Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih software payroll gratis  yang tepat untuk bisnis Anda, seperti fitur, kemudahan penggunaan, integrasi, dukungan, dan banyak lagi.

Terlebih, saat ini ada banyak platform dan software payroll dengan berbagai fiturnya yang mungkin bisa sangat membingungkan Anda selaku pemilik bisnis atau bagian dari tim HR.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi 10 software payroll gratis yang bisa Anda pilih, dan tips yang bisa Anda gunakan sebelum memilih software payroll yang tepat untuk bisnis Anda.

Menfaat Menggunakan Software Payroll

1. Perhitungan bebas kesalahan

“Berbuat salah adalah manusiawi.”

Seperti yang dikatakan idiom di atas, kesalahan manusia adalah hal yang wajar. Salah satu kelemahan utama dari sistem pemrosesan penggajian tradisional berbasis kertas adalah kerentanannya terhadap kesalahan yang mahal.

HR merasa kesulitan untuk mengelola beban kerja yang besar dan menjalankan analisis terperinci dari banyak karyawan. Jadi, perangkat lunak penggajian berbasis cloud dapat menangani proses penggajian jauh lebih baik daripada yang bisa dilakukan manusia.

2. Menghemat waktu

Waktu sangat berharga bagi bisnis. Dengan solusi perangkat lunak penggajian, Anda tidak perlu khawatir tentang memasukkan potongan gaji dan perhitungan penggajian yang panjang secara manual.

Awalnya, Anda harus memasukkan detail karyawan dan struktur pembayaran yang diikuti oleh perusahaan Anda. Perangkat lunak akan mengurus langkah-langkah selanjutnya dan bahkan memperbarui sendiri.

Sementara platform atau software payroll menangani semua proses yang memakan waktu, perusahaan Anda dapat fokus pada pencapaian tujuan bisnis yang penting.

3. Peningkatakan keamanan data

Munculnya teknologi telah meningkatkan standar keamanan untuk software payroll. Penyedia HR / Payroll yang andal seperti sumHR selalu memastikan bahwa semua data yang dibagikan dienkripsi dan disimpan dengan aman di servernya.

4. Menghemat biaya

Menjalankan UKM (Usaha Kecil & Menengah) adalah pekerjaan yang kompleks karena melibatkan banyak tugas dalam anggaran terbatas.

Software payroll gratis dapat membantu Anda menghemat sejumlah besar uang yang dihabiskan untuk pemrosesan penggajian manual. Bisnis Anda dapat memangkas biaya dengan layanan profesional yang dapat membantu Anda mengontrol penggajian dan meningkatkan keuntungan Anda.

Software payroll gratis berbasis cloud yang ditawarkan oleh perusahaan seperti Gajihub dapat menangani proses pencatatan kehadiran karyawan dan sistem penggajian dengan harga yang terjangkau.

Jadi, inilah kesempatan Anda untuk menghemat uang, dan berinvestasi di area lain dari bisnis Anda juga.

5. Sistem dukungan pelanggan

Bagaimana jika Anda menghadapi masalah apa pun saat berurusan dengan perangkat lunak dan tidak tahu bagaimana melanjutkannya?

Anda dapat menghubungi tim layanan pelanggan yang sangat baik yang dapat menangani masalah dan pertanyaan Anda.

Jika terjadi kerumitan atau gangguan dalam pekerjaan, jangan ragu untuk menghubungi mereka sesuai keinginan Anda. Anda akan menerima respons yang cepat dan saran ahli tentang cara melangkah lebih jauh.

Baca juga: 5 Rekomendasi Software Payroll Terbaik yang Bisa Anda Coba

6. Pengingat tepat waktu

Apakah Anda khawatir terjebak dalam kesibukan kerja dan gagal melakukan pemeriksaan penggajian?

Menggunakan software payroll dapat berguna selama jam kerja yang sangat sibuk. Misalnya, Anda dapat mengatur pengingat khusus pada Gajihub yang akan membantu Anda memenuhi tenggat waktu tanpa gagal.

Software payroll gratis seperti Gajihub dapat membantu mengelola file penggajian dan mengelola jadwal pembayaran gaji. Fitur pelacakan waktu ini membuat Anda tetap up to date dan efisien.

7. Permudah pembuatan slip gaji

Membuat slip gaji dan cek kertas untuk semua karyawan adalah tugas yang merepotkan yang dapat menghabiskan sebagian besar waktu kerja Anda.

Untungnya, software payroll saat ini dilengkapi dengan fitur pembuat slip gaji yang dapat memudahkan tugas Anda. Anda dapat melanjutkan rutinitas pembayaran bulanan dengan cara yang tidak merepotkan tanpa takut mengacaukan semuanya.

