Memiliki bisnis dari rumah, tentu saja sangat menyenangkan. Kamu bisa bebas mengatur waktu kapan untuk jualan dan mengurus rumah tangga. Namun, untuk kamu yang ingin berbisnis dari rumah, apakah sudah menyiapkan strategi bisnis online dari rumah agar banjir pelanggan? 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, mungkin kamu banyak mendapati teman-teman yang mulai merintis usahanya sendiri. Dan bisnis yang dijalankan, sangat beragam. Ada yang jualan makanan, aksesoris, perlengkapan bayi, hingga tanaman hias. Tak heran, banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis mereka sendiri dari rumah. 

Memiliki bisnis usaha sendiri, menawarkan banyak keuntungan. Tak hanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, namun juga untuk mendapatkan pengalaman dan mengasah pikiran. 

Nah, agar bisnis yang sedang dirintis mendatangkan kesuksesan, tantu kamu perlu menjalankan strategi bisnis bisnis online yang tepat. Ini sangat penting, mengapa? Karena saat ini internet dan teknologi telah menjadi bagian dari hidup manusia. 

Maka dari itu, pada artikel kali ini, Jejualan akan berbagi dengan Kanca Jejualan tentang strategi bisnis online dari rumah agar banjir pelanggan. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Ide Bisnis Online Menjanjikan 

Sebelum menjalankan strategi bisnis online dari rumah, apakah kamu sudah punya ide, ingin memulai bisnis apa? 

Perihal ide bisnis, sebenarnya ada sangat banyak di sekitar kita. Hanya saja, kadang banyaknya ide yang muncul malah membuat sebuah ide bisnis jarang dieksekusi. Biar lebih fokus, Jejualan punya beberapa ide bisnis menarik yang bisa kamu jalankan dari rumah. Apa saja itu? 

Berikut adalah ide bisnis online dari rumah yang bisa kamu coba: 

1. Bisnis Makanan 

Bisnis makanan, bisa dibilang adalah bisnis yang nggak ada matinya. Selain sebagai kebutuhan pokok, sejak dulu banyak orang yang menyukai kegiatan wisata kuliner. Apalagi dengan tren sosial media belakangan ni. 

Sangat mudah bagi sebuah produk kuliner untuk viral dan terkenal. Lalu kemudian menciptakan tren. Banyak bermunculan pengusaha kuliner mengikuti tren. 

Baca Juga : Bisnis Makanan yang Viral di Era Pandemi

Dan sebagai pebisnis kuliner, kamu memang tidak harus mengikuti tren yang ada saat ini. Karena, yang namanya tren, umumnya hanya muncul sebentar, lalu hilang perlahan. Namun, kamu bisa menjadikan tren makanan sebagai ide bisnis. 

Belakangan ini, ada beberapa makanan yang sedang tren dan berhasil menarik perhatian orang. Mulai dari aneka kudapan dari cokelat, salmon mentai, garlic bread, hingga produk makanan berbau Korea. 

2. Thrift Shop 

Orang Jogja mengenalnya sebagai awulawul. Thrift shop adalah toko yang menjual baju-baju bekas. Belakangan ini, di kota-kota besar banyak bermunculan toko-toko thrift yang diminati anak-anak muda. 

Bukan tanpa alasan kenapa thrift shop begitu diminati. Ya, karena belanja dengan gaya ini, orang-orang bisa mendapatkan produk fashion branded dengan harga yang lebih miring. Ya, kapan lagi bisa mendapatkan hoodie Converse seharga 100 ribu rupiah, misalnya. 

Dengan membuka bisnis thrifting, secara tak langsung, kamu mendukung gerakan fashion recycle untuk mengurangi limbah fashion. 

Dan yang paling penting adalah, bisnis ini tak memerlukan modal besar untuk dimulai. Kamu bisa memulainya dengan baju-bajumu yang sudah tak terpakai. 

