Usaha jasa penerjemah. Anda mungkin sudah tidak asing dengan bisnis jasa penerjemah. Ya, seiring dengan berjalannya waktu, jasa ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama jasa penerjemahan ini banyak dicari oleh mahasiswa. Tak hanya itu, bahkan langan profesional dan pekerja kantoran pun banyak yang mencari jasa ini.

Memang, di internet sangat banyak tools atau aplikasi penerjemah yang beredar diluar sana. Google Translate misalnya. Tools penerjemah besutan Google ini adalah aplikasi penerjemah dengan pengguna terbanyak di dunia. Hanya saja, terkadang masih banyak kekurangan disana-sini pada aplikasi penerjemah. Terutama yang berkaitan dengan tata Bahasa. Oleh karena inilah para penerjemah dibutuhkan.

Fungsi Utama Penerjemah Bahasa

Jasa penerjemah memiliki peran yang sangat penting, terutama bagi sector bisnis dan Pendidikan. Terlebih masih banyak orang yang memiliki kemampuan terbatas dalam berbicara, mendengar, dan menulis menggunakan Bahasa asing. Karena itulah peran penerjemah dibutuhkan. Kanca Jejualan, berikut ini adalah fungsi utama jasa penerjemah Bahasa:

  • Sebagai Penghubung

Cara Mengembangkan Usaha Jasa Penerjemah

Perbedaan Bahasa yang digunakan seringkali menjadi penghambat komunikasi. Baik komunikasi lisan maupun tulisan. Kendala ini bertambah gawat bila harus membahas hal-hal yang sangat penting, seperti saat negosiasi bisnis. Jasa penerjemah memiliki peran yang sangat penting karena dapat menghubungkan perbedaan pemahaman masing-masing individu menjadi satu kata, sehingga akan memberi dampak positif untuk hubungan bisnis tersebut. Misalnya.

  • Sebagai Interpreter

Dalam seminar atau konferensi besar yang menghadirkan peserta dari berbagai belahan dunia, dan pastinya memiliki perbedaan Bahasa, peran penerjemah, dalam hal ini interpreter sangat dibutuhkan. Umumnya interpreter akan dikumpulkan di satu ruangan sendiri dan berbicara menggunakan alat interpreter, serta menggunakan beberapa Bahasa sekaligus. Beberapa Bahasa yang banyak digunakan di forum-forum besar antara lain: Bahasa mandarin, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jepang, atau tergantung dari mana negara asal peserta seminar.

Cara Mengembangkan Usaha Jasa Penerjemah

Kanca Jejualan, diatas Anda telah mengetahui dua fungsi utama dari penerjemah. Kini Anda harus tahu, bagaimana cara mengembangkan bisnis jasa penerjemah. Berikut cara mengembangkan jasa penerjemah yang harus Anda ketahui:

  1. Selalu Upgrade Skill

Dalam rangka mengembangkan usaha jasa penerjemah atau translate, salah satu yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengupgrade skill. Apalagi bisnis jasa penerjemahan semakin hari semakin ketat, maka untuk menjaga mutu, Anda harus mengembangkan skill yang Anda miliki. Berikut ini adalah skill yang harus di tingkatkan:

  • Skill penerjemahan

Cara Mengembangkan Usaha Jasa Penerjemah

Seorang translator tentu harus memiliki kemampuan menerjemahkan yang baik. Setidaknya harus harus menguasai 2 bahasa, yaitu bahasa asing dan Bahasa ibu. Misalnya saja Anda seorang penerjemah dan ingin menerjemahkan kalimat atau teks Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Tentu Anda harus memahami dengan baik kedua Bahasa tersebut. Seorang penerjemah yang pro harus mampu mengekspresikan diri bahasa asing sama baiknya dengan menggunakan bahasa ibu sendiri.

  • Skill Menulis

Kemampuan menulis sangat penting bagi seorang penerjemah. Bisa dikatakan, menulis dan menerjemahkan adalah satu paket yang tak bisa dipisahkan. Agar hasil terjemahan Anda dapat dipahami, penerjemah harus menguasai Teknik menulis yang baik.