Hal ini lebih bermanfaat bagi perusahaan yang karyawannya semakin bertambah. Anda dapat memilih templat yang sesuai dan mengisi persyaratan untuk membuat slip gaji yang disesuaikan dan mencetaknya dalam jumlah besar.

8. Penghitungan pajak penghasilan dengan lebih cepat

Apakah Anda merasa sulit untuk mengikuti aturan pajak penghasilan yang sering berubah? Sekarang Anda bisa bernafas lega.

Software payroll memberikan update instan tentang semua undang-undang pajak dan formulir pajak baru serta dampaknya pada gaji akhir.

Saat mengatur kolom pembayaran kerja, software akan mengarahkan sistem untuk memotong jumlah pajak sebelum melakukan pembayaran akhir. Ini akan membantu Anda menghitung jumlah gaji yang tepat dan mendistribusikannya kepada karyawan.

9. Meningkatkan produktivitas karyawan

Jantung dan jiwa perusahaan adalah para pekerjanya yang bekerja keras dan menyumbangkan bagian unik mereka untuk pertumbuhan dan produksi secara keseluruhan.

Sistem manajemen penggajian tradisional dapat menunda pembayaran. Tetapi Anda dapat mengandalkan software payroll untuk memenuhi harapan karyawan pada waktu yang tepat.

Ketika pembayaran dilakukan secara sistematis, hal ini meningkatkan kepercayaan mereka terhadap perusahaan. Hal ini akan meningkatkan semangat kerja mereka dan menginspirasi mereka untuk mengeluarkan karya terbaik mereka.

10. Hasil yang cepat

Berkat kerja cepat software payroll, Anda tidak perlu menunggu berjam-jam di meja kerja Anda untuk menambahkan jumlah yang besar.

Menggunakan software payroll menggandakan kecepatan operasi dan memberi Anda akses ke hasil instan. Anda dapat dengan cepat menyusun laporan dan laporan karyawan tanpa khawatir terjebak dalam lingkaran waktu yang tak terbatas.

Tidak peduli betapa rumitnya perhitungan dan pemotongan pajak, software iniini bekerja melalui semua rintangan dan memberikan hasil dalam jangka waktu tertentu.

Setelah Anda mengetahui beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan software payroll, berikut adalah 10 rekomendasi 10 payroll gratis beserta fiturnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis, Nomor 10 Lebih Baik dari yang Berbayar

10 Rekomendasi Software Payroll yang Bisa Anda Pilih

1. Remote

remote (1)

Dipuji karena keramahan pengguna dan operasinya yang cepat, Remote adalah salah satu solusi terbaik untuk mengelola tunjangan dan penggajian karyawan.

Software ini memungkinkan bisnis onboarding yang cepat dan gratis di lebih dari 170 negara di seluruh dunia, membantu mereka menemukan dan menawarkan tunjangan dan fasilitas kepada pekerja mereka.

Selain itu, versi gratis dari perangkat lunak ini mencakup fitur-fitur yang membantu bisnis tetap patuh pada undang-undang dan peraturan khusus negara tertentu.

Remote merupakan opsi yang bagus jika Anda menginginkan software payroll yang sepenuhnya gratis dan dilengkapi dengan fitur-fitur dasar untuk onboarding dan mengelola penggajian.

Kelebihan

  • Tersedia di lebih dari 170 negara bagian
  • Pembayaran otomatis
  • Fitur pengelolaan pekerja internasional sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan setempat

2. Skuadskuad software payroll gratis (1)

Versi gratis software payroll Skuad memungkinkan Anda untuk menemukan, bergabung, dan mengelola kontraktor dari mana saja di dunia. Anda tidak perlu membuka anak perusahaan untuk mengelola penggajian Anda – cukup fokus pada pertumbuhan bisnis Anda.

Namun demikian, versi gratis dari software ini tidak akan cukup bagi Anda jika Anda ingin mempekerjakan karyawan penuh waktu, membuat dokumen sesuai dengan hukum setempat, dan melakukan pajak.

Sayangnya, versi berbayar Squad mulai dari $199 per bulan, yang mahal dibandingkan dengan produk perangkat lunak lainnya.

Kelebihan

  • Mengelola penggajian di lebih dari 160 negara
  • Penerimaan yang cepat
  • Dukungan obrolan langsung

3. ADP

software payroll gratis 3

Dipercaya oleh lebih dari 920.000 klien, dengan layanan lebih dari 70 tahun, ADP adalah solusi all-in-one modern untuk perusahaan yang membutuhkan layanan penggajian dan SDM.

ADP mencakup bisnis dari semua ukuran dan berbagai industri, menjadikannya salah satu penyedia alat manajemen sumber daya manusia yang paling populer.

