Kanca Jejualan, pada bulan Mei 2021 kemarin, situs microblogging dan raksasa sosial media, Twitter mengenalkan fitur yang terbaru. Fitur paling baru yang coba dikenalkan oleh jejaring sosial yang identik dengan logo burung biru tersebut adalah Twitter Spaces. Kanca Jejualan yang menggunakan, Twitter, pasti sudah tahu, kan, dengan fitur yang satu ini? 

Bisa dibilang, Twitter Spaces adalah jawaban Twitter pada tuntutan pengguna untuk melengkapi fitur yang ada. Persaingan bisnis sosial media sangat keras beberapa saat terakhir. Para raksasa coba berinovasi menghadirkan fitur untuk menarik simpati publik. 

Pada kasus Twitter, mereka seolah tak mau kalah menghadirkan orang untuk berdiskusi secara live. Setelah sebelumnya, pada awal pandemi Covid-19, dunia dihebohkan dengan kemunculan Clubhouse. Adalah Elon Musk, bos Tesla, yang membuat nama Clubhouse meroket, dan banyak digunakan para pesohor untuk bercerita, mengisi hari-hari kosong karena pandemi. 

Banyak yang mengira Twitter coba meniru kesuksesan Clubhouse, tapi apakah memang demikian adanya? 

Yaps, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu semua, Kanca Jejualan, untuk mengenal Twitter Spaces, pesaing berat Clubhouse. Jadi, silakan simak artikel ini hingga tuntas, ya. 

Twitter Spaces, Apa Itu? 

Twitter Spaces adalah fitur terbaru dari Twitter, yang memungkinan penggunanya untuk bergabung dalam sebuah virtual room. Yang mana, sesama pengguna room dapat saling ngobrol. 

Meskipun banyak disebut untuk menyaingi Clubhouse, nyatanya Twitter sudah sejak bulan November mulai melakukan pengetesan Spaces, dengan pengguna yang terbatas. Menambahkan fitur suara membuat Twitter membuktikan, bahwa mereka mampu membedakan diri dari para pesaingnya, di industri sosial media. 

10 Tips Sukses Jualan Online Untuk Pemula

Sama seperti radio yang jadi favorit dan kini ada podcast, Spaces memungkinan pengguna untuk saling mengbrol tema-tema bebas. Sesuai dengan keinginan si empunya room. Dan untuk keperluan marketing, Spaces adalah fitur yang sangat mendukung tepat, karena pemilik room dan audiens bisa berinteraksi secara langsung. 

Hanya saja, tak semua orang bisa membuka obrolan di Spaces. Untuk bisa menggunakan Spaces, kamu harus memiliki setidaknya 600 pengikut. Dengan Spaces, pengguna dapat menjadi pendengar atau menjadi bagian dari percakapan. 

Salah satu fitur Spaces yang paling ditunggu adalah “Ticketed Spaces”. Fitur ini memungkinkan host Spaces untuk memonetisasi rooms yang mereka miliki. 

Pengguna juga bisa menyetel  pengingat dan membuat jadwal, kapan Spacesnya akan dilaksanakan. 

Fitur Spaces yang Tidak Tersedia di Clubhouse

Hari-hari ini, semakin banyak aplikasi yang memiliki fitur audio chatroom. Twitter dengan Spaces-ya dan Clubhouse menjadi dua yang terdepan yang menghadirkan fitur ini. Tak heran, jika keduanya tak henti-hentinya dibandingkan. Berikut fitur Twitter Spaces yang tidak tersedia di Clubhouse: 

Menyematkan Tweet di Spaces

Di dalam Spaces, pengguna dapat menyematkan konten dalam bentuk tweet di bagian paling atas room. Ini memungkinkan konten yang disematkan mendapatkan sorotan selalam sesi obrolan berlangsung. 

Fitur yang satu ini tak akan bisa kamu temui di Clubhouse. Sebab, selama ini Clubhouse lebih fokus pada bagaimana cara pengguna mendapatkan pengalaman mendengarkan suara yang jernih dan tidak putus-putus. Meski tidak mengabaikan sepenuhnya faktor visual, di Clubhouse, kamu masih bisa melihat foto profil pengguna lainnya. 