3. Aksesoris

Beberapa waktu terakhir, aksesoris yang terbuat dari resin sedang viral dan disukai banyak orang. Bisnis ini tentu saja bisa jadi ide bisnis yang menjanjikan, bukan? 

Ada banyak aksesori yang berbahan dasar resin. Mulai dari perhiasan, sampai dengan casing handphone. 

Buat kamu yang gemar dengan handicraft, ini bisa jadi ide bisnis yang menarik, lho. 

Strategi Bisnis Online Dari Rumah Banjir Pelanggan 

Agar bisnismu makin laris, berikut adalah strategi bisnis yang bisa kamu lakukan: 

1. Manfaatkan Sosial Media 

Di masa pandemi, hampir sebagian dari kita yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Dan salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan adalah di sosial media. Artinya, melakukan pemasaran di sosial media bisa jadi sangat efektif. 

Manfaatkanlah media sosial yang kamu miliki. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga WhatsApp. Jangan lupa juga untuk menambahkan informasi yang penting. Seperti deskripsi produk, cara pembayaran, nomor kontak, dan lain sebagainya. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan layanan iklan yang disediakan oleh beberapa media sosial. Misalnya Facebook Ads dan Instagram Ads untuk memasarkan produkmu. 

Ya, memang, ini adalah layanan berbayar. Namun, dengan menggunakan ads, kamu bisa mempromosikan produkmu ke calon konsumen yang benar-benar tertarget. Kamu juga akan mendapatkan laporan jangkauan iklan dan progres bisnis online-mu selama ini. 

2. Membuat Website Toko Online 

Website toko online kini menjelma menjadi salah satu tempat jualan yang digunakan banyak orang. Dengan memiliki website toko online, kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah. 

Mulai dari stock opname, memeriksa kondisi barang, dan lain sebagainya. Jadi, pelanggan tak perlu susah-susah untuk datang ke offline store. Mereka cukup menjelajahi toko onlinemu. 

3. Mengadakan Promo Diskon 

Salah satu strategi pemasaran online yang sangat efektif adalah dengan mengadakan promo dan diskon. Pelanggan mana, sih, yang tidak suka dengan promo dan diskon? 

Pelanggan tentu saja akan senang mendapatkan produk-produk yang mereka sukai dengan harga bersahabat. 

Ada banyak jenis promo yang bisa kamu aplikasikan. Mulai dari diskon, cashback, buy get one, gratis ongkir, hingga promo di tanggal-tanggal cantik. 

Namun, sebelum mengadakan promo, kamu perlu menghitungnya sebaik mungkin. Jangan sampai promo yang dilakukan malah merugikan. 

4. Bekerja sama Dengan Influencer 

Bekerja sama dengan influencer bisa menjadi strategi marketing yang efektif. Umunya, influencer memiliki jumlah pengikut yang besar di media sosial. 

Selain dapat memasarkan bisnismu ke banyak orang, influencer juga tahu cara membuat sebuah produk tampak menarik. Jadi, sesekali, cobalah tawarkan  produkmu pada influencer. Bisa juga dengan mengikuti paid promote yang mereka tawarkan. 

5. Share Testimoni Pelanggan 

Salah satu cara untuk meningkatkan kredibilitas bisnismu adalah dengan testimoni pelanggan. Jadi, jangan lupa untuk membagikan testimoni pelanggan. Apalagi saat ini banyak orang yang senang membagikan review produk yang dibeli menggunakan sosial media. 

Kamu bisa screenshot momen tersebut dan membagikannya di Story Instagram, sebagai contoh. Dengan begini, calon pelanggan baru akan yakin, bahwa produk yang kamu jual memang trusted

Penutup 

Memiliki usaha dari rumah bisa sangat menyenangkan. Tak terikat waktu, dan banyak pilihan usaha untuk dijalankan. Agar bisnismu lancar, kamu harus paham strategi bisnis online dari rumah. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

Send Comment