Perusahaan ini dikenal karena layanan pelanggannya yang sangat baik dan memiliki peringkat A+ dengan Better Business Bureau (BBB). Perusahaan ini menawarkan banyak fitur, termasuk pemrosesan penggajian, setoran langsung, pelacakan waktu dan kehadiran, serta administrasi tunjangan karyawan.

ADP juga memiliki aplikasi seluler yang memungkinkan Anda mengakses akun Anda dari mana saja. Jika Anda mencari solusi penggajian dan SDM yang komprehensif, ADP adalah pilihan yang bagus.

Sayangnya tidak ada versi yang yang sepenuhnya gratis, Uji coba gratis hanya selama tiga bulan pertama.

Kelebihan

  • Layanan pelacakan waktu
  • Tersedia di 140 negara
  • Administrasi tunjangan karyawan

Baca juga: Cara Memilih Payment Gateway

4. Payroll4Free

software payroll gratis 4

Payroll4Free adalah software payroll yang fantastis untuk bisnis kecil dan startup. Software ini menawarkan layanan penggajian yang sepenuhnya gratis dan komprehensif untuk bisnis yang memiliki kurang dari 25 karyawan.

Jika Anda melebihi jumlah itu, layanan ini akan dikenakan biaya $35 untuk setiap proses penggajian. Pajak dihitung secara gratis, tetapi layanan untuk benar-benar membayarnya dikenakan biaya tambahan.

Untuk bisnis yang memiliki kurang dari 25 karyawan dan dengan senang hati membayar pajak mereka sendiri, Payroll4Free adalah perangkat lunak pencetakan cek gaji gratis all-in-one yang hebat dengan pemrosesan penggajian dan penghitungan pajak yang disertakan. Untuk perusahaan yang lebih besar, ada opsi yang lebih baik di luar sana.

Kelebihan

  • Tersedia di semua 50 negara bagian
  • Termasuk perhitungan pajak
  • Tersedia beberapa opsi pembayaran

5. HR.my

software payroll gratis 5

HR.my adalah aplikasi yang paling cocok untuk perusahaan yang bekerja dengan pekerja lepas dan kontraktor independen dari negara-negara di seluruh dunia.

Selain pemrosesan penggajian, HR.my menawarkan manajemen cuti dan kehadiran, serta saluran komunikasi antar perusahaan. Tidak seperti Payroll4Free, tidak ada batasan pada jumlah karyawan, juga tidak menetapkan batasan geografis apa pun.

Sayangnya, ini berarti, seperti banyak opsi lain untuk software payroll gratis online, tidak menawarkan tabel pajak khusus Indonesia, jadi Anda harus memasukkan variabel pajak, rekening bank, dan penghasilan secara manual.

Sisi positifnya, HR.my mendukung pembayaran karyawan melalui uang tunai, setoran langsung, atau cek.

Kelebihan

  • Tidak ada batasan jumlah karyawan
  • Dapat digunakan secara global
  • Saluran komunikasi tambahan

6. ExcelPayroll

software payroll gratis 6

ExcelPayroll adalah alat yang fantastis bagi orang-orang yang suka menghitung penggajian di Microsoft Excel. Ini pada dasarnya adalah spreadsheet Excel dengan tambahan fitur pemrosesan penggajian.

Jika Anda mencari software payroll untuk bisnis kecil Anda yang gratis dan mudah digunakan, Excel Payroll mungkin adalah pilihan yang tepat.

Ingatlah bahwa perhitungan gratis hanya berlaku jika Anda memiliki hingga 50 karyawan. Software juga dapat mencetak slip gaji karyawan dan membuat laporan kepatuhan pajak, tetapi Anda harus menambahkan informasi nilai pajak sendiri.

Excel Payroll adalah solusi yang sederhana dan efektif, tetapi cakupannya terbatas dan tidak terlalu ramah pengguna bagi orang yang tidak terbiasa dengan Microsoft Excel.

Kelebihan

  • Sangat bagus untuk pengguna Excel
  • Gratis hingga 50 pekerja
  • Antarmuka yang mudah dipahami

Baca juga: Tools SMS Marketing Untuk Kesukesan Bisnismu

7. TimeTrex

software payroll gratis 7

TimeTrex adalah alat penggajian dan pelacakan waktu yang dikelola komunitas, open-source. Selain layanan penghitungan penggajian, versi gratis dari perangkat lunak ini menyediakan pelacakan kehadiran, mencatat berapa jam kerja karyawan, dan memungkinkan Anda untuk membuat jadwal kerja.

Sama seperti software lainnya, software gratis sering kali terbatas, dan di sini fitur yang hilang adalah layanan kepatuhan dan dukungan pelanggan.

Anda harus menangani sendiri penghitungan pajak, tetapi potongan penggajian akan dihitung untuk Anda secara otomatis selama pemrosesan penggajian. Relawan menjalankan TimeTrex, jadi tidak memiliki tim dukungan khusus, dan Anda harus mengandalkan forum komunitas untuk pemecahan masalah.

