Kalau membicarakan desain grafis, umumnya bayangan yang muncul kepala adalah soal barang atau produk desain grafis. Mulai dari majalah, poster, kartu undangan, sampai baliho dan banner yang biasa kita temui di jalanan. Dan seiring dengan perjalanan waktu, barang-barang tersebut semakin bertambah nilainya dengan adanya elemen lain. Seperti infografis, kartu nama digital, desain media sosial, hingga desain kutipan caption Instagram di era yang serba digital saat ini. 

Padahal, sebenarnya desain grafis lebih dari itu. Karena di belakangnya, ada banyak sekali profesi yang sangat berkaitan dengan desain grafis. Apalagi kini setiap hari, kita selalu disuguhkan konten, konten, dan konten. Di berbagai media, yang sangat banyak jumlahnya. 

Maka dari itu, pada artikel kali ini, kami akan membagikan 9 profesi desain grafis yang tidak banyak orang tahu. Kanca Jejualan, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa yang Sebenarnya Dilakukan Desainer Grafis? 

Profesi desain grafis adalah profesi yang menarik. Mengapa? Karena menggabungkan tiga unsur utama. Unsur tersebut antara lain seni, teknologi, dan komunikasi. Para pekerja di bidang desain grafis ini dibutuhkan dalam berbagai jenis industri. Seperti pemasaran dan periklanan, penerbitan, hingga komunikasi digital. 

Banyak hal yang dikerjakan oleh seorang desainer grafis. Misalnya membuat grafik dan layout untuk berbagai macam produk, termasuk logo perusahaan, situs web, pakaian, buku, game, hingga buku manual sebuah produk. Seorang desainer grafis harus memiliki pemahaman yang bagus tentang warna, konstruksi gambar, jenis font, dan berbagai hal artistik lainnya. Hal ini penting, agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima oleh pemirsa tertarget. 

Skill yang harus dimiliki seorang desainer grafis: 

– Kemampuan menggambar, baik secara manual ataupun menggunakan tool digital. 

– Kreatif dan inovatif

– Komunikatif

– Memahami penargetan audiens. 

– Mahir menggunakan software pengolah gambar, seperti Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, Corel Graphic Suite, dan lain sebagainya. 

Profesi Desain Grafis yang Tidak Diketahui Banyak Orang 

Berikut ini adalah 9 Profesi yang berkaitan dengan desain grafis yang banyak orang tidak tahu. Apa saja? Ini dia daftarnya: 

Art Director

Profesi yang berhubungan dengan desain grafis pertama dalam daftar ini adalah art director. Untuk Anda yang memiliki ketertarikan dengan film, pasti pernah membahas siapa art director sebuah film, karena sentuhan seninya sangat bagus, bukan? Ya, karena memang begitulah adanya tugas seorang art director. 

Seorang art director umumnya bertugas untuk mengarahkan nilai seni dalam desain dan karya visual lainnya. Mereka kini banyak menggunakan karya seni dari komputer dengan berbagai macam efek visual yang menarik. Dalam dunia advertising, profesi ini sangat dibutuhkan. Mereka juga harus menguasai beberapa software-software pengolah gambar. Antara lain seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dan software video editor lainnya. 

Baca Juga : Panduan Lengkap Social Media Marketing 2021

Illustrator

Sesuai dengan namanya, illustrator bertugas untuk menjelaskan dan menyampaikan sebuah pesan dalam bentuk visual agar dapat menarik perhatian audiens. Ilustrasi sendiri memiliki berbagai bentuk pada banyak medium. Contohnya bisa kita lihat pada iklan poster, desain majalah, cover buku dan novel, serta masih banyak lagi lainnya. Selain fulltime, ada banyak ilustrator yang bekerja secara independen. Mereka mengerjakan proyek-proyek dan tidak terikat pada satu perusahaan. 

