatasi pilihanmu di awal. Kecuali memang kamu mencari tawaran termurah. 
  • Gunakan filter delivery time jika kamu membutuhkan hasil segera. Namun, semakin cepat waktu pengerjaan, biasanya harganya juga akan tinggi. 

2. Hubungi Penjual Terlebih Dulu

Kamu bisa memilah 2 sampai 3 tawaran yang sepertinya cocok dengan kriteriamu. Kemudian kirimkanlah pesan pada penjual. Jelaskan proyekmu dengan singkat dan tanyakan beberapa hal. Lihat tanggapan mereka. Apakah jawaban mereka relevan dan jelas. 

3. Jangan Ragu Untuk Meminta Revisi

Umumnya, seller di Fiverr menyertakan paket 1-2 kali revisi. Seller yang yang baik tentu saja akan setuju untuk melakukan perubahan yang wajar, jika kamu memintanya dengan baik. 

4. Menjalin Hubungan Baik Dengan Seller

Sebagai buyer, sangat penting untuk bisa menjalin hubungan yang baik dengan seller. Ketika sudah mendapatkan seller yang sesuai, dan punya visi misi yang sama denganmu, akan lebih mudah nantinya ketika melakukan koordinasi untuk proyek selanjutnya. 

Panduan Fiverr 2021 Untuk Seller

Saat awal pertama kali menggunakan Fiverr, sebagai seller, kamu harus tahu bagaimana cara menjual di Fiverr. Oleh karena itu, simak panduan Fiver 2021 untuk seller berikut ini: 

1. Membuat Profil Layanan Sebaik Mungkin

Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk menunjukkan keahlianmu di Fiverr. Misalnya, Fiverr memiliki fitur yang memungkinkanmu menambahkan daftar klien terbaik menurutmu. Selain itu, Fiverr juga menyediakan tes keterampilan yang dapat kamu ambil. Tentu saja tes keahlian ini harus sesuai dengan jenis layanan yang telah dipilih. 

2. Mengoptimalkan Gigs Fiverr

Di Fiverr, gigs sangat penting dan menjadi salah satu penentu kesuksesanmu di platform ini. Saat mendaftar di Fiverr, kamu akan dibatasi oleh berapa gigs yang bisa diatur. Mulai dari berapa banyak gig ekstra (upsell) dan multiple gig yang bisa kamu tawarkan. Nantinya, setiap kamu naik level, batasanmu akan semakin sedikit. 

Baca Juga : Instagram Marketing Tools Gratis Untuk Bisnis Anda

Berikut ini adalah beberapa trik untuk mengoptimalkan gig: 

  • Deskripsi gig yang jelas
  • Lakukan Upsell dengan paket dan gig ekstra
  • Tentukan harga gig Fiverr

3. Memahami Karakter Pelanggan di Fiverr

Ada istilah bahwa pelanggan selalu benar. Tampaknya, hal tersebut juga berlaku di Fiverr. Maka dari itu, penting untuk mengetahui karakter pengguna jasa di Fiverr. Salah satu hal yang kadang terjadi ketika pelanggan tidak puas dengan kinerjamu, mereka akan menuntut refund alias pengembalian dana. Jika hal ini terjadi, tentu saja pekerjaanmu akan terasa sia-sia belaka. Maka dari itu, penting untuk menjaga kepuasan klien. 

Penutup 

Itulah tadi panduan Fiverr 2021. Lengkap untuk buyer dan seller. 

Wujudkan ide bisnis Anda dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

 

Send Comment