Kelebihan

  • Setiap fitur sepenuhnya gratis
  • Mampu membuat jadwal kerja
  • Potongan gaji dihitung untuk Anda secara otomatis

8. Paycheck Manager

software payroll gratis 8

Paycheck Manager menawarkan penghitungan payroll secara gratis, tetapi tidak lebih dari itu. Ini ideal jika Anda memerlukan perangkat lunak penggajian gratis untuk melakukan penghitungan penggajian sederhana untuk sejumlah kecil karyawan.

Paket gratisnya memberi Anda akses ke kalkulator penggajian, tetapi Anda harus memasukkan data karyawan secara manual dan memilih negara bagian dan tahun pajak yang sesuai.

Paycheck Manager juga dilengkapi dengan kepatuhan pajak federal, tetapi Anda harus menambahkan pajak lokal sendiri dan memperhitungkan undang-undang ketenagakerjaan setempat. Opsi untuk membuat laporan ditawarkan sebagai fitur premium.

Kelebihan

  • Bagus untuk perusahaan kecil
  • Fitur yang sangat sederhana
  • Tarif gaji yang fleksibel

9. eSmart Paycheck

software payroll gratis 9

ESmart Paycheck mirip dengan Paycheck Manager dalam hal software penggajiannya memiliki paket gratis yang hanya memberikan akses ke kalkulator penggajian.

Kalkulator ini hanya sesuai dengan undang-undang pajak federal AS dan mengharuskan Anda untuk memperhitungkan sendiri tingkat pengangguran, pajak lokal, dan undang-undang ketenagakerjaan jika digunakan di Negara lain seperti Indonesia.

ESmart Paycheck hanya menawarkan dua opsi pembayaran: tunai atau cek, tanpa cakupan untuk setoran langsung. Seperti halnya Paycheck Manager, paket gratisnya tidak memungkinkan Anda membuat laporan apa pun, dan Anda harus mengisi sendiri informasi pajak. Anggap saja ini alternatif untuk Paycheck Manager dan alat yang praktis tetapi mendasar untuk menangani penggajian.

Kelebihan

  • Penghitungan penggajian gratis
  • Sangat aman
  • Memiliki beberapa opsi pembayaran

10. Gajihub

software payroll gratis 10

Jika Anda mencari software payroll yang terintegrasi dengan software akuntansi gratis di satu tempat, Gajihub mungkin pilihan terbaik

Gajihub menyediakan layanan pengelolaan gaji yang terintegrasi dengan berbagai fitur seperti akuntansi, pencatatan kehadiran karyawan, pajak, tunjangan, dan modul lainnya.

Bisa dikatakan Gajihub merupakan software payroll dan akuntansi gratis all-in-one yang sangat tepat untuk semua jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Gajihub memiliki pricing gratis selamanya yang bisa digunakan untuk pemilik bisnis UMKM dan paket harga lainnya berdasarkan jumlah karyawan yang bekerja.

Kelebihan

  • Memiliki paket gratis selamanya
  • Tersedia aplikasi di Android dan iOs untuk proses pencatatan kehadiran dan pemohonan cuti karyawan
  • Terintegrasi sempurna dengan sistem akuntansi, pencatatan kehadiran, dan manajemen cuti
  • Fitur terbaik untuk harga yang sangat terjangkau
  • Pricing yang transparan sesuai skala bisnis
  • Terdapat fitur jadwal kerja
  • Tidak ada batasan jumlah karyawan
  • Paling sesuai dengan kebutuhan bisnis yang beroperasi di Indonesia

Jika tertarik menggunakan Gajihub, Anda juga bisa mencobanya secara gratis melalui tautan ini.

Baca juga: Definisi Customer Acquisition dan Strategi Memenangkan Pelanggan

Kesimpulan

Mengetahui software payroll gratis terbaik sangat penting bagi Anda pemilik bisnis, terutama jika Anda pemilik bisnis baru yang memiliki keterbatasan dalam arus kas perusahaan untuk menggunakan software payroll yang premium dan berharga mahal.

Dari banyaknya software payroll gratis diatas, kami sangat merekomendasikan Gajihub sebagai software payroll pilihan Anda karena memiliki fitur terlengkap dan sesuai dengan kebutuhan banyak bisnis di Indonesia.

Gajihub sendiri merupakan software payroll buatan Indonesia yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis dan tim HR untuk mendapakatn pengelolaan pengajian, pencatatan absensi, dan penghitungan pajak penghasilan yang lebih mudah dan lebih baik.

Jika tertarik menggunakan Gajihub, Anda bisa mencobanya secara gratis melalui tautan ini.

 

Send Comment