Fitur Emoji

Sebagai platform yang selama ini sangat identik dengan microblogging, tentu tak afdol rasanya jika kemudian Twitter tidak menghadirkan fitur ini di Spaces. Dengan emoji, baik host, pembicara, dan audiens bisa memberikan reaksi secara realtime, dengan menyorot emoji yang muncul di atas profil. Pengguna yang ada di dalam room bisa bisa memilih dan mengirim emoji dengan mudah dan cepat. 

Sementara, karena lebih fokus pada audio experience untuk penggunanya, Clubhouse memutuskan tidak menghadirkan fitur emoji pada layanannya. Sebagai ganti emoji, pengguna Clubhouse bisa memberikan reaksi dengan menggunakan kilatan mikrofon.  

Kemampuan Untuk Mengganti Nama Room 

Twitter Spaces memungkinkan penggunanya untuk mengubah nama room. Kamu bisa dengan mudah mengganti tweet yang disematkan dan mengganti nama ruang obrolan. Kemampuan ini, tentu saja sangat bagus untuk menarik pendengar baru. 

Lain halnya dengan Clubhouse. Sejak awal, Clubhouse lebih fokus pada percakapan-percakapan pendek dengan tema yang spesifik. Untuk itu, kamus sudah harus menentukan judul yang paten. Ini penting agar orang tahu, tema apa yang sedang dibicarakan. 

Jika topik sudah berubah jauh dan melenceng, maka pilihan terbaiknya adalah menutup ruang obrolan lama dan membuat ruang obrolan baru untuk melanjutkan percakapan. 

Syarat Menjadi Host Spaces

Tidak semua pengguna Twitter bisa menjadi host untuk membuat room di Spaces. Untuk dapat membuat Spaces, setidaknya, pengguna harus memiliki 600 pengikut. Meskipun memiliki prinsip kerja yang sama dengan Clubhouse, pengguna tak perlu menggunakan tautan undangan khusus untuk dapat bergabung ke obrolan. 

Istilah – Istilah di Spaces

Memang, tidak semua orang bisa menjadi host di Spaces. Tetapi,semua orang bisa mengikuti sesi obrolan di Spaces sebagai pendengar. Berikut adalah beberapa peran tentang Spaces: 

Host : Adalah pemilik dan pembuat ruang obrolan: 

Speaker : Adalah orang yang diizinkan oleh host untuk berbicara. 

Listener : Adalah orang yang diizinkan bergabung dan hanya menjadi pendengar saja. Jika host mengizinkan, seorang listener bisa diubah menjadi speaker. 

Pada saat ini, obrolan di Spaces dapat diakses oleh siapa saja. Spaces secara otomatis akan muncul di bagian atas timeline, pada tab fleet. Juga, pada setiap tautan yang dapat dibagikan secara publik. 

Cara Membuat Obrolan di Spaces 

Bagaimana cara membuat ruang obrolan di Spaces? Ini adalah hal yang sangatlah mudah. Membuat Spaces semudah ketika kita nge-tweet. Ini dia cara membuat obrolan di Twitter Spaces: 

  1. Silakan buka aplikasi Twitter. 
  2. Klik ikon Tweet atau ikon yang bertanda +
  3. Kemudian, pilih Spaces dan isikan judul dan deskripsi. 
  4. Setelah itu, tekan “Mulai Space Anda” untuk langsung membuat sesi obrolan, atau pilih “Jadwalkan nanti” kalau kamu ingin membuat sesi yang terjadwal. 
  5. Izinkan akses mikrofon untuk pembicara/speaker dengan menggeser tombol Izinkan akses mikrofon ke mode aktif. 

Seorang host bisa memilih orang yang dapat berbicara di sesi obrolan Spaces pada waktu tertentu. Pun, pendengar, juga bisa melakukan permintaan untuk bisa berbicara dengan cara klik ikon request di bagian bawah mikrofon. 

Penutup 

Kehadiran Spaces memudahkan pengguna Twitter yang ingin bisa ngobrol secara live dengan sesama pengguna. Walaupun terus menerus dibandingkan, Spaces memiliki perbedaan yang menonjol dengan Clubhouse. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

Send Comment