Dalam teknik SEO, kata kunci atau keyword memegang peranan yang penting. Bahkan, ada beberapa orang yang menggolongkan riset kata kunci menjadi teknik ketiga dalam SEO, selain On Page dan Off Page SEO. 

Riset atau penelitian dalam mencari kata kunci menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan umum atau tidaknya kata kunci yang bersangkutan digunakan. Teknik riset kata kunci yang tepat akan melahirkan kata kunci yang andal, karena kata kunci tersebut unik dan menarik. 

Suatu website atau blog yang memiliki kata kunci unik dan menarik akan membuat pihak Google membeli ranking yang tinggi dalam proses pencarian. Untuk melakukan riset kata kunci, Anda bisa menggunakan tools SEO yang banyak beredar saat ini.  Karena itu, pada artikel ini kami akan membagikan informasi tentang tools SEO gratis untuk riset kata kunci pada Kanca Jejualan semuanya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Kata Kunci?

Sebelum membahas lebih jauh tentang teknik riset kata kunci, mari terlebih dahulu  menyegarkan ingatan kembali tentang apa itu keyword. Keyword atau kata kunci adalah kata atau kalimat yang diketikkan orang di mesin pencari. Istilah ini juga diketahui sebagai kueri pencarian, atau SEO keyword. 

Apa Itu Riset Keyword?

Riset keyword adalah proses penentuan kata kunci apa yang cocok untuk digunakan, saat membuat artikel di blog atau website. Karena dengan melakukan riset kata kunci, Anda bisa mengetahui frasa apa saja yang digunakan orang saat melakukan pencarian di mesin pencari. Seperti Google, Bing,dan lain sebagainya.

Mengelola website tidak bisa lepas dari yang namanya melakukan riset kata kunci. Hal ini menjadi penting agar ketika menjalankan website Anda, telah terpetakan dengan baik di mana dan akan ke mana arah website Anda akan melangkah. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui tools riset kata kunci.

Baca Juga : 12 Cara Promosi Instagram Untuk Pemula

Kini, persaingan website menjadi semakin ketat, setiap detik terjadi perubahan posisi dari setiap halaman yang Anda miliki dan telah muncul di mesin pencarian. Hal ini, karena algoritma mesin pencari terus diperbarui. Juga, semakin banyak website yang berkembang. 

Ketika Anda sedang melakukan riset, Anda bisa mengetahui tentang keyword apa saja yang potensial untuk dijadwalkan sebagai konten. Kemudian, Anda akan mendapatkan keyword yang potensial, Anda bisa dengan mudah mendapatkan trafik atau pengunjung ke website Anda.

Tools SEO Gratis Untuk Riset Kata Kunci

Kanca Jejualan, berikut ini adalah 5 tools SEO gratis yang bisa Anda gunakan, baik untuk tujuan belajar atau digunakan untuk meningkatkan strategi SEO website Anda. Walaupun beberapa diantaranya tidak sepenuhnya gratis, namun tanpa menggunakan fitur premium, Anda tetap bisa menggunakannya:

Technical SEO

jejualan

Tools SEO gratis pertama yang bisa Anda coba adalah Technical SEO. Technical SEO adalah proses mengoptimalkan website Anda yang akan memberikan dampak secara langsung maupun tidak langsung, kepada crawling, indexing, dan juga ranking. Contohnya, pada page elements, HTTP header responses, XML sitemaps, redirects, meta data, dan lain sebagainya. 

Dalam Technical SEO, ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan. Berikut adalah tools yang bisa Anda gunakan dalam Technical SEO: 

  • Robot txt tester

Tools pertama adalah Robot txt tester. Robot.txt adalah sebuah tools yang berguna untuk mencegah peramban website atau bot lainnya, dalam mengakses seluruh atau sebagian website dan memiliki pengaruh terhadap visibilitas website Anda. 

Tak hanya itu, tools ini bisa digunakan untuk beberapa keperluan. Misalnya, untuk mengetahui apakah URL Anda diblokir, bagian mana yang diblokir, dan siapa yang memblokir. Anda juga bisa memeriksa apabila resources di halaman Anda tidak diperbolehkan. 

  • Hreflang Tags Testing Tools 

Apa yang dimaksud dengan hreflang tags? Hreflang tags adalah sebuah script yang ditanam pada sebuah website. Tujuan dari pemasangan script ini adalah untuk memberikan informasi kepada mesin pencari, bahwa website Anda memiliki alternatif bahasa selain bahasa standar yang telah digunakan. 

Tools ini akan dengan mudah dan cepat memeriksa apabila hreflang tags pada sebuah halaman (HTML dan HTTP header), atau XML sitemaps sudah benar. 

SEO Analyzer by Neil Patel 

Siapa yang tidak kenal dengan Neil Patel. Jika Anda memang serius untuk mempelajari segala hal tentang SEO, Neil Patel bisa menjadi sosok yang tepat untuk dijadikan panutan. Anda bisa menggunakan website neilpatel.com untuk belajar. Ada berbagai tools SEO gratis yang bisa Anda gunakan, seperti: 

  • SEO Analysis

Anda bisa mendapatkan laporan analisis website. Tools ini akan menunjukkan segala error pada praktek SEO Anda, berikut rekomendasi perbaikannya. 

  • SEO Checker 

Dengan tools ini, Anda bisa mendapatkan tools yang lengkap mengenai apa saja yang menghambat Anda untuk dapat bercokol di halaman teratas di Google. 

  • Site Speed 

Untuk mengecek kecepatan website, Anda bisa menggunakan tools ini. Ya, karena kecepatan website akan sangat berpengaruh terhadap konversi dan seberapa tinggi posisi yang Anda dapatkan di hasil pencarian. 

  • Audit Report 

Dengan tools yang satu ini, Anda akan mendapatkan laporan yang akan membantu untuk meningkatkan SEO Anda. Juga, bagaimana instruksi bagaimana untuk melakukannya. 

  • Backlink Checker

Kemudian ada backlink checker. Dengan tools ini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai domain score dan keseluruhan traffic metric Anda. 

SEOquake

Kemudian ada SEOquake. SEOquake adalah sebuah ekstensi browser yang bisa Anda gunakan. Ekstensi ini akan memberikan Anda informasi mengenai pagerank, Alexa Rank, indeks Google, indeks Bing, dan masih banyak lainnya. 

Baca Juga : Parameter Sebuah Artikel Bisa Dikatakan SEO Friendly

SEO Review Tools 

Dan SEO tools yang terakhir adalah SEO Review Tools. Tool ini bisa Anda gunakan untuk memeriksa konten duplikat dan canonical tag. Canonical tag adalah cara untuk memberitahukan mesin pencari, bahwa sebuah URL secara spesifik merupakan halaman yang asli, dari halaman duplikat lainnya. Ini akan mencegah konten yang Anda buat adalah konten duplikat. Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis, namun akan menemui beberapa keterbatasan. 

Google Search Console 

Tools yang satu ini adalah tools gratis yang disediakan oleh Google, yang bertujuan memantau performa website penggunanya. Google Search Console memiliki fitur dimana Anda dapat menemukan kesalahan di website Anda. Seperti halaman yang tidak ditemukan dan juga memiliki halaman yang akan muncul di hasil pencarian. 

Penutup 

Untuk bisa memenangkan persaingan di internet, salah satu hal yang penting yang harus Anda lakukan adalah mengoptimasi SEO. Dan untuk optimasi SEO, Anda membutuhkan tools SEO yang benar-benar mumpuni, seperti beragam tools diatas. Tak perlu menggunakan semuanya, cukup pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.  

  

 

Send Comment