Drafter

Untuk Anda yang suka melihat gambar-gambar rumah, pernahkan Anda bertanya, siapa yang membuat gambar-gambar, misalnya denah rumah tersebut? Ya, tugas tersebut dilakukan oleh seorang drafter. 

Drafter adalah desainer yang biasanya dibutuhkan khusus untuk membuat gambar rancang bangun untuk arsitektur. Mereka adalah seseorang dengan ide rancangan yang brilian dan harus memiliki ketelitian tingkat tinggi. Beberapa software yang harus dikuasai oleh seorang drafter antara lain Archicad, 3D Revit, dan yang paling populer tentu saja, AutoCAD. 

Visualisator 

Ketika mendesain, biasanya sebuah ide akan dituangkan terlebih dahulu dalam bentuk gambar 2 dimensi. Dan tugas seorang visualisator adalah membuat gambaran barang tersebut dalam bentuk 3 dimensi. Biasanya, mereka membuat visualisasi produk tiruan atau mockup untuk keperluan presentasi produk. Beberapa software yang harus dikuasai seorang visualisator antara lain 3D Max, Digital Clay, AutoCAD,dan lain sebagainya. 

Editor

Bisa jadi, editor adalah seorang desainer grafis yang paling umum. Tugasnya adalah membuat poster, sampul, banner, cover majalah, hingga desain lain. Seperti brosur, leaflet, kartu nama, undangan, dan lain sebagainya. Kini, setiap perusahaan paling tidak membutuhkan jasa seorang editor. Beberapa software yang harus dikuasai seorang editor, antara lain Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan CorelDraw. 

Layouter 

Seperti namanya, tugas seorang layouter adalah mengatur tata letak. Biasanya, seorang layouter banyak ditemui di industri desain cetak, seperti majalah, koran dan buku. Mereka adalah orang-orang yang harus memiliki kemampuan untuk menempatkan informasi agar lebih mudah dibaca. 

Animator

Peran seorang animator kini semakin banyak dibutuhkan. Kehadiran animator biasanya dibutuhkan pada banyak bidang industri kreatif. Mulai dari dunia perfilman, iklan, hingga grafis bergerak. Semua butuh animator. 

Ada beberapa skill yang harus dikuasai seorang animator. Selain menggambar dengan tangan, seorang animator harus bisa menggunakan software pengolah gambar yang kini banyak digunakan sebagai tools mereka bekerja. Antara lain seperti GIF Animator, Corel R.A.V.E, Figma, Adobe After Effect, dan lain sebagainya. 

Fotografer

Desain, biasanya membutuhkan gambar yang hidup. Maka dari itu, dibutuhkan peran seorang fotografer. Ada beberapa skill yang harus dimiliki seorang fotografer. Mulai dari skill memotret tentu saja, pengetahuan yang luas akan kamera, hingga mampu mengoperasikan beberapa perangkat editor foto. 

Beberapa software yang harus dikuasai antara lain, seperti Adobe Photoshop, Lightroom, dan beberapa editor foto populer lainnya. 

Video Editor

Video editor adalah seorang editor yang mengedit gambar bergerak audio visual. Biasanya, peran video editor dibutuhkan untuk membuat video, film, iklan, hingga animasi. Ia bekerja dengan menggabungkan video dan juga audio, untuk menjadikannya sebuah video yang menarik. 

Integrated Designer

Mungkin, belum banyak yang mengetahui tentang role yang satu ini. Tetapi, desainer ini akan dibutuhkan ketika Anda memerlukan penggabungan dengan programmer. Beberapa diantaranya seperti pembuatan video game, hingga web desain. Integrated designer, biasanya memiliki skill yang paling lengkap diantara desainer lainnya, karena banyaknya aspek yang harus dikuasai. 

Penutup

Sebenarnya, masih banyak profesi lain yang merupakan turunan dari grafis desainer. Profesi desainer grafis merupakan pekerjaan yang membutuhkan skill visual yang tinggi. Tak hanya menggambar saja, tapi juga harus memiliki selera seni yang tinggi. 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.  

 

Send Comment