Dan hal paling dasar yang harus dikuasai seorang penulis dan penerjemah adalah pemahaman tentang EYD. Anda harus baiknya saat menggunakan Bahasa asing ataupun Bahasa ibu sendiri.

  • Skill proofreading

Hasil penerjemahan yang baik tak mungkin bisa didapatkan dari sekali mencoba. Kesalahan-kesalahan kecil bisa saja terjadi. Bahkan tak jarang, hasil terjemahan terlihat agak kacau dan sulit untuk dimengerti. Untuk memperbaiki hasil terjemahan, tak jarang seorang penerjemah perlu memeriksa kembali hasil pekerjaan tersebut. Proses inilah yang disebut dengan proofreading.

Pemeriksaan yang dilakukan antara lain, adakah pemilihan kata yang kurang tepar, atau apakah struktur tulisannya masih sulit dipahami. Kemamupan proofreading sangat diperlukan untuk membantu mengatasi masalah diatas.

  1. Mengembangkan Strategi Promosi

Salah satu kunci sukses untuk membesarkan bisnis translator yang Anda lakukan adalah melakukan promosi yang tepat. Berikut adalah cara mengembangkan strategi promosi bisnis kursus online Anda:

  • Menyusun ulang rencana promosi

Mungkin Anda merasa bahwa bisnis terjemahan Anda tidak membuahkan hasil yang maksimal. Mungkin ada yang kurang tepat dengan rencana promosi Anda. Rencana promosi tersebut antara lain tujuan dari promosi, target pasar, nilai lebih jasa Anda, serta besaran anggaran dana yang digunakan.

  • Mendata Kembali Pelanggan Atau Target Pasar

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pendataan ulang nomor kontak atau email calon pelanggan potensial yang masih aktif. Anda bisa melakukan penawaran melalui broadcast pesan WhatsApp atau email marketing. Ini adalah cara paling lazim yang digunakan para pebisnis untuk mendata kembali calon pelanggan potensialnya.

  • Manfaatkan Sosial Media

Cara Mengembangkan Usaha Jasa Penerjemah

Selain digunakan untuk berinteraksi antar pengguna, media social juga bisa digunakan sebagai alat promosi  yang tepat. Promo melalui media social seperti Facebook, Instagram, dan Twitter adalah salah satur strategi yang bisa menjangkau konsumen.

Media social juga bisa digunakan bisa sebagai sarana beriklan. Karena disana Anda bisa menargetkan konsumen mulai dari lokasi, usia, dan jenis kelamin.

  • Memberi Bonus dan Diskon

Salah satu cara klasik yang masih ampuh untuk menggaet konsumen adalah memberikan bonus dan diskon. Sudah diskon, ada bonus. Siapa yang tidak tertarik? Anda bisa memberikan bonus misalnya, translate plus 3 kali proofreading. Bisa saja pelanggan akan tertarik karena menilai Anda memberikan pelayanan yang baik.

  • Pasang Iklan di Website

Memasang iklan di blog atau website juga bisa menjadi solusi untuk mengembangkan bisnis penerjemahan yang Anda jalani saat ini. Anda bisa memasang iklan di website atau blog yang membahas konten yang relevan dengan produk yang Anda jual, dalam hal ini adalah jasa translate. Dengan cara ini, Anda dapat mendatangkan banyak traffic ke website Anda. Traffic inilah yang nantinya bisa Anda olah untuk dapat dikonversi menjadi pembelian, yaitu menggunakan jasa translate yang Anda pasarkan.

Kesimpulan

Memiliki kemampuan Bahasa asing adalah sesuatu yang tak bisa sembarang dimiliki orang. Berkat skill Bahasa asing, Anda bisa mendapatkan pendapatan. Salah satunya adalah membuka jasa penerjemah. Salah satu bidang jasa yang banyak dicari saat ini. Permintaan akan tenaga penerjemah semakin tinggi dari tahun ke tahun, karena pengaruh globalisasi.

Kanca Jejualan, demikianlah artikel cara mengembangkan usaha jasa penerjemah. Jika masih ada pertanyaan seputar tema ini atau layanan Jejualan lainnya, jangan lupa untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment